Trending News

Blog Post

Album of The Day: N.E.R.D – Nothing
Album of The Day

Album of The Day: N.E.R.D – Nothing 

Image and video hosting by TinyPicKami perlu untuk menyatu dan berpadu dengan apa yang dirasakan oleh masyarakat. Banyak peristiwa sedang terjadi dan tidak begitu perlu dipahami oleh orang banyak. Kita –Amerika- memiliki sejarah, partai konservatif Demokrat. Kita juga memiliki orang-orang neo-liberal yang tidak pernah kau pikirkan sebelumnya. Begitu banyak sekte dan hal terjadi dalam masyarakat. Album ini perpaduan berbagai macam hal. Bulu mewakili perdamaian sementara helm mewakili perang. Itulah yang sedang terjadi saat ini, di dunia yang kita tempati sekarang. Ada banyak peperangan yang terjadi yang tak dapat dijelaskan orang banyak. Ekonomi menurun, tapi masih banyak gadis cantik. Kami ingin musik yang mencerminkan hal itu. Jadi kami pikir kami akan membuat album yang abadi semacam kapsul waktu. Saat 10-20 tahun kemudian orang akan melihat dan berkata ’Aku ingat saat itu. Itu saat ’Nothing’ dirilis’. Aku hanya ingin membuat musik yang indah yang akan berpengaruh baik pada orang lain. – Pharrel Williams

N.E.R.D kembali dengan album keempatnya yang memiliki nuansa vintage ala akhir tahun 60-an hingga 70-an dengan sentuhan funk, hip-hop, dan psychedelic pop. Semuanya diolah dengan rasa baru yang terasa lebih kupinggenik. Lewat album ini saya lebih merasakan N.E.R.D seakan merayakan kehidupan dengan cinta dan berpesta serta segala riuh rendahnya, ketimbang kesedihan dalam peperangan seperti dalam penuturannya. Lewat tembang seperti ‘Party People’ dan ‘Hot & Fun’ kita dapat merasakan suasana pesta itu. Pharrel juga menyertakan tentang gairah dalam menjalin cinta dengan gadis-gadis lewat ’Hypnotize You’ yang terasa retro dan romantis dengan vokal bergaya falsetto serta ’Nothing On You’ dalam balutan funk hip-hop. Sementara ’Perfect Defect’ menggabungkan antara rayuan sekaligus penyemangat untuk menjadi diri sendiri dengan manisnya, /It’s less for them, but mo’ for meee! Oh you’re so perfect, oh don’t ignore me girl/. Elemen brass dipadukan rap dan scatting membuat lagu ini terasa menonjol.

Kita dapat merasakan berbagai lapisan emosi lewat setiap musik dalam lagunya. Memang secara lirik, apa yang dituliskan Pharrel beragam. Ia bahkan membahas tentang evolusi dengan cerdasnya dalam ’Life As A Fish’, /from organisms to single cells, mutate, to shells then mutate into spores/. Sesuatu yang tak pernah terpikirkan dalam benak saya dapat dimasukkan dalam sebuah lagu dewasa tapi tetap terdengar nyaman. Lewat tembang ini mereka mengajak kita untuk lebih memperhatikan lingkungan, /You shoulda listened to Jacques Costeau, don’t say, you don’t stop sending your trash to sea/.

Salah satu tembang yang sedikit mengangkat tema tentang perang dapat kita rasakan lewat ’Help Me’. Sementara lewat ’Victory’ dan ’God Bless Us All’ yang soulfull, mereka membangkitkan semangat untuk bangkit, maju dan meraih kemenangan, meraih mimpi.

Dalam edisi eksklusifnya mereka menambahkan empat lagu yang sangat kental rasa retro soul funk. ’It’s in the Air’ dengan lirik metaforik bernada protes terhadap peperangan. Sementara ’Sacred Temple’ membawa erotisme bercinta dengan detak yang kencang. Sedangkan lewat ’I Wanna Jam’ Pharrell kembali mengajak untuk berpesta. Dan penutup dalam edisi deluks ini, lewat ’The Man’ ia menghembuskan semangat anti kemapanan.

Dalam album ini Pharrell tak lagi menulis keseluruhan lagu. Ia juga bekerja sama dengan Daft Punk, Shae, Tanya Tucker dan Michael Paynter. Daft Punk menjadi satu-satunya produser luar di album ini lewat ’Hypnotize You’.

‘Nothing’ memasukkan lebih banyak elemen brass (saxophone, trumpet) yang membuat album ini terasa lebih melodius membius menambah daya pikat dari elemen funk yang dimilikinya.

Official Website N.E.R.D

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track list
No. Title Writer(s) Producer(s) Length
1. “Party People” (featuring T.I.) Pharrell, Chad Hugo, Clifford Harris, Jr. The Neptunes 3:52
2. “Hypnotize U” Williams, de Homem-Christo, Bangalter Daft Punk 4:17
3. “Help Me” Williams, Hugo, Iovine The Neptunes 4:08
4. “Victory” Williams, Hugo The Neptunes 3:42
5. “Perfect Defect” Williams, Hugo The Neptunes 3:43
6. “I’ve Seen the Light / Inside of Clouds (Interlude)” Williams, Hugo The Neptunes 4:26
7. “God Bless Us All” Williams, Hugo The Neptunes 3:29
8. “Life As A Fish” Williams, Hugo The Neptunes 2:37
9. “Nothing On You” Williams, Hugo The Neptunes 3:18
10. “Hot N’ Fun” (featuring Nelly Furtado) Williams The Neptunes 3:22

Deluxe Edition:
14. “It’s in the Air”
15. “ Sacred Temple”
16. “I Wanna Jam”
17. “The Man”

Related posts

Leave a Reply