Trending News

Blog Post

Album of The Month: Brandon Flowers – Flamingo
Album of The Day

Album of The Month: Brandon Flowers – Flamingo 

PhotobucketRumor memang telah sering beredar sejak 2009 kalau Brandon Flowers akan merilis album solonya. Namun seringkali dibantah hingga resmi diumumkan pada 29 April 2010. Dan penantian tersebut akhirnya terjawab dengan rilisnya ‘Flamingo’ di bulan September lalu.

Meski memiliki pengaruh musik dari berbagai genre seperti alternative rock, post-punk revival, indie rock, maupun synth pop yang diperolehnya dari band-band asal Inggris, album solonya ini lebih terasa bernuansa pop rock, new wave, dan alternative country. Memang tak terlalu berbeda jauh dengan nuansa musik yang diusung oleh The Killers, tapi rasanya hal itu tak terlalu bermasalah. Karena toh dalam The Killers, Brandon memang salah satu yang menjiwai karya mereka. Meski mungkin tidak akan sesuai dengan harapan para kritikus akan sesuatu yang berbeda, penggemar The Killers tak perlu kuatir akan kekurangan bahan dengaran sepanjang The Killers memutuskan untuk hiatus.

Album solo perdana Brandon ini seakan mengawinkan nuansa estetika musik Inggris dengan komersial high-pop ala Amerika. High-pop ini hanya istilah saya saja untuk mendeskripsikan pop berkualitas. Brandon mengajak serta Stuart Price (Madonna, Kylie Minogue), Daniel Lanois (U2, Bob Dylan) & Brendan O’Brien (Bruce Springsteen, Pearl Jam) untuk memproduseri album solonya ini.

Berisikan 10 lagu untuk edisi standar dan 14 lagu untuk edisi istimewa, album ini dibuka dengan ‘Welcome to Fabulous Las Vegas’ dalam balutan pop dengan sentuhan country. Rasanya tak heran jika lagu ini ditulis oleh Brandon. Nampaknya ia begitu mencintai Las Vegas. Meski liriknya sendiri tak mengagungkan kota judi itu, namun ia berhasil memotret kondisi sosial yang terjadi di Vegas lewat liriknya. Brandon kemudian membawa kita menikmati ‘Only the Young’ dalam tempo sedang yang menenangkan dengan melodi yang memikat. Lewat ‘Hard Enough’ ia mengajak serta Jenny Lewis vokalis band Rilo Kiley untuk berkolaborasi. Sebuah tembang manis dengan sedikit sentuhan country tentang mengarungi masa sulit berdua yang layak untuk didengarkan. Kemudian Brandon mengangkat mood lewat sebuah tembang yang bersemangat ‘Jilted Lovers & Broken Hearts’. ‘Playing with Fire’ maupun single perdana ‘Crossfire’ bisa jadi semacam ungkapan pribadi terselubung Brandon tentang bagaimana album ini menjadi ekperimen yang ibarat ‘you’re out on a wire /You know we’re playing with fire’. Brandon membawakan pop ala 80-an dengan ‘Was It Something I Said?” dan ‘Magdalena’ yang cukup mengangkat mood kita. ‘On The Floor’ merupakan sebuah lagu balada yang sederhana pada awalnya tetapi terus memuncak hingga terkesan megah dengan backing choir yang mengiringi Brandon pada bagian-bagian choir di akhir lagu. Lagu ini terkesan sedikit religius.

Lewat ‘Swallow It’ Brandon memberikan sebuah lagu yang kupinggenic yang mengajak kita untuk menerima keadaan yang sedang kita hadapi.
Sementara ‘The Clock Was Ticking’ sangat kental bernuansa country. Lagu ini terasa berbeda karena interpretasi vokal Brandon terkesan begitu country pada bagian bait sementara pada chorusnya lebih terasa Inggris. Kemudian Brandon membawa kita bergoyang menikmati tembang dengan nuansa kontemporer lewat permainan synthesizer dalam ‘Jacksonville’. Sementara dengan ‘I Came Here to Get Over You’ Brandon kembali memberikan nuansa rock yang cukup memikat. Brandon memberikan sesuatu yang jenius dengan memadukan antara unsur electro synth-pop dengan nuansa country dalam ‘Right Behind You’.
Official Website Brandon Flowers
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
No. Title Writer(s) Producer(s) Length
1. “Welcome to Fabulous Las Vegas” Flowers Brendan O’Brien 4:48
2. “Only the Young” Flowers Stuart Price 4:19
3. “Hard Enough” (featuring Jenny Lewis) Flowers, Jenny Lewis, Daniel Lanois, Benji Lysaght Price, Lanois, Flowers 4:05
4. “Jilted Lovers & Broken Hearts” Flowers, Lanois, Price Price, Lanois, Flowers 4:40
5. “Playing with Fire” Flowers, Lanois Price, Lanois, Flowers 5:48
6. “Was It Something I Said?” Flowers, Lanois, Lewis Price, Lanois, Flowers 3:19
7. “Magdalena” Flowers O’Brien 3:19
8. “Crossfire” Flowers O’Brien 4:18
9. “On the Floor” Flowers Price, Lanois, Flowers 3:23
10. “Swallow It” Flowers Price, Flowers 2:57

Deluxe Edition
No. Title Writer(s) Producer(s) Length
11. “The Clock Was Tickin'” Flowers Price, Flowers 4:49
12. “Jacksonville” Flowers Price, Flowers 4:01
13. “I Came Here to Get Over You” Flowers Price, Flowers 2:21
14. “Right Behind You” Flowers, Price Price, Flowers 3:53
15. “On the Floor 2.0” (iTunes pre-order and Japan bonus track) Flowers Flowers 3:12

Related posts

Leave a Reply