Trending News

Blog Post

Time Tunnel – Tommy Page
Time Tunnel

Time Tunnel – Tommy Page 

PhotobucketTerlahir dengan nama lengkap Thomas Alden Page di New Jersey pada tanggal 24 Mei 1970, Tommy kecil memulai kemampuannya bermain piano di usia 8 tahun dan bermain keyboard di usia 12 dengan bergabung dalam band milik kakaknya. Setelah menamatkan SMAnya, dia pindah ke New York City dan bekerja sebagai clerk (semacam pegawai yang membukakan jas pengunjung cafe/club) di sebuah club yang bernama Nell’s, sementara itu selain bekerja, Tommy juga kuliah ilmu bisnis di New York University dan juga memproduksi dan menciptakan sebuah lagu berjudul Turning Me On, lagu tersebut kemudian dia promosikan ke para DJ di sekitaran New York. Nasib baik rupanya mulai menghampirinya setelah bekerja di Nell’s selama satu tahun, dia mendapat kesempatan bertemu dengan produser Madonna yaitu Mark Kammins dan juga pemimpin dari Sire Records, Seymour Stein. Pertemuan mereka itulah yang menjadi jalan pembuka bagi kesuksesan Tommy karena disaat itu juga dia dikontrak oleh Sire Records [bagian dari Warner Muic Group] di tahun 1988. Di tahun yang sama, Tommy merilis album self titled pertamanya yang sukses besar di Asia dengan single hitnya yaitu A Shoulder to Cry On meskipun di Amerika tidak menjadi hit sama sekali. Hits lain dari album pertamanya ini adalah A Zillion Kisses dan Turning Me On.

PhotobucketKeberuntungan kedua yang berpihak kepada Tommy terjadi 2 tahun kemudian di tahun 1990 ketika seorang anggota NKOTB yaitu Donnie Wahlberg bertemu dengan Tommy dan memutuskan untuk menciptakan sebuah lagu untuknya yang berjudul I’ll Be Your Everything, satu2nya single Tommy yang berhasil menjadi hit dan mencapai nomer 1 di US. Dia menyanyikan lagu tersebut ketika dia menjadi opening act untuk NKOTB Step by Step Tour. I’ll Be Your Everything diciptakan oleh Tommy sendiri bersama dengan 2 anggota NKOTB yaitu Danny Wood dan Jordan Knight yang juga menjadi backup vocals dalam lagu tersebut bersama dengan Donnie Wahlberg. Kerjasama Tommy dengan personel NKOTB juga bisa dilihat dalam lagu lain yaitu Turn On the Radio yang diciptakan olehnya sendiri bersama dengan Jordan Knight dan Donnie Wahlberg. Kedua lagu tersebut termasuk dalam album ke 2 Tommy yang berjudul Paintings In My Mind, album ini yang menjadi favorit saya sampai sekarang dari sekian banyak album Tommy yang lain. Bersamaan dengan dirilisnya album keduanya, Tommy juga kerap tampil diacara2 talk show di televisi, seperti Joan Rivers dan Regis and Kathy Lee, selain itu dia juga sering menjadi cover majalah – majalah remaja dan juga mengadakan world tour. Tommy pernah mampir ke Jakarta di sela2 tournya, seingat saya 2 atau 3 kali dia mampir ke Jakarta, sempat diliput majalah HAI, Anita dan beberapa majalah remaja lain dan juga perform di acara di salah satu televisi swasta, kalau nggak salah, Pesta di Indosiar.

Warner Bros mengantongi keuntungan besar setelah mengontrak Tommy menjadi artis mereka dan dalam waktu 6 bulan kemudian mereka membawa Tommy ke produser Mike Paley untuk mengisi album soundtrack Dick Tracy, mengeluarkan single Natal dan memulai rekaman album baru yang berjudul From the Heart. Dalam album ketiganya yang dirilis tahun 1991 ini Tommy bekerjasama dengan Diane Warren dan Michael Bolton yang juga ikut mengisi backing vocal dalam single pertamanya yaitu Whenever You Close Your Eyes sedangkan 2 single berikutnya yang dirilis adalah Under the Rainbow dan Madly In Love.Di Indonesia, Tommy sempat merilis cassette single Natal yang berisi 2 lagu Natal berjudul You Make Christmas Feel Like Heaven dan Christmas Without You. Tetapi sayangnya penjualan album From the Heart kurang begitu memuaskan sehingga akhirnya dia di drop oleh record labelnya dari Amerika dan disebut sebagai one hit wonder. Sementara itu di Asia, khususnya Jepang kenyataan berbicara lain, Tommy merilis sebuah album special untuk fansnya di Jepang dan juga di negara2 Asia lain yang diberi judul A Friend to Rely On. Album ini dirilis tahun 1992 dan berisi beberapa lagu baru dan juga b-sides plus remix dari hits2 terdahulunya. Khusus di Jepang, Tommy merilis sebuah greatest hits untuk Warner Japan, sebelum memutuskan untuk memulai kontrak dengan Asian Pony Canyon Records dan merilis 2 album berikutnya dengan musik yang terdengar sudah lebih dewasa yaitu Time di tahun 1994 dan Loving You di tahun 1996. Album Time memuat 2 lagu hits Tommy yang juga ngetop di Indonesia, yaitu Time dan Spend Tonight With You.

Sementara itu, mendekati realease date untuk album Loving You, Tommy baru saja mendapat gelar sarjana di bidang International Business and Marketing di New York University dan sudah menetap permanen di Manhattan. Single dari album Loving You yang berjudul Missing You menjadi nomer satu di Asia. Lagu ini adalah lagu lama yang diciptakan dan dinyanyikan oleh John Waite, eks vocalist dari grup Bad English, selain itu dia juga duet bersama penyanyi Malaysia, Amy Mastura dalam salah satu lagunya yaitu the Best Part. Tetapi sayangnya dengan adanya krisis di Jepang waktu itu, di akhir tahun 90an, label rekaman Tommy di Jepang tutup semua dan menyebabkan karir Tommy sebagai penyanyi menjadi tidak pasti. Kemudian akhirnya sebelum benar2 memutuskan untuk menyibukkan diri sebagai produser artis lain, Tommy merilis album terakhirnya yaitu Ten Til Midnight di tahun 2000. Album ini hanya dijual secara online melalui official webnya, selain itu di tahun 2003 dirilis DVD kumpulan semua video klipnya yang juga bisa dibeli hanya melalui official webnya.

Saat ini Tommy bekerja di Artists & Repertoire di Warner Music Group, dia juga termasuk salah satu produser penyanyi Tennessee Girl yang berjudul Guilty Pleasures kemudian dia juga ikut membantu pembuatan album Ashley Tisdale. Tommy juga pernah berduet dengan Tiffany dalam lagu yang berjudul Close Our Eyes. Tommy juga sedang membantu mengembangkan karir penyanyi baru yaitu Iyaz dan Charice.

Discography
Tommy Page, Sire/Warner Bros. Records, 1988
Republic of Idols (AKA R.O.I.), Sire/Warner Bros. Records, 1989
Paintings in My Mind, Sire/Warner Bros. Records, 1990
From the Heart, Sire/Warner Bros. Records,1991
Madly in Love, Sire/Warner Bros. Records, 1991
A Friend to Rely On, Sire/Warner Bros. Records, 1992
Time, Pony Canyon, 1994
Loving You, Pony Canyon, 1996
Ten Til Midnight, 2000

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

What’s your Tommy Page favourite single?

Related posts

Leave a Reply