fbpx

Trending News

Blog Post

Album of The Day: Rihanna – Loud
Album of The Day

Album of The Day: Rihanna – Loud 

Photobucket“Saya berjanji tidak akan membuat musik yang akan membuat orang bete, saya juga tidak akan kembali ke era Good Girl Gone Bad. Langkah berikutnya saya akan terus berevolusi, dan memberikan musik yang sempurna buat kita semua.” Itulah statement Rihanna, gadis kelahiran Barbados ini menyatakan tentang materi album terbarunya, Loud. Musisi-musisi handal pun seperti StarGate, Sandy Vee, The Runners, Polow da Don, Sham, Mel & Mus, Tricky Stewart, Soundz sampai Alex da Kid diajak Rihanna mengerjakan album ke-limanya ini. Tidak ketinggalan, Shontelle Layne juga diajak terlibat kerja sama dalam penulisan satu buah lagu di Loud ini.

Bermacam musik yang disajikan menambah nilai plus. Setelah bermain dalam nuansa suram pada album Rated R, melalui Loud ini Rihanna mengajak penggemarnya kembali menikmati alunan musik yang menghentak, dimana nuansa r&b, pop, euro pop dance disajikan apik tanpa sesuatu yang berlebihan. Beberapa lagu yang disajikan memang sepertinya mengingatkan pada beberapa track di album sebelumnya, yakni r&b. Apa yang membuat berbeda? Penggemar cukup di buat terhentak ketika “Only Girl (In the World)” dirilis menjadi single pertama. Track dengan upbeat tempo euro dance, seolah menegaskan bahwa Rihanna memang pantas membuat sesuatu yang lebih spesial di album Loud ini, begitu pula dengan “S&M” yang menjadi intro pada Loud ini, merupakan track dengan upbeat tempo electropop setelah “Only Girl (In the World)”, “S&M” sekilas memang mengingatkan pada beberapa track milik Lady Gaga atau Katy Perry.

Mari tinggalkan jauh-jauh era Rated R dengan menikmati “What’s My Name?” dimana Drake turut tampil pada posisi rap, catchy dan dapat menjadi anthem baru, kental dengan nuansa r&b . Sedikit lebih berisik dengan “Cheers (Drink to That)”, familiar dengan intronya? Pastinya, mengambil sampling hits milik Avril Lavigne, “I’m With You” dan sepanjang lagu tersebut pastinya dibalut dengan sampling lagu tersebut membuat “Cheers (Drink to That)” membuat berbeda dengan track lainnya. Tidak hanya hura-hura, melalui “Fading” Rihanna curhat seputar masalah berakhirnya suatu hubungan, namun jangan khawatir tidak terdengar gelap meski alunan pianonya sangat kental. Setelah “Fading”, Rihanna kembali mengungkapkan isi hatinya dengan “California King Bed”, track dengan nuansa slow rock ini kembali berbicara tentang gagalnya suatu hubungan, menariknya pada track ini terdengar megah dengan vokal Rihanna yang memang maksimal.

Sudah tinggalkan suasana sedih, mari nikmati “Man Down” track down tempo dengan komposisi reggae, sangat berbeda dengan “Rude Boy”. Apa jadinya jika Rihanna mengajak Nicki Minaj? “Raining Men” hasilnya, kental dengan nuansa r&b dan ya pastinya ciri khas Nicki terasa dan sangat annoying menurut saya pribadi mendengarkan track ini. Melalui “Complicated”, Rihanna membawakan dengan penuh emosional pada track pop ballad dan di ramu sedikit musik dance, great! Berlanjut dengan “Skin” yang masih mengandalkan down tempo r&b dan di tutup dengan Rihanna mengajak Eminem melalui “Love the Way You Lie (Part II)” dan sudah pasti mendengarkan track ballad ini, Rihanna seolah kembali mengingat akan gagalnya hubungan dengan mantannya, di tambah pada bagian rap yang diisi Eminem, membuat “Love the Way You Lie (Part II)” menjadi track penutup yang sempurna.

Pada akhirnya, ketika Rihanna membuat album Loud ini, bukan karena merasa Rated R gagal, pada kenyataannya Rated R sendiri cukup sukses. Beberapa track yang sudah di lempar sebagai single dan meraih sukses, seolah kembali mengangkat Rihanna ke puncak kejayaannya, sebagai penyanyi wanita yang memang tidak perlu diragukan lagi. Rentang waktu setahun setelah Rated R dirilis tahun lalu, membuat Rihanna menjadi female vocalist yang aktif membuat album. Kualitas vokalnya yang memang makin matang, dan tidak mau bermain dalam jalur aman dan ternyata berhasil pastinya akan membuat Rihanna akan semakin terus berkibar. Menikmati Loud akan menjadi candu sendiri ketika semakin sering diputar dan pastinya tidak perlu berpikir dua kali untuk mengkoleksi CD nya. Enjoy and let’s LOUD!

Official Website Rihanna

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “S&M” Mikkel S. Eriksen, Tor E. Hermansen, Sandy Wilhelm, Ester Dean StarGate, Sandy Vee 4:04
2. “What’s My Name?” (featuring Drake) Hermansen, Eriksen, Tracy Hale, Dean, Aubrey Graham StarGate 4:23
3. “Cheers (Drink to That)” Andrew Harr, Jermaine Jackson, Stacey Barthe, L. Pergolizzi, Corey Gibson, C. Ivery, Avril Lavigne, The Matrix The Runners 4:22
4. “Fading” Jamal Jones, Dean Polow da Don 3:20
5. “Only Girl (In the World)” Crystal Johnson, Eriksen, Hermansen, Wilhelm StarGate, Sandy Vee 3:55
6. “California King Bed” Harn, Jackson, Priscilla Renea, A. Delicata The Runners 4:12
7. “Man Down” Shama Joseph, Timothy Thomas, Theron Thomas, Shontelle Layne Shama Joseph 4:27
8. “Raining Men” (featuring Nicki Minaj) M. Hough II, R. Wouter, Onika Maraj, Timothy & Theron Thomas Mel & Mus 3:45
9. “Complicated” Christopher Stewart, Dean Tricky Stewart 4:18
10. “Skin” Kenneth Coby, U. Yancy Soundz 5:04
11. “Love the Way You Lie (Part II)” (featuring Eminem) Alexander Grant, H. Hafferman, Marshall Mathers Alex da Kid 4:56

Related posts

Leave a Reply