Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Debelah Morgan
Time Tunnel

Time Tunnel: Debelah Morgan 

PhotobucketLahir di Detroit, Michigan, Debelah Morgan memulai debutnya sebagai penyanyi profesional di usianya yang ke-16. Yakni tahun 1994 saat dirinya berhasil merilis sebuah album berjudul “Debelah” di bawah label rekaman Atlantic. Aku enggak yakin apakah single-single dari album ini kalian kenal, karena aku juga belum familiar kala itu dengan cewek kelahiran 29 September ini. Setidaknya 2 buah single dihasilkan dari album ini, ‘Take It Easy’ dan ‘Free’ yang masuk dalam jajaran lagu R&B terbaik di Amerika Serikat, meskipun tidak nyangkut di daftar Top 40. Nah, di album keduanya bagu gaung Debelah Morgan lebih terasa. Album berjudul ‘It’s Not Over’ memang benar-benar penegasan bahwa dia bukan penyanyi yang pengen nongol dengan satu album aja, trus menghilang entah kemana. Sekaligus menyatakan bahwa kepindahannya dari Atlantic ke Motown (Universal Music Group) bukanlah akhir dari segalanya. She’s stronger than ever.

PhotobucketBuktinya, single pertama dari album ini ‘Yesterday’ berhasil menembus Pop Chart, R&B Chart, dan Dance Chart di Amerika. Dan single keduanya ‘I Love You’ membumbung tinggi di kawasan Asia. Yang membuat kita cukup terkesan dengan Debelah adalah dia juga ikut serta dalam proses penulisan lagu-lagu dalam albumnya. Plus menambah bangga saat mengetahui kalau dua lagu di album ini terangkum juga dalam soundtrack film “Fame L.A.” dan “Our Friend, Martin”. Itu membuktikan kalau cewek Libra ini semakin dikenal.

PhotobucketAha, kibaran nama Debelah Morgan semakin tinggi. Debelah merekam ulang lagu girlband Expose yang berjudul ‘As Long As I Can Dream’ untuk film “Stuart Little”. Dilanjutkan perilisan album ketiganya menjadi satu-satunya album Debelah yang berhasil mendapat posisi di chart. “Dance WIth Me” masuk dalam daftar US Heatseekerrs Chart di posisi 35. Single pertamanya ‘Dance With Me’ pun semakin menjajah di tangga lagu. Masuk ke 10 besar dalam daftar Pop Chart, 5 besar di Dance Chart, dan peak tertinggi Debelah di R&B Chart, yakni posisi 27. Lagu ini juga berhasil nongol di 10 besar UK Singles Chart dan menjadi hit di MTV Asia. Sayangnya single keduanya redup. ‘I Remember’ tidak seperti judulnya. No one seems to remember that song. Tapi proyek untuk Debelah tidak berhenti. Dia diminta untuk menyanyikan 2 lagu dalam soundtrack “Road Kings” di tahun 2003 lalu.

Itulah Debelah, yang tidak henti berkarya meskipun dampak yang dihasilkannya belum spektakuler. Percobaannya untuk eksis bersama album keempat “Light At The End Of The Tunnel” nihil. Karena album ini tak kunjung rilis. Demikian pula single ‘Just As I Am’, tak pernah dirilis. Dan yang beredar hanyalah berupa cuplikan single tersebut. Meskipun demikian, Debelah akan terus terekam dalam memori kita, entah itu dengan ‘I Love You’ ataupun ‘Dance With Me’, atau justru keduanya!

Discography:
Debelah
* Released: June 14, 1994
* Label: Atlantic
* Chart Peak: N/A
* RIAA Certification: None
* Singles: “Take It Easy,” “Free”

It’s Not Over
* Released: September 15, 1998
* Label: VAZ / Motown
* Chart Peak: N/A
* RIAA Certification: None
* Singles: “Yesterday,” “I Love You”

Dance with Me
* Released: August 15, 2000
* Label: The DAS Label / Atlantic
* Chart Peak: US Heatseekers #35
* RIAA Certification: None
* Singles: “Dance with Me,” “I Remember”

Light at the End of the Tunnel
* Released: 2005
* Label: N/A
* Chart Peak: None
* RIAA Certification: None
* Singles: “Just As I Am”

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply