Trending News

Blog Post

Album of The Day: Clémentine – Animentine ~ Bossa du animé
Album of The Day

Album of The Day: Clémentine – Animentine ~ Bossa du animé 

PhotobucketLagu-lagu tema dari film/serial animasi Jepang, atau yang lebih dikenal dengan anime, sudah sering dibawakan ulang/remake artis-artis Jepang dalam berbagai genre: classical, rock, jazz, dan pop. Sebagaimana kita tahu, anime adalah bisnis yang sangat besar dan menguntungkan. Sehingga, penggarapan musiknya pun dilakukan dengan sangat serius. Ini juga daya tarik yang kuat bagi musisi-musisi tersebut untuk melalukan twist a la mereka ke dalam lagu-lagu anime, sekaligus bahan dengar yang refreshing bagi pendengar.

Bila kemudian ada artis dari negara lain yang juga meng-cover lagu-lagu anime, tentunya sesuatu yang istimewa, apalagi sampai dalam bentuk satu album penuh. Setelah penyanyi Meja merilis album Animeja tahun ini, yang berisikan remake nya dari lagu-lagu dari beberapa film animasi keluaran Studio Ghibli, Jepang, kini Clémentine, seorang penyanyi Perancis yang cukup populer di Jepang merilis album “Animentine ~ Bossa du animé“. Yang dirinya lakukan adalah mengkondisikan lagu-lagu anime populer ke dalam ramuan musik jazz yang classy. Di cover album ini, digambarkan versi manga (komik Jepang) dari Clémentine dengan latar belakang neighborhood dari setting anime Doraemon, dimana terdapat tiga pipa besar dimana Nobita, Giant, dan Suneo sering mengobrol.

Clémentine sudah menjual sekitar dua juta copy CD nya di Jepang. Penyanyi bersuara husky, mellow, dan manis ini sudah memulai karirnya di Perancis pada akhir tahun 80an. Musiknya merupakan kombinasi dari musik soft, soulful, jazzy, pop, dan bossanova. Pada rendisi nya dari lagu-lagu anime kali ini, pada album “Animentine ~ Bossa du animé”, dia membawakan versi remake bossas dari lagu-lagu tema anime seperti Sazae-San, Chibi Maruko-Chan, sampai Dora Emon dan Ikkyu san. Semua jadi terdengar berbeda, terutama lagu Ikkyu san yang aslinya kocak menjadi terdengar syahdu. Semua lagu-lagu anime yang telah diaransemen ulang, seolah menjadi lagu baru bagi Clémentine. Sembilan lagu dalam album ini liriknya diadaptasi ke dalam Bahasa Perancis, sisanya dalam Bahasa Inggris.

Kekuatan album ini ialah kenyataan bahwa Clémentine owns the songs. Selain itu, album ini seolah menggabungkan penggemar anime dan jazz dalam satu selera. Selanjutnya, kumpulan lagu yang dinyanyikan dengan suara penyanyi cewek Perancis yang mendesah sexy ini wajib dimiliki. Sangat direkomendasi.

Official MySpace
Official Website

Review by Erwin Sagata

Track List:
1. Lum no Love Song (from “Urusei yatsura”)
2. Bakabon Medley
3. gake no ue no Ponyo (from “gake no ue no Ponyo” (“Ponyo”))
4. odoru ponpokorin (from “chibi Maruko-chan”)
5. kaze no tani no Nausicaa (from “kaze no tani no Nausicaa” (“Nausicaa of the Valley of the Wind”))
6. hajimete no chuu (from “kiteretsu daihyakka”)
7. Romantic ageru yo (from “Dragonball”)
8. Sazae-san Medley
9. Doraemon no uta (from “Doraemon”)
10. tonchinkanchin Ikkyu?-san (from “Ikkyu?-san”)
11. Touch (from “Touch”)
12. Cat’s Eye (from “Cat’s Eye”)

Related posts

Leave a Reply