Trending News

Blog Post

Album of The Month: Bon Jovi – Greatest Hits
Album of The Day

Album of The Month: Bon Jovi – Greatest Hits 

PhotobucketBerbicara mengenai eksistensi, Bon Jovi adalah salah satu band yang mampu meraup 2 generasi. Mereka yang besar dan bertumbuh ketika Madonna dan Mariah Carey masih menyanyikan Vogue dan Lover Boy, sampai dengan generasi kedua penyanyi tersebut berevolusi dengan musik mereka. Apakah musik Bon Jovi juga ikut berubah?

Jawabannya adalah iya. Bagaimanapun sound yang diusung dan dimainkan pada era 80 an, akan sangat berbeda dengan single mereka yang dirilis di tahun 2000 an. Melodi-melodi panjang seperti di track “Always” tidak akan anda dengar dalam track “Have A Nice Day”. Melodi tersebut berubah menjadi beat yang ritmis, singkat, dan padat.

Dalam album Greatest Hits ini anda akan disuguhi 16 track yang merupakan kompilasi perjalanan dari tahun 1984 sampai 2010. Satu yang perlu dicatat juga adalah eksistensi mereka dalam menciptakan sebuah track dan album. Nama Jon Bon Jovi, Richie Sambora, dan Desmond Child ada dibelakang kesuksesan album-album mereka. Inilah yang menjadi benang merah musik mereka sampai sekarang.

Bukti Bon Jovi memang menjadi ikon dalam kultur budaya pop, siapa yang tak mengetahui Livin’ On Prayer? Track ini diambil dari album Slippery When Wet. Album kedua yang dirilis pada tahun 1986. Inilah track pembuka dalam album Greatest Hits ini. hasilnya? Kita akan masuk kembali ke dalam lorong waktu dan membayangkan Jon Bon Jovi dengan style rambut gondrongnya.

Suasana itu akan terus berlanjut kala sahutan You Give Love a Bad Name mengalun. Salah satu puncak kesuksesan band ini. Secara chart, inilah single pertama yang sanggup menduduki posisi jawara di chart Billboard Top 100 pada tanggal 29 November 1986. Yang menarik adalah single ini masuk kembali ke chart Billboard setelah Blake Lewis membawakannya secara apik dalam American Idol.

Tidak ada formula yang pas dan paten dalam menyusun sebuah album Greatest Hits. Entah susunannya dari single terlawas sampai yang terbaru, ataupun sebaliknya. Bagaimana untuk album Greatest Hits Bon Jovi ini? Anda akan melalui alur maju mundur. Ketika anda berpikir bahwa suasana old school yang ingin dibangun, maka It’s My Life akan menghentikan romansa itu. Ini bisa saja menjadi taktik untuk penggemar Bon Jovi yang mulai mengenal mereka di era 2000 an. Pasca Hiatus ditahun 1997, Bon Jovi hadir dengan suasana dan musik yang terasa baru.

Setelah Have A Nice Day selesai, anda akan ditarik kembali ke masa-masa jaya “Bad Medicine”. Inilah mungkin salah satu track yang memiliki komposisi dengan beberapa interlude didalamnya. Track ini juga menjadi salah satu single dengan durasi terpanjang, selain “Always” yang hadir sebagai track ke 13. Siapa yang bisa melupakan bagian refrain And I will love you baby always, And I’ll be there forever and a day always, I’ll be there till the stars don’t shine?

Selain komposisi tersebut, masih ada pula “Bed Of Roses” yang sangat fenomenal. Dengarkan saja intro permainan gitar Richie Sambora, dan vokal Jon Bon Jovi di nada-nada tinggi. Inilah track yang menandai mereka memasuki era power ballad dan meninggalkan glam metal sebagai style mereka di tahun 80 an. Track ini diambil dari album Keep The Faith yang rilis tahun 1992.

Tercatat ada ada 6 album yang terhandle dalam album Greatest Hits ini. Slippery When Wet, New Jersey, Keep The Faith, Crush, Have a Nice Day, dan The Circle. Anda bisa juga menyimak 2 track baru yang disisipkan pada 2 nomor terakhir yaitu track “What Do You Got” dan “No Apologies”. Bagaimana rupa dan bentuk track tersebut?

Percayalah benang merah album Greatest Hits ini tidak akan terputus begitu saja, karena keduanya masih menandakan bahwa Bon Jovi masih ada dan terus mengeluarkan single yang berpotensi menjadi hits di masa yang akan datang. Cheers!

Official Website Bon Jovi

(iQko / CreativeDisc Contributors)

Track List:
No. Title Writer(s) From album Length
1. “Livin’ on a Prayer” Jon Bon Jovi, Richie Sambora, Desmond Child Slippery When Wet 4:13
2. “You Give Love a Bad Name” Bon Jovi, Sambora, Child Slippery When Wet 3:46
3. “It’s My Life” Bon Jovi, Sambora, Max Martin Crush 3:44
4. “Have a Nice Day” Bon Jovi, Sambora, John Shanks Have a Nice Day 3:48
5. “Wanted Dead or Alive” Bon Jovi, Sambora Slippery When Wet 5:11
6. “Bad Medicine” Bon Jovi, Sambora, Child New Jersey 5:16
7. “We Weren’t Born to Follow” Bon Jovi, Sambora The Circle 4:03
8. “I’ll Be There for You” Bon Jovi, Sambora New Jersey 5:46
9. “Born to Be My Baby” Bon Jovi, Sambora, Child New Jersey 4:40
10. “Bed of Roses” Bon Jovi Keep the Faith 6:38
11. “Who Says You Can’t Go Home (rock version)” Bon Jovi, Sambora Have a Nice Day 4:41
12. “Lay Your Hands on Me (radio edit)” Bon Jovi, Sambora New Jersey 3:49
13. “Always” Bon Jovi Cross Road 5:56
14. “In These Arms” Bon Jovi, Sambora, David Bryan Keep the Faith 5:19
15. “What Do You Got?” Bon Jovi, Sambora, Brett James New Song 3:47
16. “No Apologies” Bon Jovi, Sambora New Song 3:44

Related posts

Leave a Reply