Trending News

Blog Post

Album of The Day: Debbie Gibson – Ms.Vocalist
Album of The Day

Album of The Day: Debbie Gibson – Ms.Vocalist 

PhotobucketSuccess comeback bisa benar-benar terjadi di dunia musik pop barat. Meski skalanya mungkin berbeda dengan sukses besarnya dulu. Hal ini dibuktikan dnegan album terbaru Debbie Gibson yang dirilis oleh Sony Music Japan, bulan November 2010. Album ini akan dirilis secara internasional pada akhir bulan November ini, berisikan sejumlah lagu pop jepang (sebagian besar dari serial drama TV) yang aslinya dinyanyikan oleh penyanyi pria, kini di-cover oleh penyanyi yang di akhir tahun 80an sampai awal 90an ngetop dengan lagu Lost In Your Eyes, Electric Youth, Only In My Dreams, Shake Your Love, dan Foolish Beat.

Konsep album ini menyambung tradisi album Vocalist Vol. 1-3 nya Hideaki Tokunaga dan Mr. Vocalist Vol. 3 nya Eric Martin; vocalist band Mr. Big (yang membawakan cover version lagu-lagu pop Jepang yang dinyanyiin penyanyi wanita). Maka sebaliknya, di album Ms. Vocalist-nya ini, Debbie ini membawakan ulang lagu2 pop jepang yang aslinya dinyanyikan vocalist pria.

Dengan iringan musik pop yang lebih ke arah AOR atau Adult Contemporary Pop, jelas album ini ditujukan untuk para penggemar setia Debbie yang juga selera musiknya sudah berkembang seiring jaman. Single pertama dari album ini yang juga video nya sudah bisa dilihat di Youtube adalah I Love You, dimana lagu ini sempat menduduki posisi pertama tanggal lagu pop di Jepang pada tanggal 3 November 2010. Lagu yang cukup dikenal seperti Tsunami (Southern All Stars), Say Yes (Chage & Aska, dari serial drama 101 Proposal), Love Story (dari drama serial Tokyo Love Story), tentunya cukup familar di kalangan para penggemar J-Pop dan J-dorama di Indonesia. Versi Debbie dengan aransemen baru yang fresh dan mutu vokal yang baik dan masih seperti masa jayanya dulu, tentu memberi nilai plus bagi lagu-lagu ini. Di album ini Debbie juga berduet dengan Eric Martin di lagu Sekaiju no Dareyori Kitto. Semua lagu pop Jepang di album ini sudah diterjemahkan liriknya kedalam Bahasa Inggris oleh Debbie sendiri.

Sebagai bonus, Debbie mengaransemen ulang lagu Lost In Your Eyes yang membawanya ke puncak popularitas di akhir tahun 1989, kali ini dengan aransemen piano solo, dan disajikan dalam dua bahasa, yaitu versi Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang. What a nice way to revisit an old friend!

Konsep album remake seperti ini sejauh ini disambut baik oleh penggemar musik pop di Jepang yang cukup besar jumlahnya untuk ukuran industri musik. Album baru Debbie sendiri sebenarnya baru akan keluar tahun 2011, dengan single dance pop “Cougar” yang juga potensial menjadi hit. Dengan bakat menulis lagu, menyanyi, mengaransemen musik, menari, dan akting yang diatas rata-rata, saya percaya masa depannya di dunia musik masih berlanjut. Dan seperti dulu, usaha comeback nya jauh masih jauh lebih bergema daripada mantan rival nya dulu, Tiffany, yang sebenarnya juga sama-sama konsisten membuat album baru. Kembali ke konsep album ini, kira-kia kapan ya lagu-lagu pop Indonesia 80an-90an juga di-remake oleh penyanyi Internasional? Karena lagu pop Indonesia sebenarnya tidak kalah bagus dari lagu pop Jepang. Ya, mungkin suatu hari nanti.

Official Website Debbie Gibson

By Erwin Sagata

Track listings:
01 Tsunami (Original by Southern All Stars)
02 Say Yes (Original by Chage and Aska)
03 I Love You (Original by Yutaka Ozaki ???)
04 Roman Hikou (Original by ?? Club)
05 Love Story wa Totsuzen ni (Love Story Unfolds Suddenly) (Original by ????)
06 True Love (Original by Fujii Fumiya – lead singer of Checkers)
07 Hitomi wo Tojite (Original by Ken Hiraki)
08 Sakurazaka (Original by ????)
09 However
10 Robinson (Original by Spitz)
11 Lost In Your Eyes 2010 (English Version)
12 Sekaiju no Dareyori Kitto (MSV Version) with Eric Martin [Original by ???? and Wands]
13 Lost In Your Eyes 2010 (Japanese Version)

Related posts

Leave a Reply