Trending News

Blog Post

Album of The Day: Duffy – Endlessly
Album of The Day

Album of The Day: Duffy – Endlessly 

Image and video hosting by TinyPicSukses secara komersial dan artistic pada album perdana, pastilah membuat seorang Duffy mengalami tekanan untuk menghasilkan karya berikutnya. Penghujung November lalu Duffy akhirnya merilis album keduanya, “Endlessly“. Setelah berpisah dengan manajemennya, Duffy juga berpisah dengan produser/penulis lagu Gerald Butler, mantan gitaris Suede, yang telah berkolaborasi dengannya dalam album Rockferry. Duffy memilih menggandeng produser asal Amerika, Albert Hammond selain Stuart Price.

Album dengan dasa tembang ini masih mengetengahkan nuansa retro soul, namun dengan sedikit perubahan yang subtil, seperti nuansa klasik disko dari tahun 70-an. Perubahan itu khususnya terasa pada tembang-tembang bertempo cepat seperti ’My Boy’, ’Keeping My Baby’, ’Well, Well, Well’, ‘Lovestruck’, dan ‘Girl’. Yang membuatnya terasa bernuansa klasik disko adalah aplikasi orkestra pada musik pengiringnya dengan sedikit sentuhan synthesizer. Sementara pada tembang-tembang bertempolambat, nuansa blue eye soulnya masih terasa meski masih lebih kental dengan aroma pop, yang tetap manis, menyentuh sekaligus memikat.

Meski sebagian besar lagu di album ini ditulis Duffy bersama penulis lain seperti Hammond, Don Paul, Paddy Chambers, album ini terkesan kurang emosional dan personal dibandingkan album perdananya. Memang lagu-lagunya sendiri cukup memikat, namun Duffy rasanya terlalu bermain di zona nyaman dengan membawakan lagu-lagu orisinal bernuansa retro 60-an. Ia seakan terlalu berkonsentrasi penuh dengan bobot musikalnya hingga kurang memperhatikan bobot emosi lewat lirik dan tema lagunya. Sementara musiknya sendiri meski sedikit berbeda dari ’Rockferry’ namun terasa bagai pengulangan yang mau tak mau terkesan membosankan. Seandainya saja Duffy berani mengambil resiko dan memberikan sesuatu yang benar-benar berbeda sebagai bentuk evolusi musiknya seperti Gabriela Cilmi, tentu karyanya akan lebih mendapatkan perhatian.

Untuk kalian yang menyukai ’Rockferry’ album ini tentu dapat memuaskan harapan kalian akan Duffy. Lagu-lagunya cukup kupinggenic dan memikat dengan interpretasi yang cukup menyentuh terutama pada tembang balada seperti ’Don’t Forsake Me’ dan ’Hard for the Heart’.

Official Website Duffy

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track listing
No. Title Length
1. “My Boy” 3:27
2. “Too Hurt to Dance” 3:15
3. “Keeping My Baby” 2:49
4. “Well, Well, Well” 2:45
5. “Don’t Forsake Me” 4:01
6. “Endlessly” 2:59
7. “Breath Away” 4:12
8. “Lovestruck” 2:52
9. “Girl” 2:26
10. “Hard for the Heart” 4:57

Related posts

Leave a Reply