Trending News

Blog Post

Time Tunnel: The Cover Girls
Time Tunnel

Time Tunnel: The Cover Girls 

PhotobucketThe Cover Girls memulai karir musik mereka di akhir tahun 1980an ketika banyak girl group British dan America juga merajai chart pop dan dance seperti Bananarama, Seduction, Expose dan Sweet Sensation. the Cover Girls dibentuk oleh promoor musik dan pemilik dance club di Bronx, NY “Disco Fever” yaitu Sal Abbatiello. Formasi originalnya adalah Angel Sabater, Caroline Jackson, dan Sunshine Wright.

PhotobucketMereka merilis album pertamanya yang berjudul “Show Me” di tahun 1987 melalui Fever Records, single dirilis dari album ini antara lain Because of You dan Promise Me yang berhasil masuk ke Top 40 Bilboard Hot 100. Album keduanya, We Can’t Go Wrong dirilis di tahun 1989 dan menghasilkan beberapa hits, antara lain My Heart Skips A Beat yang ditulis oleh David Cole dan Robert Clivilles dari C & C Music Factory yang berhasil masuk ke chart Pop Top 40 dan Dance Top 5 dan ballad mereka “We Can’t Go Wrong” yang merupakan hits pertama yang berhasil masuk ke jajaran Top 10 pop hit di awal tahun 1990 dan menduduki posisi 8. Album ke dua ini juga merupakan rekaman pertama Evelyn Escalera sebagai member of the group sementara album ke 3 mereka yaitu Here It Is yang dirilis tahun 1992 menghasilkan sebuah ballad yang juga menjadi hits mereka yaitu Wishing On A Star dengan lead singer baru yaitu Michelle Valentine. Wishing On A Star merupakan cover version dari versi Rose Royce di tahun 1978 dan versi mereka berhasil menduduki Top 10 hit di posisi 9 di tahun 1992 dan juga berhasil masuk Top 40 di UK Singles Chart di tahun yang sama.

Selama masa karir mereka, selain mengadakan konser, mereka juga tampil dalam berbagai acara2 musik di televisi seperti Nickelodeon, Soul Train, Showtime at the Apollo, MTV, MTV International dll. Sementara itu mereka sangat populer di Jepang, single Show Me menjadi #1 record selama tahun 1988 dan albumnya mendapatkan double platinum. Mereka mengadakan konser 4 kali di Jepang dimana semuanya sold out dan popularitas mereka di Jepang juga menyebabkan mereka mendapakan kontrak untuk bekerjasama dengan Panasonic untuk sebuah iklan. the Cover Girls berada di bawah Sal Abbatiello independent label, Fever Records sebelum akhirnya bergabung dengan major label yaitu Capitol Records dimana mereka merilis 2nd album mereka “We Can’t Go Wrong”. Kesuksesan album ini jugalah yang membuat mereka dikontrak oleh Coca Cola dan Sprite untuk sebuah endorsement deal. Mereka melakukan promosi termasuk beberapa iklan di radio dan televisi dalam bahasa Inggris dan Spanyol. Selama karir sukses mereka juga pernah tour bersama Milli Vanilli dan juga menjadi opening act untuk NKOTB.

Seperti halnya girl group lain, mereka juga mengalami pergantian personil selama masa karirnya. Di akhir tahun 1988, Sunshine Wright meninggalkan group dan digantikan oleh Margo Urban kemudian di tahun 1990 ketika mereka menjadi opening act untuk tour NKOTB, Angel Sabater juga keluar untuk mengejar karir solonya dan digantikan oleh Evelyn Escalera. Dia menyelesaikan tour bersama the Cover Girls untuk We Cant Go Wrong album dan di tahun 1991 ketika mereka merilis single Funk Boutique dari album Here It Is, Escalera menjadi lead singer untuk pertama kalinya dan dimana single tersebut juga berhasil menempati posisi 5 dalam Billboard Dance Chart dan Top 40 dalam Billboard’s Hot 100 Singles Chart. Kesuksesan ini juga yang membawa mereka ke label baru yaitu Epic Records untuk album ke 3 mereka. Pergantian personil terus berlajut dimana di tahun 1992 Margo Urban keluar dan digantikan oleh Michelle Valentine. Formasi yang masih bertahan untuk saat ini adalah Evelyn Escalera, Sabrina Nieves dan Lorraine Munoz.

Kabar terakhir, mantan member The Cover Girls, Sabater sudah merelease debut album solonya “Angel” di tahun 2000, dan Sabater juga sempat menggelar tour dengan nama “Angel (The Original Cover Girl)” yang membawakan lagu2 Hits Cover Girls. Personel lainnya, Evelyn Escalera juga sempat merelease single debut solo pertamanya, yaitu “All I Want For Christmas is You” yang merupakan cover lagu Mariah Carey, direlease di iTunes di bulan Nov 2008 dibawah nama Evelyn DeMille.

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Studio albums
* 1987: Show Me
* 1989: We Can’t Go Wrong
* 1992: Here It Is
* 1996: Satisfy

Related posts

Leave a Reply