Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ace of Base – The Golden Ratio
Album of The Day

Album of The Day: Ace of Base – The Golden Ratio 

PhotobucketSemua juga sudah faham betul bagaimana musik grup asal Swedia ini terdengar. Begitu otentik. Dan dalam kali pertama kemunculan mereka, musik khas Ace Of Base gampang dinikmati dan gampang juga dikenali. Dan musik mereka juga memperngaruhi musik yang disajikan oleh popstar masa-masa berikutnya. “The Golden Ratio” adalah album pertama mereka dalam rentang waktu 8 tahun. Ini juga album pertama tanpa satupun vokalis original saat grup ini dibentuk di awal 90’an, berhubung Jenny Berggren keluar dari grup tahun lalu untuk solo karir. Maka direkrutlah Clara Hagman dan Julia Williamson, menjadikan grup ini dalam formasi 4 kembali. Dan di cover album plus single yang mereka keluarkan, nama grupnya tertulis “Ace.Of.Base”.

Saat mendengar ‘All For You’, single pertama dari album ini yang dirilis bulan September lalu, apa yang terdengar? Musik pop ciri khas Ace Of Base yang dibalut kekinian synthpop, kan? Sayangnya synthpop tersebut terlalu dominan, sehingga kita agak kecarian dimana sound dinamis yang biasanya dihantarkan. Beberapa lagu dalam album ini juga demikian, menggabungkan kekuatan ciri dalam vibe khas dengan kekuatan dalam today’s pop sound. Doublicious ini juga dapat dinikmati dalam ‘Told My Ma’, ‘One Day’, dan ‘Precious’. Tapi yang paling lekat dengan klasiknya Ace Of Base adalah ‘Mr.Replay’ yang sempat leak beberapa pekan sebelum rilisan single pertama mereka. Ini lagu mantab banget!

Kalau mereka dulu pernah menyanyikan lagu-lagu yang judulnya adalah nama orang kayak ‘Donnie’ atau ‘Cecilia’, sekarang mereka menyanyikan tentang ‘Juliet’ dalam balada dengan iringan piano dan strings. Untuk yang mempertanyakan bagaimana vokal 2 cewek baru ini, they’re doing OK. Clara Hagman bahkan masuk ke babak semifinal ajang Idol di Swedia tahun lalu. Dengarkan ‘Who Am I’ dan ‘Southern California’ untuk meyakinkan hal tersebut. Dan beberapa ulasan mengenai “The Golden Ratio”, menyatakan kalau Clara dan Julia sanggup mengisi posisi vokalis dalam grup ini secara solid.

Oh iya, jangan lewatkan kreasi mereka dalam menggabungkan berbagai sound sehingga terciptalah lagu pop yang super catchy. Kayak ‘Blah Blah Blah On The Radio’ (disini musik khas mereka diblend dengan ritmik yang etnik), ‘Black Sea’ (kaya akan synth dan benar-benar mencerminkan today’s electropop), ‘Vision In Blue’ (tipikal europop dengan auto-tune di vokal), serta ‘The Golden Ratio’ (dance retro freak). You’ll love them as much as I do.

Official Website Ace of Base
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “All for You” Jonas Berggren, Ulf Ekberg, Jonas Saeed The Sign, Jonas Saeed 3:38
2. “Blah, Blah, Blah On The Radio” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign,original co-production Henry Bergström 3:47
3. “The Golden Ratio” Jonas Berggren, Ulf Ekberg, Jonas Saeed The Sign, Jonas Saeed 3:47
4. “Southern California” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign, Kasper Lindgren 3:15
5. “Told My Ma” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign,Henry Bergström,Ari Le Tennen 3:50
6. “Black Sea” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign 3:40
7. “One Day” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign, Harry Sommerdahl,original co-production Henry Bergström 3:02
8. “Juliet” Henry Bergström, Peter Bergström Henry Bergström,The sign Harry Sommerdahl, Peter Bergström 3:14
9. “Precious” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign,original co-production Henry Bergström 3:52
10. “Vision In Blue” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign,original co-production Henry Bergström 3:55
11. “Mr. Replay” Jonas Berggren, Ulf Ekberg, Ari Lehtonen, D. Massy The Sign, Ari Le Tennen, Magnus Vänttinen 4:15
12. “Who Am I” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign, One Life 3:05
13. “Doreen” Jonas Berggren, Ulf Ekberg The Sign, Ari Le Tennen 3:38

Related posts

Leave a Reply