Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jessica Simpson – Happy Christmas
Album of The Day

Album of The Day: Jessica Simpson – Happy Christmas 

PhotobucketPerjalanan musik Jessica Simpson ternyata sudah berumur lebih dari 10 tahun. Dalam rentang waktu tersebut, popstar asal Texas ini sudah memiliki 7 album studio, termasuk yang akan kita bahas ini, dengan genre musik yang luas. Pop, dance, R&B, alternatif, hingga country. Eksplorasi bermusik terus dilakukannya, dan tahun ini dirinya merilis album bertemakan Natal keduanya, “Happy Christmas” dengan label rekaman baru, Primary Wave. Kalau di album Natal sebelumnya Jess dibantu oleh billyman, di album ini dirinya bekerjasama dengan 2 produser kondang, The Dream dan Tricky Stewart. Albumnya menghibur, aransemen untuk lagunya juga fresh.

“Happy Christmas” berisi 12 lagu, yang terdiri dari 2 lagu baru dan 10 lagu Natal klasik. Satu dari 2 lagu baru tadi adalah single pertamanya, ‘My Only Wish’ yang diciptakan bareng Aaron Pearce dan Tricky Stewart. Saat lagu ini dirilis pada 11 Nopember lalu, banyak ulasan yang mengangkat tajuk Jess mencoba berkompetisi dengan lagu Natal terbaik sepanjang masa oleh Mariah Carey, ‘All I Want For Christmas Is You’. Pasalnya, lagu ini memiliki kesimpulan yang sama dalam liriknya dan musik yang ditawarkan juga pop ceria yang ringan dengan bebunyian lonceng tiada henti. Juri pasti menilai Jess kalah telak, tapi aku tetap suka lagu ini. Sebagai track pembuka, mengingatkan pada kondisi ‘Let It Snow’ sebagai track pembuka album “ReJoyce”. Lagu baru lainnya, ‘Kiss Me For Christmas’ juga salah satu favoritku. Lagu ini punya musik pop yang sendu, seperti penawar keriangan lagu ‘My Only Wish’ sekaligus penegasan terhadap konsep di liriknya, “all I want is you, and all you need is me”.

Beberapa percobaan yang dilakukan untuk membuat album ini beda adalah racikan mash up ‘Here Comes Santa Claus’ dengan ‘Santa Claus Is Coming To Town’ sedikit menyisakan aroma country di dalamnya. Cara lain adalah berduet. Jess mengajak Willie Nelson untuk nyanyi bareng lagu blues ‘Merry Christmas Baby’ juga John Britt di lagu ‘I’ll Be Home For Christmas’. Kedua duet ini sangat indah dan syahdu. Namun opini mengenai indulgence mengenai teman duetnya, John Britt. John adalah seorang angkatan laut, dan bagaimana dirinya bisa sumbang suara untuk album ini adalah dirinya pemenang kontes nyanyi yang diadakan untuk bisa duet bareng Jessica Simpson. Aku rasa itu sudah menjelaskan.

Di album “ReJoyce”, aku suka aransemen yang dilakukan terhadap lagu ‘O Holy Night’ sehingga lagu tersebut stand out di antara versi penyanyi lain. ‘Have Yourself A Merry Little Christmas’ mengingatkan kembali ke ciri tersebut. Kalau disini, lagu-lagu Natal yang lebih religius kayak ‘O Come O Emmanuel’ dan ‘Silent Night’ dibawakan dengan gaya awam tanpa banyak hiasan, sehingga maknanya lebih terasa. ‘Carol Of The Bells’ is amazing! Suara Jess yang merdu mengalun indah seiring dengan lirik yang rapat dinyanyikannya. Semua lagu di album ini aku suka, tanpa terkecuali. Untuk penyanyi yang sudah punya album Natal sebelumnya, Jess enggak kesusahan dalam pemilihan lagu-lagu lawas untuk dibawakan lagi dalam koleksi keduanya ini. ‘Happy Xmas (War Is Over)’ adalah pilihan yang jitu. Everybody loves the song! Dan ‘Jingle Bells Rock’ juga mengakomodasi kebolehan Jess dalam menampilkan lagu enerjik dengan vokal yang menawan. Puncak kenikmatan album ini adalah saat mendengarkan ‘Mary Did You Know’. Jess yang mengakui ini adalah salah satu lagu favoritnya menyajikan lagu ini dengan penghayatan yang sempurna!

Dalam cover albumnya tertulis “From: Me, To: You” dalam gambar sebuah kartu yang terikat ke pita merah. Album ini adalah hadiah terindah akhir tahun ini, dan salah satu rekomendasi terbaik untuk didengarkan bersama keluarga. Happy Christmas, everyone. God bless us everyone!

Official Website Jessica Simpson

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “My Only Wish” Aaron Pearce, Jessica Simpson, Christopher Stewart 3:55
2. “Here Comes Santa Claus / Santa Claus Is Coming to Town” Gene Autry, Oakley Haldeman / John Frederick Coots, Haven Gillespie 3:05
3. “O Come O Come Emmanuel” Pearce 4:22
4. “I’ll Be Home for Christmas” (featuring John Britt) Buck Ram, Kim Gannon, Walter Kent 4:41
5. “Happy Xmas (War Is Over)” John Lennon, Yoko Ono 3:45
6. “Mary, Did You Know” Mark Lowry, Buddy Greene 3:29
7. “Merry Christmas Baby” (featuring Willie Nelson) Lou Baxter, Johnny Moore 4:59
8. “Kiss Me for Christmas” Terius Nash, Simpson, Stewart 4:59
9. “Have Yourself a Merry Little Christmas” Hugh Martin, Ralph Blane 4:06
10. “Carol of the Bells” Mykola Leontovych 3:14
11. “Jingle Bell Rock” (hidden track) Joe Beal 2:57
12. “Silent Night” (hidden track) John Freeman Young 3:49

Related posts

Leave a Reply