Trending News

Blog Post

Album of The Day: Mariah Carey – Merry Christmas II You
Album of The Day

Album of The Day: Mariah Carey – Merry Christmas II You 

PhotobucketHal yang paling saya kagumi dari Mariah Carey (selain bakat menyanyi, menulis lagu, dan mengaransemen lagu), tentunya adalah semangat dan produktivitasnya. Sejak debutnya tahun 1990 hingga kini, dia sudah mengukir sejarah sebagai penyanyi wanita dengan single hits No. 1 terbanyak di Billboard Hot 100 Chart, meskipun pasca tahun 1999 karirnya sempat ups and down, Mariah selalu bekerja keras dan penuh totalitas di semua albumnya, sehingga pada akhirnya, dia selalu membuktikan dirinya masih eksis dengan beberapa album nya yang kembali sukses (meski tidak semuanya). Hal ini tak terkecuali dengan perilisan album tema natal keduanya, Merry Christmas II You.

Album ini berisi lagu natal tradisional seperti “The First Noel,” “Little Drummer Boy,” “O Little Town of Bethlehem,” “O Come All Ye Faithful” dan sebagainya. Selain itu, album ini juga menampilkan empat lagu baru yang ditulis oleh Mariah, termasuk single Oh Santa. Produser di album ini antara lain Randy Jackson, si juri American Idol, mega-producer Jermain Dupri, James Poyser (produser Aretha Franklin dan Lauryn Hill), serta komposer pemenang Grammy/Tony/Emmy; Marc Shaiman.

Merry Christmas II You sebagai alternatif dari berbagai album bertema natal yang sudah banyak beredar bermacam-macam versi dari bermacam-macam penyanyi, menawarkan suasana yang hangat (sehangat secangkir coklat susu) dan akrab, tidak seribet musik-musik Mariah belakangan ini. Intinya tetap menarik, klasik, dan membawa keceriaan di musim liburan.

Serupa dengan hit single dari album Natal Carey volume pertama, Merry Christmas yang dirilis tahun 1994, “All I Want for Christmas Is You” yang sukses besar masih dianggap menjadi formula yang ampuh untuk diulang di album ini. Inilah yang terdengar dari lead single “Oh Santa!”, lagu yang manis yang bisa jadi merupakan extension dari lagu “All I Want For Christmas Is You” tadi. Dengan bunyi handclaps yang ritmik, backing vocals yang rame, irama yang riang dan simpel – membuat orang langsung bisa menyukai lagu ini. Meskipun aransemennya sedikit mengingatkan pada lagu “Hey Ya!” nya Outkast, tapi dengan esensi manis, soulful, dan catchy dari lagu ini, plus lengkingan whistle voice Mariah, membuat lagu ini tetap standout dan bisa mewakili sebagai lagu terbaik dari seluruh album ini.

Mengenai lagu-lagu lainnya di album ini. seperti “The First Noel/Born Is the King (Interlude)” dan “O Little Town of Bethlehem”, Carey tetap memberikan performa terbaiknya tanpa terlalu banyak akrobatik vokal yang berlebihan. Lagu jazzy “christmas Time Is Here (Charlie Brown Christmas)”, dari film animasi natal A Charlie Brown Christmas (menampilkan tokoh-tokoh komik Peanuts, yaitu si anjing kecil Snoopy, dkk; menjadi pilihan yang unik, dimana kita kembali bisa mendengar gaya Mariah menyanyi jazz standard, seperti pada lagu “The Wind” karya Russell Freeman di album Emotions (1991).

Kemudian remake lagu “All I Want for Christmas Is You,” meskipun tidak jauh berbeda dengan aransmen aslinya, tetap menampilkan susasana baru yang romantis, elegan, dan menyentuh. Lagu “One Child” menawarkan suasana yang syahdu dengan paduan suara anak-anak yang terdengar cantik disepanjang lagu.

Ibu Mariah, Patricia Carey yang dulunya adalah penyanyi opera, menampilkan suara classical nya pada lagu “O Come All Ye Faithful/Hallelujah,”, yang merupakan kejutan bagi para penggemar Mariah, dimana sebelumnya mereka tidak menyadari darimana bakat Mariah ini didapatkan. Patricia dan Mariah berduet di lagu ini dengan warna suara yang blending dan harmonis, memberikan suasana kekeluargaan yang akrab pada lagu tersebut.

Ada pula versi live”O Holy Night”, yang juga ada di album Merry christmas tahun 1994, memberikan nuansa lain pada pendengar dimana lagu dengan tingkat kesulitan yang cukup berat ini pun bisa dengan baik dibawakan oleh Carey secara live.

“Merry Christmas II You”, pada akhirnya, adalah sebuah persembahan dari rasa cinta Carey terhadap musik dengan tetap mempertahankan apa yang disukai penggemar setianya; vokal yang baik, lagu-lagu yang easy listening, dan aransemen yang up-to-date. Terlebih bila album-album ini bisa memeriahkan susasana natal bagi merea yang merayakannya.

Official Website Mariah Carey

(By: Erwin Sagata)

Tracklist:

1. Santa Claus is Coming to Town (Intro)
2. Oh Santa!
3. O Little Town of Bethlehem / Little Drummer Boy Medley
4. Christmas Time Is In The Air Again
5. The First Noel / Born is the King (Interlude)
6. When Christmas Comes
7. Here Comes Santa Claus (Right Down Santa Claus Lane) / Housetop Celebration
8. Charlie Brown Christmas
9. O Come All Ye Faithful / Hallelujah Chorus feat. Patricia Carey
10. O Holy Night – Live from WPC in South Central Los Angeles
11. One Child
12. All I Want for Christmas is You – Extra Festive
13. Auld Lang Syne – The New Year’s Anthem

Related posts

Leave a Reply