Trending News

Blog Post

2010 American Music Awards Winner List
Music News

2010 American Music Awards Winner List 

Not just an award show…
Yang menarik dan super menggembirakan dari ajang penghargaan musik American Music Awards adalah bagaimana panitia menyajikan gegap gempita perhelatan untuk apresiasi kepada para musisi internasional yang berkarya dalam setahun ini. Pada 12 Oktober yang lalu telah diumumkan daftar unggulan yang masing-masing terdiri dari 3 nama. Khusus untuk pernghargaan tertinggi, yakni Artist Of The Year, ada 5 nama dalam daftar unggulan. Dan pada kesempatan itu pula, nama Eminem dan Lady Antebellum muncul sebagai penerima nominasi terbanyak, tepatnya masing-masing 5.

PhotobucketAcara dibuka dengan penampilan medley dari album terbaru Rihanna “Loud”. Dirinya dengan rambut merah keriting (maaf, tapi sejak dirinya menjadi gadis Umbrella, agak susah menyebut nama Rihanna tanpa mengikutsertakan rambut setelahnya) menyanyikan ‘Love The Way You Lie (Part II)’ dan dilibas dengan hit nomor 1-nya ‘What’s My Name’ dan ditutup dengan ‘Only Girl (In The World)’. It was amazing! Rihanna menghempaskan diri dari dahan pohon tempatnya duduk menandai pergantian dari lagu pertama ke lagu kedua, dan menari tiada henti hingga penampilannya selesai. But she’s not the only girl yang bersinar di acara itu, karena berikutnya Pink-pun tampil fearless; bergerak bebas meskipun perut sedang berisi calon bayi. Dia menampilkan ‘Raise Your Glass’ yang diselipi parodi penampilan ‘Glitter In The Sky’ dalam acara Grammy Awards.

Taylor Swift yang memenangkan kategori Favorite Country Female Artist menyanyikan single terbarunya ‘Back To December’ sambil memainkan piano. Lagu ini di-mash-up dengan hit OneRepublic ‘Apologize’ di bagian chorus terakhir. Menurutku ini gagal. Tidak membuat lagunya menjadi lebih menarik, malah justru menampilkan kelemahan suara yang Taylor miliki. Meskipun dia hanya menyanyikan bagian “it’s too late to apologize, it’s too late” saja, tapi itu cukup untuk membuktikan bahwa laguanya terlalu besar untuk penyanyi asal Pennsylvania itu. Dan kalau bicara tentang big voice, yang paling dahsyat vokalnya siapa lagi kalau bukan Christina Aguilera. Dia membawakan ‘Express’ dari “Burlesque” dengan vokal yang prima.

Yang nongkrongin televisi dari awal hingga akhir pasti takjub dengan deretan artis yang membawakan deretan hits di AMA tahun ini. Kayak Enrique Iglesias yang nyanyiin lagu ‘Tonight’ (masuk di daftar Exclusive Single edisi minggu ini, lho) dan disambung dengan ‘I Like It’ yang tentunya mengajak serta Pitbull. Jadilah pesta pora! Acara juga semarak saat para penampil lain membawakan lagu up tempo dengan para dancer di atas panggung. Seperti Usher yang lebih memilih untuk menyanyikan ‘DJ Got Us Fallin’ In Love’ bersama Swedish House Mafia ketimbang Pitbull yangs ebelumnya sudah tampil bersama Enrique. Ada juga Black Eyed Peas yang terkonsep matang dengan ide kotak-kotak atau game tetris membawakan ‘The Time (Dirty Bit)’. Kalau Ne-Yo mengangkat kisah album “Libra Scale” dalam penampilan medley ‘Champagne Life’, ‘One In A Million’, ‘Telekinesis’, dan diakhiri dengan ‘Beautiful Monster’. Ne-yo yang asyik berdansa dalam lagunya sayangnya lupa kalau dia harus nyanyi. But it’s alright. Diddy dalam trio barunya Diddy-Dirty Money membawakan lagu ‘Coming Home’.

Yang enggak harus meriah juga ada. Kayak gaya glam rock Miley Cyrus menyanyikan lagu ‘Forgiveness And Love’ yang masih dari album “Can’t Be Tamed”. Hanya Miley dan suaranya, aku suka penampilan ini. Edgy and mature. Kid Rock yang menyanyikan lagu ‘Times Like This’ dari album barunya “Born Free” bersama seorang gitaris dan seorang vokalis latar terdengar khidmat dan sendu. Konsepnya sederhana. Kalau Bon Jovi tampil dengan 3 lagu, tapi dari masa yang berbeda. Masa kini ‘What Do You Got?’, masa 80’an ‘You Give Love A Bad Name’, dan masa 2000’an ‘It’s My Life’. Asyiknya menyaksikan penampilan mereka adalah seperti punya juke box sendiri yang isinya lagu Bon Jovi semua. Train memberikan nuansa romantis kala menampilkan ‘Marry Me’ dan meriah saat menampilkan ‘Hey. Soul Sister’ yang ikut dimeriahkan oleh puluhan gadis mengenakan kaos bertuliskan “SOUL SISTER”. Patrick Monahan dalam balutan celana putih bling bling ketat, it was fun! Dan Carlos Santana bersama Gavin Rossdale hadir membawakan lagu ‘Get It On’ dan ‘Take Me To The River’.

Special Appearances…
Beberapa presenter tamu, baik yang mengumumkan perolehan penghargaan maupun yang hadir untuk mempersembahkan artis yang mau nyanyi berasal dari bintang serial TV. Kayak Modern Famili (Eric Stonestreet dan Rico Rodriguez), Castle (Nathan Fillion dan Stana Katic), juga No Ordinary Family (Michael Chiklis dan Julie Benz). Selain mereka, tak ketinggalan para putri artis, kayak anaknya Ozzy Osbourne, Kelly yang introduce Pink dan anaknya Will Smith, Willow yang introduce Justin Bieber untuk tampil. Yang aku suka saat tampil mengumumkan pemenang adalah Lady Antebellum. Mereka yang membawa penghargaan untuk Favorite Soul/R&B Male Artist yang dimenangkan oleh Usher sempat bilang kalau mereka ikutan polling di kategori ini dan masing-masing memiliki pilihan yang berbeda. Charles Kelley bahkan sempat berkelakar kalau mereka sebagai band beraliran country asal Tennessee faham betul akan musik R&B.

Almost No Gaga This Year…
Fans Lady Gaga jangan panik. Memang Lady Controversy ini enggak tampil dan enggak kelihatan di AMA tahun ini, Tapi dirinya membawa pulang AMA untuk kategori Favorite Pop/Rock Female Artist, mengalahkan saingannya Katy Perry dan Ke$ha yang keduanya ikutan tampil. Kalaupun Gaga enggak bisa hadir, tapi aura-nya bisa kerasa dari penampilan Nicki Minaj lho. Beneran! Si Minaj pake baju yang konsepnya mirip tulang iga, dengan warna rambut yang kontras; blonde dan hijau. Kurang seronok apalagi coba? Tapi yang paling annoying darinya adalah saat tampil bersama Taio Cruz dan Trey Songz, masih disempatkannya untuk meneriakkan “Pink Firday is out tomorrow, yeah!”.

The Big Winner…
Dapat nominasi terbanyak enggak membuat Lady Antebellum atau Eminem keluar sebagai big winner lho. Kalau Lady Antebellum pulang membawa sebuah penghargaan, untuk Favorite Country Band/Duo/Group, sedangkan Eminem masih lebih beruntung dengan dua penghargaan, masing-masing untuk Favorite Rap/Hip-Hop Male Artist dan Favorite Rap/Hip-Hop Album untuk “Recovery”. Jadi, Eminem sudah mengantongi 9 buah AMA sejak tahun 2003. Senangnya, berhubung tahun lalu Eminem gagal menjadi pemenang, padahal diunggulkan dalam 4 kategori. Kalau untuk Lady Antebellum, ini adalah AMA pertama mereka, makanya mereka girang banget waktu dinobatkan sebagai Grup Country Terfavorit. Tahun ini juga adalah kali pertama bagi Muse dan Michael Buble memperoleh AMA. Masing-masing menang di kategori Favorite Alternative Artist dan Favorite Adult Contemporary Artist. Buble dalam pidato kemenangannya mengungkapkan kegembiraan dengan menyatakan bahwa dirinya sangat senang kalau menang.

PhotobucketNah, yang menyabet semua penghargaan dimana dirinya diunggulkan tidak lain dan tidak bukan adalah Justin Bieber. Dirinya menang 4, dan 3 di antaranya diumumkan di acara. Pertama, Justin dinobatkan sebagai T-Mobile Breakthrough Artist, enggak lama setelahnya, Favorite Pop/Rock Male Artist, dan puncaknya adalah saat namanya dibacakan oleh Ryan Seacrest sebagai pemenang Artist Of The Year! Dan dalam pidatonya, Bieber mengungkapkan terima kasih atas Usher, yang tidak hanya sebagai mentor, tapi juga sahabat dan juga big brother! Bravo!

Yang juga ikut kebagian AMA adalah Usher, Carrie Underwood, Brad Paisley, Glee Cast, juga Black Eyed Peas. Shakira pun menang sebagai Artis Latin Terfavorit. Sayangnya dirinya enggk bisa hadir untuk menerima award. Yang aku paling suka saat menerima penghargaan adalah Rihanna. She sure knew how fun it is to win, dan dia mengekspresikan kebahagiaan itu dengan cara yang fun juga. Selamat dech buat seluruh pemenang AMA tahun ini.

My most fave performances…
Berhubung ini juga udah kayak konser, kurang afdol kalau enggak menobatkan penampilan terfavorit juga. Dari keseluruhan penampil, 5 yang membuatku paling takjub adalah:

5. Christina Aguilera – Express
Enggak disangsikan lagi penampilan vokalnya yang prima. Dan meskipun konsep Burlesque udah pernah dia tampilkan sebelumnya dalam Lady Marmalade ataupun Back To basics, konsep ini enggak basi dan masih tetap in pada sang Diva. Dan penampilan ini semakin membuat bergairah untuk menonton film “Burlesque” yang ia bintangi.

4. Justin Bieber – Pray
Lagu baru dari album baru. Justin Bieber bermain piano dan menyanyikan ‘Pray’ di AMA. Dengan vokal yang berubah, mulai serak dan enggak sebening dulu, penampilan ini bisa dinikmati secara penuh. Kemeja Bieber mengingatkan pada gaya berpakaian Michael Jackson. Penampilannya membuat kita yakin kalau dia akan survive dalam pubertas.

3. Katy Perry – Firework
Children choir, great idea. Beautiful red dress, fabulous. Katy Perry bintangnya saat menyanyikan ‘Firework’, meskipun saat chorus pertama, dia agak lupa saat lirik “come on let your colors burst”. Katy menjadi pusat perhatian dengan baju merahnya di antara para penari dan paduan suara yang serba hitam. Mendadak panggung menjadi pesta kembang api.

2. Ke$ha – Take It Off/We R Who We R
Yang membuatku salut akan Ke$ha adalah dirinya terus menerus mengeksplor kemampuan panggungnya. Setelah main gitar di X Factor, kini dia main alat-alat programming dan dia sendiri yang mengolah suaranya dengan alat-alat tersebut menjadi sound yang menarik saat menyanyikan ‘Take It Off’. Dan ketika saatnya menyanyikan ‘We R Who We R’, dia bermain gitar yang kemudian diangkatnya menunjukkan tulisan “HATE” yang dicoret. Dan mengakhiri penampilannya, Ke$ha membanti gitar tadi.

1. New Kids On The Block & Backstreet Boys – Medley
Ini penampilan puncak sekaligus penampilan terpanas AMA tahun ini. Dua boyband beda jaman yang memang bakalan manggung bareng, NKOTB dan BSB yang kemudian menamai dirinya NKOTBSB. Sembilang orang tampil membagi panggung menjadi dua membawakan hits masing-masing. Meskipun usia mereka enggak muda lagi, enerji yang ditampilkan itu enggak ada matinya, tetap remaja aja. ‘Everybody (Backstreet’s Back)’ dilanjutkan ‘Hangin’ Tough’, kemudian ‘I Want It That Way’, trus ‘Step by Step’ dan ‘You Got It (The Right Stuff)’ plus diakhiri ‘Larger than Life’ yang dinyanyikan kesembilannya. Meskipun mic-nya Jordan Knight sempat tersenggol saat Joey McIntyre berputar, lagu ‘Step By Step’ tetap terdengar sempurna.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Ini daftar para pemenang 2010 AMA:

Artist of the Year
Justin Bieber
• Eminem
• Kesha
• Lady Gaga
• Katy Perry

T-Mobile Breakthrough Artist
Justin Bieber
• Lady Antebellum
• Mike Posner
• Travie McCoy

Favorite Pop/Rock Male Artist
Justin Bieber
• Eminem
• Usher

Favorite Pop/Rock Female Artist
• Kesha
Lady Gaga
• Katy Perry

Favorite Pop/Rock Band/Duo/Group
The Black Eyed Peas
• Lady Antebellum
• Train

Favorite Pop/Rock Album
My World 2.0 – Justin Bieber
• Recovery – Eminem
• Teenage Dream – Katy Perry

Favorite Country Male Artist
• Jason Aldean
• Luke Bryan
Brad Paisley

Favorite Country Female Artist
• Miranda Lambert
Taylor Swift
• Carrie Underwood

Favorite Country Band/Duo/Group
Lady Antebellum
• Rascal Flatts
• Zac Brown Band

Favorite Country Album
• Need You Now – Lady Antebellum
Play On – Carrie Underwood
• Wide Open – Jason Aldean

Favorite Rap/Hip-Hop Male Artist
• B.o.B
• Drake
Eminem

Favorite Rap/Hip-Hop Album
• B.o.B. Presents: The Adventures of Bobby Ray – B.o.B
Recovery – Eminem
• Thank Me Later – Drake

Favorite Soul/R&B Male Artist
• Chris Brown
• Trey Songz
Usher

Favorite Soul/R&B Female Artist
• Alicia Keys
Rihanna
• Sade

Favorite Soul/R&B Album
• The Element of Freedom – Alicia Keys
Raymond v. Raymond – Usher
• Soldier of Love – Sade

Favorite Soundtrack
• Iron Man 2 – AC/DC
Glee: The Music, Volume 3 Showstoppers – Glee Cast
• The Twilight Saga: Eclipse – Various artists

Favorite Alternative Artist
Muse
• Phoenix
• Vampire Weekend

Favorite Adult Contemporary Artist
• Lady Antebellum
Michael Bublé
• Train

Favorite Latin Artist
• Daddy Yankee
• Enrique Iglesias
Shakira

Favorite Contemporary Inspirational Artist
• Casting Crowns
MercyMe
• TobyMac

Related posts

Leave a Reply