Trending News

Blog Post

RIAA certification in 2011
Music News

RIAA certification in 2011 

Kerasa ga sih kalau sudah 3 pekan kita berada di tahun 2011? Kayaknya baru kemarin aja mendengar kemeriaan bunyi terompet tahun baru, dan sekarang kita udah hampir berada di penghujung Januari. Well, anyway. Pada tanggal 19 Januari kemarin, Recording Industry Association of America (RIIA) telah mengumumkan sertifikasi Gold dan Platinum, dan sorotan utamanya adalah Susan Boyle, Taylor Swift, dan Lady Antebellum yang ketiganya seri dalam pencapaian penjualan album masing-masing yang berhasil menyentuh angka shipment di atas 3 juta keping di Amerika Serikat sampai dengan akhir tahun 2010. Susan Boyle yang setahun sebelumnya mendapatkan kehormatan tertinggi dari RIIA atas penjualan album “I Dream A Dream” telah merilis album keduanya “The Gift” pada Nopember 2010. Album Natal tersebut laris manis selama musim hari raya dan sampai akhir Desember terjual lebih dari 3 juta kopi sehingga layak disertifikasi triple-platinum di bulan yang sama dengan pengumuman nominasi Grammy pertamanya untuk ‘Best Pop Vocal Album’.

Kemudian untuk Taylor Swift, album “Speak Now” yang rilis Oktober diganjar sertifikat triple-platinum pada bulan Desember, dan lengkaplah ketiga album dari penyanyi 21 tahun ini masing-masing memiliki sertifikat tersebut atau di atasnya. Yang lebih membanggakan lagi adalah single ‘Today Was A Fairytale’ dari soundtrack film Valentine’s Day dimana dirinya juga ikutan main di dalamnya mendapatkan platinum ke-9 atas download-annya, menjadikan nama Taylor Swift di puncak daftar artis solo dengan penjualan digital terbaik dalam sejarah RIIA Gold & Platinum dengan angka 16,5 juta download. Album “Need You Now” dari Lady Antebellum yang keluar pada Januari 2010 pun demikian. Mengumpulkan sertifikat mulai dari Emas, Platinum, hingga 3x multi-platinum pada bulan Oktober. Sebagai tambahan, single dengan judul yang sama dianugerahi empat kali platinum, sebagai prestasi terbaik grup country ini. Sementara single ‘I Run To You’ mendapatkan platinum.

Tahun 2010 juga menjadi tahun sertifikasi digital. Penghargaan Top Gold & Platinum pada tahun tersebut adalah yang tertinggi dalam sejarah. Sebagai contoh, Black Eyed Eyes. Mereka adalah artis dengan sertifikasi tertinggi dalam sejarah G&P atas kesuksesan ‘I Gotta Feeling” yang memperolah 6x multi-platinum. Sementara, ‘Boom Boom Pow’ 5x multi-platinum, ‘Meet Me Halfway’ dan ‘Imma Be’ 2x multi-platinum. Mereka juga akan tampil di Super Bowl XLV pada 6 Pebruari mendatang. Single-single yang dirilis pada tahun 2010 yang mendapat plakat triple-platinum sebagai best selling downloads antara lain ‘Airplanes’ dari B.o.B, ‘Break Your Heart’ dan ‘Dynamite’ dari Taio Cruz, juga ‘California Gurls’ dari Katy Perry. Sebagai tambahan untuk Katy, single ‘Teenage Dream’ pun mengukir sukses dengan 2x multi-platinum download dari Juli sampe Oktober. Lanjut ke Ke$ha. Debut albumnya di bulan Januari “Animal” mendapat platinum di bulan September, dan single-single dari album ini pun mendapat sertifikat. 5x multi-platinum unyuk ‘TiK ToK’, 2x multi-platinum untuk ‘Your Love Is My Drug’, dan platinum masing-masing untuk ‘Take It Off’ dan ‘Blah Blah Blah’.

Tahun 2010 juga tahunnya Justin Bieber. Cowok muda berbakat ini mendapat platinum atas album pertamanya “My World” sebelum album keduanya “My Worlds 2.0”. Dan album keduanya yang rilis pada bulan Maret pun mendapat double-platinum di bulan September. Selanjutnya, single ‘Baby’ mendapat 2x multi-platinum, ‘One Time’ platinum, dan ‘One Less Lonely Girl’ mendapat sertifikat emas atas digital downloads yang lebih dari 500.000. Spotlight juga menyapa B.o.B. Albumnya yang berjudul “B.o.B Presents: The Adventures of Bobby Ray” memperoleh sertifikat emas, dan single-single dari album tersebut juga kebagian; ‘Airplanes’ 3x multi-platinum, ‘Magic’ dan ‘Nothin’ On You’ dapat platinum. Total 98 lagu yang mendapat platinum di tahun 2010, beberapa di antaranya adalah ‘Live Like We’re Dying’ dari Kris Allen, ‘Uprising’ dari Muse, ‘Animal’ dari Neon Trees, ‘According To You’ dari Orianthi, ‘Impossible’ dari Shontelle, ‘If I Die Young’ dari The Band Perry, ‘Say Ahh’ dari Trey Songz dan ‘Smile’ dari Uncle Cracker.

Dalam semarak Natal, album “O Holy Night” yang dirilis pada pertengahan Nopember lalu milik Jackie Evancho yang masih berusia 10 tahun mendapat sertifikat platinum. Dan drama seri pemenang Golden Globe Glee juga kebagian. Album “Glee: The Music, Volume 1” mendapat platinum di September dan “Glee: The Music, The Christmas Album” mendapat platinum di Desember. Penerima penghargaan platinum untuk kali pertama dirasakan oleh Drake untuk album “Thank Me Later”, Nicki Minaj untuk “Pink Friday”, dan Owl City untuk “Ocean Eyes”. Lady Gaga yang dinobatkan sebagai Artist of the Year-nya Billboard memperoleh triple-platinum untuk “The Fame”, berikut single ‘Poker Face’ 4x platinum, ‘Bad Romance’, Paparazzi’, dan ‘Love Game’ masing-masing platinum. Kuartet pemenang Grammy Phoenix pun dapat jatah. Album “Wolfgang Amadeus Phoenix” berhasil mendapat emas dengan single andalan ‘1901’ juga sertifikat emas karena terjual lebih dari 500.000 kopi. Album bersertifikat serupa adalah “Doin’ My Thing”-nya Luke Bryan, “Kiss & Tell”-nya Selena Gomez & The Scenes, “For Your Entertainment”-nya Adam Lambert, dan “Sign No More”-nya Mumford & Sons. Kali pertama mendapat sertifikat emas diperoleh Lee Brice lewat single ‘Love Like Crazy’, fabolous ‘Throw It In The Bag’, Gloriana ‘Wild At Heart’, David Guetta ‘Sexy Bitch’, Mumford & Sons ‘Little Lion Man’, Willow Smith ‘Whip My Hair’, dan The Ready Set ‘Love Like Woe’.

RIIA juga memberi penghargaan pada Soundgarden untuk album mereka yang dirilis pada bulan September “Telephatasm” sertifikat Platinum. Album Alan Jackson “Good Time” pun demikian, mendapat sertifikat platinum. Band legendaris The Beatles di tahun 2010 memperoleh sertifikat 2x multi-platinum untuk “Love”, 3x untuk “Beatles In Stereo”, 11x untuk “1”, dan 17x multi-platinum untuk “The Beatles 1967-1970”. Total penjualan album The Beatles di Amerika adalah 177 juta, menjadikan mereka sebagai best-selling act dalam sejarah RIIA G&P. Di bagian sertifikasi platinum untuk ringtone, yang mencapai angka di atas sejuta antara lain; ‘Thunderstruck’ AC/DC, ‘Right Now (Na Na Na)’ Akon, ‘Big Green Tractor’ Jason Aldean, ‘Beat I Ever Had’ Drake, dan ‘Bedrock’ Young Money. Yang mendapat emas; ‘Ring Of Fire’ Johnny Cash juga ‘Pretty Wings’ Maxwell. Di tahun 2010, RIIA menganugerahi keseluruhan 161 album, 312 single digital, dan 12 ringtone. Semua ini dihitung oleh Gelfand, Rennert & Feldman.

Official Website RIAA

(Ai Hasibuan / CreativeDisc.com)

Related posts

Leave a Reply