Trending News

Blog Post

Top 10 Comeback of 2010 versi about.com
Music News

Top 10 Comeback of 2010 versi about.com 

Sebuah Web Musik Top40.About.com merangkum 10 nama yang dianggap memiliki “comeback” yang cukup berdampak dalam karir mereka. Beberapa di antaranya adalah nama yang ngetop dari 3 dekade lalu yang ngetop kembali tahun ini. Mau tau siapa-siapa aja 10 nama tersebut, ini dia daftarnya.

Photobucket1. Sade
Kapan terakhir kali Sade mengeluarkan album adalah tahun 2000 yaitu “Lover’s Rock”. Kamu pasti ingat lagu yang judulnya ‘By Your Side’ kan? Nah, lagu itu dari album Sade yang 10 tahun lalu dirilis. Februari lalu, kembalinya Sade dengan album baru “Soldier Of Love” dan single dengan judul yang sama benar-benar memukau. Albumnya terjual kurang lebih 500.000 kopi di minggu pertama, dan menjadi album pertama grup musik asal Inggris ini yang debut di puncak Billboard 200 Albums. Enggak hanya satu pekan, tapi 3 pekan berturut-turut dan kemudian albumnya disertifikasi platinum.

Photobucket2. Enrique Iglesias
Memang jarak antara album Enrique Iglesias yang “Greatest Hits” dengan album terbarunya “Euphoria” enggak terlalu jauh, hanya 2 tahun saja, dan jarak dengan album “Insomnia” hanya 3 tahun. Enggak benar-benar memiliki pengertian “comeback” dari segi perilisan albumnya. Tapi coba lihat dari segi happening-nya, album terbaru Enrique Iglesias yang pertama kali ditampilkannya dalam dua bahasa (Inggris dan Spanyol) ini masuk dalam 10 besar Billboard Hot 200 Albums, timpang dengan “Insomniac” yang peak di nomor 17 atau “7” yang peak di nomor 31. Ini menjadi kemunculan Enrique di Top 10 sejak “Escape” di tahun 2001. Dan single-nya pun bersinar. ‘I Like It’ masuk di 5 besar Billboard Hot 100 Singles dan menjadi single terbaik Enrique setelah ‘Hero’.

Photobucket3. Nelly
Kegagalan album “Brass Knuckles” di tahun 2008 untuk menciptakan hit untungnya tidak terulang dalam kembalinya Nelly bersama album “5.0” tahun ini. Single pertamanya ‘Just A Dream’ mampu menapaki chart di posisi 3 Billboard Hot 100. Posisi yang sangat memuaskan, berhubung Nelly terakhir kali merajai chart di tahun 2005 dnegan ‘Grillz’. Bulan ini albumnya akan dirilis. Berisi 12 track, termasuk kolaborasi bersama Kelly Rowland dalam lagu berjudul ‘Gone’, yang katanya akan menggemparkan seperti ‘Dilemma’.

Photobucket4. Carole King & James Taylor
Ini memang bukan generasi muda, dua pop icon 70’an; Carole King dan James Taylor berkumpul dan tampil live untuk menyemarakkan perayaan 50a tahun klub Los Angeles yang legendaris, The Troubadour di tahun 2007, dan mereka merilis albumnya tahun ini. Albumnya nangkring di posisi 4; menjadi album Top 10 James setiap dekade sejak 1970 dan Top 10 pertam Carole sejak 1976. Sampe saat ini, albumnya sudah bersertifikat platinum, lho. Dalam penampilan live mereka ini, James dan Carole berhasil menjual sebanyak 700.000 tiket dengan total penghsilan 59 juta dollar.

Photobucket5. Elton John & Leon Russell
Elton John selalu mengidolakan musisi asal Oklahoma Leon Russell. Itu tergambar jelas dalam rekaman-rekaman awal yang Elton hasilkan. Dan tahun ini, dua nama besar tersebut muncul dalam 1 album berjudul “The Union” yang berisi belasan track hasil kolaborasi mereka. Album ini pun debut di nomor 3, menjadi penampilan chart tertinggi Elton sejak “Blue Moves” di tahun 1976 dan juga Leon, sejak “Carney” di tahun 1972 yang ada di posisi 2.

Photobucket6. Cee Lo Green
Cee Lo Green tampil dalam dua album solo dalam dekade kemarin bersama Arista Records, masing-masing di tahun 2002 dan 2004, kemudian dirinya gabung bersama produser Danger Mouse untuk membentuk Gnarls Barkley dan berhasil membuat sejarah dengan hit ‘Crazy’ di tahun 2006. Sayanganya, sukses itu enggak berkelanjutan. Tahun 2008 dirilis album “The Odd Couple” yang disimpulkan gagal dan tidak bisa mencetak hit. Maka kembalilah Cee Lo Green dengan program sendirinya. Hebatnya, single ‘F**k You (Forget You)’ menjadi nge-hit banget! Lagu ini pun dinyanyikan ulang oleh Glee Cast untuk episode “The Substitue”. Sepertinya kesuksesan ‘F**k You’ akan memudahkan jalan album “The Lady Killer” untuk muncul di Top 10 album chart.
Photobucket7. k.d. lang
Penampilan k.d. lang dalam Vancouver Winter Olympics tahun ini membawakan lagu lawas Leonard Cohen yang berjudul ‘Hallelujah’ mengantarkannya kembali ke Hot 100. Maklum saja. terakhir kali dirinya tampil dalam chart adalah di tahun 1992 dengan ‘Constant Craving’. Tahun ini pun, album kompilasi “Recollection” dirilis dengan mampu masuk di posisi 36 Hot 200. Tidak hanya itu, karena album lain yang berjudul “Beautifully Combined” pun masuk dalam daftar, tepatnya di posisi 42.

Photobucket8. Heart
Sudah lama banget band Heart enggak merilis album. Terakhir adalah “Jupiters Darling” di tahun 2004, meskipun setelahnya ada album live “Dreamboat Annie Live” di tahun 2007. Band yang sukses di dekade 70 dan 80 ini terakhir kali menaruk album mereka dalam 10 besar Hot 200 adalah di tahun 1990, yaitu “Brigade”. Pantas saja, kemampuan album terbaru mereka “Red Velvet Car” debut di posisi 10 membuat nama Heart menjadi salah satu comeback terpaten tahun ini. Album ini berisi adult contemporary hit single ‘Hey You’.

Photobucket9. Phil Collins
Terkejut melihat Phil Collins kembali muda dalam cover album terbarunya? Judulnya aja “Going Back”, jadi jangan terlalu syok melihat penampakan tersebut. Ini adalah album terbaru Phil dimana terakhir kalinya pria asal London ini merilis album adalah di tahun 2002, “Testify”. Album ini pun jadi juara di Inggris, berikut sertifikat emas didapat. Berisi lagu-lagu soul klasik sebanyak 18 track, album ini juga punya versi live yang dirilis 29 Oktober lalu dalam format DVD.

Photobucket10. Stone Temple Pilots
Dengan anggota yang pencar-pencar antara Velvet Revolver dan Army Of Anyone, sepertinya band Stone Temple Pilots ini sudah jadi sejarah. Kenyataannya, anggota aslinya ngumpul lagi di tahun 2008 dan memulai tur. Tahun ini mereka merilis album yang berjudul “Stone Temple Pilots” dan dengan hebatnya debut di posisi 2, debut tertingginya sejak “Purple” di tahun 1994. Album ini berisi lagu juara di Alternative Chart berjudul ‘Between The Line’.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Bulan depan kita akan bahas Top 10 Comeback of 2010 versi CreativeDisc!

Related posts

Leave a Reply