Trending News

Blog Post

Behind The Music: J.R. Rotem
Behind The Music

Behind The Music: J.R. Rotem 

PhotobucketSejak single ‘Whatcha Say’ oleh Jason DeRulo menduduki puncak Billboard Hot 100 Singles, nama pria di balik layar untuk single tersebut pun mencuat ke permukaan. Menjadikan dirinya sorotan atas karyanya yang bisa meroket di tangga lagu paling bergengsi. Enggak lama dari situ, lagu ‘Everybody In Love’ oleh JLS pun menjuarai tangga lagu di Inggris. Dan kembali, J.R. Rotem semakin diincar dan diperhitungkan. Produser rekaman ini jadi semakin terkenal dech. Tapi apa benar dia muncul baru belakangan ini? Ternyata enggak. Sebelumnya dia udah punya tidak kurang dari 3 single Top 10 dengan 2 di antaranya menduduki peringkat 1. Mungkin namanya sekarang lebih tenar karena tag yang menjadi trademark-nya “J-J-J-J-J-R” lebih gencar dipakai dalam karya-karyanya sekarang ketimbang yang dulu. Oh iya, dia juga memasang “Beluga Heights” sebagai trademark lainnya, yang merupakan nama record labelnya.

PhotobucketDialah Jonathan Rotem, atau yang lebih dikenal dengan nama J.R. Rotem. Pria kelahiran Afrika Selatan tahun 1975. Dia memiliki darah Israel dan Finlandia dalam tubuhnya, dan dia besar di Kanada. Perkenalannya dengan musik adalah saat usia muda dia belajar piano klasik. Melanjutkan pendidikan di Berklee College of Music yang ada di Boston. Itu adalah sekolah untuk musik skor film, tapi dia milih jurusan untuk komposisi jazz. Dia mencoba banyak jenis musik, hingga menemukan R&B adalah jenis musik yang ingin diproduksinya. Proyek besar pertamanya adalah bareng Destiny’s Child! Enggak tanggung-tanggung, kan?! Dia ikut berkontribusi untuk album “Survivor” pada tahun 2001, dengan memproduseri lagu berjudul ‘Fancy’. Meskipun enggak dijadikan single, tapi J.R. Rotem bilang kalau dia sangat bangga bisa melakukan langkah yang besar dalam karir musiknya.

Berangkat dari situ, semakin cemerlang karir J.R. Rotem. Dia dan sahabatnya, Evan Bogart, kemudian mendekati Zach Katz, seorang manajer yang punya banyak channel. J.R. Rotem bilang kalau dia perlu seorang manajer dengan reputasi yang bagus sehingga bisa menjadi pembuka jalan bagi musiknya ke orang-orang. Zach, di lain pihak mengakui bahwa J.R. bukan hanya sekedar beat maker, tapi pengetahuannya yang luas tentang musik adalah pembeda dari produser musik R&B lainnya. Makanya, enggak heran kalau hasil produksinya yang selanjut-selanjutnya menuai sukses. Adalah single ‘SOS’ yang menjadi lagu nomor 1 di Amerika Serikat oleh Rihanna. Selain di Amrik, lagu yang diambil dari album kedua Rihanna itu juga sukses di Inggris, Australia, dan Jerman. Enggak lama dari situ, produksi berikutnya juga sukses. Lagu ‘Beautiful Girls’ sebagai debut Sean Kingston di dunia musik betul-betul yahud. Itu hasil jerih payah JR Rotem lho.

Lagi, semakin banyak artis yang kerja bareng J.R. Kebanyakan sih dari kalangan rapper ya, seperti Lil kim, Plies, T-Pain, Rick Ross, hingga Flo Rida. Tapi dia juga pernah bekerjasama dengan Nicole Scherzinger, Ne-Yo, Ashley Tisdale, The Cheetah Girls, Paris Hilton, Auburn, Vanessa Hudgeons, Jesse McCartney, JoJo, Anastacia, juga Britney Spears. Banyak nama, banyak background musik, juga banyak negara. Bukan hanya untuk artis-artis dari Amerika saja, karena J.R. Rotem juga sempat memproduseri lagu untuk Sarah Connor dan Leona Lewis.

Sekarang, dia lebih banyak memfokuskan kerjanya untuk mengangkat nama artis-artis pendatang baru. Contohnya Jason DeRulo. Yepp! Mereka sukses besar dengan debut Jason ‘Watcha Say’. JR Rotem memproduseri album penyanyi asal Miami, Florida itu. Selain ‘Whatcha Say’, lagu-lagu kayak ‘In My Head’ dan ‘Ridin’ Solo’ pun memperteguh kemantapan kerjasama mereka. Keidran Jones alias Iyaz juga merupakan bukti sukses J.R. Rotem. Iyaz dikontrak oleh label rekaman Beluga Heights Records. Album perdana “Replay” yang menghasilkan single juara yang berjudul sama diyakini mempertajam cakar J.R. Rotem sebagai produser musik. Dia tidak hanya mencetak hits, tapi juga menghasilkan bintang.

More hit, J.R. Rotem yang bermukim di Beverly Hills, California ini memproduseri single kedua boyband JLS yang meraih puncak tangga lagu di Inggris. ‘Everybody In Love’. Meneruskan karyanya dengan The Ready Set, yang menghasilkan Top 40 single, ‘Love Like Woe’. Belum lama ini, JR Rotem memproduseri lagu untuk Auburn, Lindsay Lohan, dan dia juga ikut berkontribusi untuk memproduseri lagu ‘Fly’ dari debut album rapper Nicki Minaj menampilkan Rihanna. Ini adalah reuni J.R. Rotem dengan Rihanna. Maklum, dalam 2 album terakhir Riri, dirinya tidak muncul. teakhir adalah lagu ‘Push Up On me’ dari album “Good Girl Gone Bad” di tahun 2007. Kesibukan JR Rotem sekarang adalah penggodokan album terbaru Sean Kingston, yang diharapkan untuk rilis tahun 2011 nanti. Ya kalau dulu mungkin kita masih mikir lagu-lagu mana aja yang merupakan hasil karyanya, tapi kalo sekarang, sekali dengar “J-J-J-J-J-R”, enggak usah sangsi. itu pasti, karya Jonathan Rotem!

Official Website J.R. Rotem
MySpace J.R. Rotem

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Songs and Singles Produced by J.R. Rotem :

“SOS” Rihanna
“Whoa” Lil’ Kim
“Push It” Rick Ross
“I Want You” Paris Hilton
“Beautiful Girls” Sean Kingston
“Me Love” Sean Kingston
“Hip Hop Police” Chamillionaire featuring Slick Rick
“Fuego” The Cheetah Girls
“He Said She Said” Ashley Tisdale
“Everybody” Britney Spears
“Livin’ in the Projects” Lil Scrappy
“I’m that Chick” Jada featuring Sean Kingston
“Baby Love (Remix)” Nicole Scherzinger featuring will.i.am
“Take You There” Sean Kingston
“What Is It” Baby Bash featuring Sean Kingston
“1 Mo Time” Plies
“I Am the Club” Plies
“Give You the World” The D.E.Y.
“The Boss” Rick Ross featuring T-Pain
“Roll” Flo Rida featuring Sean Kingston
“Bust It Baby Pt. 2” Plies featuring Ne-Yo
“That’s Gangsta” Bun B featuring Sean Kingston
“Ghetto Girl” Mann featuring Sean Kingston
“Superman” Auburn
“Fall Apart” Sarah Connor
“Better in Time” Leona Lewis
“Sneakernight” Vanessa Hudgens
“My Baby” Jesse McCartney
“The High Road” JoJo
“Strength” James Fauntleroy
“Pain No More” E-40 featuring The Game & Snoop Dogg
“Gamble on Me” Cory Gunz featuring T-Pain
“Defeated” Anastacia
“Want It, Need It” Plies featuring Ashanti
“However Do U Want It” Maino
“Next to You” Mike Jones featuring Nae Nae
“Becky” Plies
“Changes” Dima Bilan
“Whatcha Say” Jason Derülo
“In My Head” Jason Derülo
“Ridin’ Solo” Jason Derülo
“What If” Jason Derülo
“The Sky’s the Limit” Jason Derülo
“Everybody in Love” JLS
“Replay” Iyaz
“Solo” Iyaz
“So Big” Iyaz
“Too Young To Die” Lindsay Lohan
“Love Like Woe” The Ready Set
“Not Lost” B.o.B featuring T.I.
“Lights Out” Tynisha Keli
“Text” Mann featuring Jason Derülo
“Secret” Sean Kingston
“Im at War” Sean Kingston featuring lil Wayne
“She Moves” Sean Kingston
“La La La” Auburn featuring Iyaz
“Skin & Bones” Romance on a Rocketship
“No Where” Chasity/Tray J
“Stuttering” Fefe Dobson
“Walka Not A Talka” Lindsay Lohan ft. Snoop Dogg
“Preapproved'” Ilya
“Buzzin'” Mann
“Fly” Nicki Minaj ft. Rihanna

Karya J.R. Rotem mana yang paling kamu suka?

Related posts

Leave a Reply