Trending News

Blog Post

Album of The Day: 2011 GRAMMY Nominees
Album of The Day

Album of The Day: 2011 GRAMMY Nominees 

Image and video hosting by TinyPicAkhirnya pada tanggal 25 Januari 2011 lalu, album kompilasi “2011 Grammy Nominees” telah dirilis oleh Jive Records. Untuk Indonesia, album kompilasi ini dirilis oleh P.T. Sony Music Entertainment Indonesia. Seluruh track pada album ini pernah dirilis sebagai single di United States, untuk Indonesia sendiri belum pernah satu pun track di dalam album ini dirilis sebagai single. Album kompilasi ini terdiri dari 19 track, mari kita lihat lagu apa saja yang dipilih untuk mengisi daftar track tahun ini.

1. Cee Lo Green – Forget You
Di Amerika Serikat sendiri “Forget You” dirilis sebagai CD single dan digital download single pada tanggal 19 Agustus 2010. Diambil dari album studio milik Cee Lo Green yang berjudul “The Lady Killer” Lagu ini ditulis oleh Cee Lo Green bersama Bruno Mars, Philip Lawrence, Ari Levine dan Brody Brown. Untuk single “Forget You” berhasil duduk di posisi #9 pada U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Record Of The Year” dan “Song Of The Year”.

2. B.o.B. – Nothin’ On You (Featuring Bruno Mars)

Track kedua diisi oleh rapper asal Amerika, B.o.B. bersama Bruno Mars. “Nothin’ On You” dirilis di United States dalam bentuk digital download single dan promo CD pada tanggal 2 Februari 2010. Lagu dengan aliran alternative hip-hop dan R&B ini ditulis oleh B.o.B. bersama dengan Bruno Mars, Philip Lawrence dan Ari Levine. “Nothin’ On You” tersedia sebagai track pada album “B.o.B. Presents: The Adventures Bobby Ray”. Grand Hustle Records, Rebel Rock Records dan Atlantic Records boleh berbangga hati, karena single ini mampu meraih posisi #1 pada U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Record Of The Year”

3. Katy Perry – California Gurls (Featuring Snoop Dogg)
Tahun 2010 lalu bisa dikatakan milik Katy Perry, buktinya gaung “California Gurls” sukses menjadi signature song miliknya selain “I Kissed A Girl”. Lagu electropop yang dirilis Capitol Records menjadi digital download single dan CD single pada 11 Mei 2010 lalu ini sukses mencapai posisi puncak pada U.S. Billboard Hot 100. Kolaborasi dengan Snoop Dogg ternyata meraih sukses. Selain dirilis sebagai single, “California Gurls” dirilis sebagai track pada album “Teenage Dream” dan juga dirilis loh tracknya di Indonesia, oleh Warner Music Indonesia.

Nominasi “Album Of The Year”.

4. Lady Gaga – Telephone (Featuring Beyonce)
Penyanyi sensasional asal Amerika, yang terkenal dengan stage name-nya Lady Gaga, tak luput meramaikan daftar album kompilasi “2011 Grammy Nominees”. Kali ini dengan pentolan Destiny’s Child, Beyonce Knowles, Lady Gaga membawakan single “Telephone” sebagai track ke-4 pada album kompilasi yang dirilis oleh Jive Records ini. Dengan aliran dance-pop dan electrop, “Telephone” yang dirilis oleh Interscope Records dalam bentuk digital download single dan CD single pada tanggal 26 Januari 2010 harus puas dengan posisi #3 pada U.S. Billboard Hot 100. “Telephone” tersedia sebagai track pada album “The Fame Monster”.

Nominasi “Album Of The Year”.

5. Eminem – Love The Way You Lie (Featuring Rihanna)
“Love The Way You Lie” bisa dikatakan sebagai lagu yang sangat sering terdengar pada pertengahan 2010 sampai akhir tahun. Kolaborasi rapper asal Amerika, Eminem dengan penyanyi asal Barbados, Rihanna tak lupa mengisi track ke-5. Dirilis sebagai CD single dan digital download single pada tanggal 8 Juni 2010 oleh Interscope Records. Posisi #1 dapat diraih Eminem dan Rihanna pada tangga lagu yang paling bergengsi di dunia, U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Record Of The Year”, “Album Of The Year” dan “Song Of The Year”.

6. Lady Antebellum – Need You Now
Jenis musik country tak luput pada album kompilasi ini, buktinya “Need You Now” dari grup musik kontri asal Amerika, Lady Antebellum mengisi track ke-6. Lagu yang ditulis oleh Dave Haywood bersama Josh Kear, Charles Kelley dan Hillary Scott ini pun dirilis oleh Capitol Nashville pada 24 Agustus 2009 sebagai CD single, digital download single dan airplay single. Posisi #2 berhasil ditempati pada U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Record Of The Year”, “Album Of The Year” dan “Song Of The Year”.

7. Arcade Fire – Ready To Start
Salah satu lagu dengan jenis indie rock milik band rock asal Kanada, Arcade Fire turut meramaikan daftar lagu yang muncul pada album kompilasi “2011 Grammy Nominees”. Lagu ini diambil dari album studio Arcade Fire yang judulnya “The Suburbs” dan dirilis sebagai CD single dan digital download single pada 3 Oktober 2010 oleh Merge Records.

Nominasi “Album Of The Year”.

8. Adam Lambert – Whataya Want From Me
Salah satu jebolan American Idol yang berhasil masuk nominasi Grammy Awards. Kali ini Adam Lambert dengan single “Whataya Want From Me” mengisi track ke-8. Track ini diambil dari album studio milik Adam Lambert yang berjudul “For Your Entertainment”. Lagu ini ditulis oleh Alecia ‘Pink’ Moore bersama Max Martin dan Karl ‘Shellback’ Schuster. Sampai saat ini, “Whataya Want From Me” merupakan single Adam Lambert yang paling sukses, posisi #10 pada U.S. Billboard Hot 100 diraih oleh Adam Lambert. Paling tidak lagu dengan jenis pop rock ini menjadi salah satu sejarah dalam Grammy Awards yang ke-53.

Nominasi “Best Male Vocal Perfomance”.

9. John Mayer – Half Of My Heart (Featuring Taylor Swift)
“Half Of My Heart” merupakan duet antara penyanyi asal Amerika, John Mayer bersama penyanyi country pop asal Amerika, Taylor Swift. Digital download single yang dirilis pada 21 Juni 2010 oleh Columbia Records ini berhasil meraih posisi #25 pada U.S. Billboard Hot 100. Taylor Swift seorang penyanyi country pop, sehingga lagu ini sangat kuat dengan nuansa alternative rock dan country rock. Tersedia sebagai track dari album John Mayer yang berjudul “Battle Studies”.

Nominasi “Best Male Vocal Perfomance”.

10. Michael Buble – Haven’t Met You Yet
Pop jazz merupakan aliran musik pada track ke-10, Penyanyi jazz asal Kanada, Michael Buble dengan single “Haven’t Me You Yet”. Lagu yang ditulis Michael Buble bersama Alan Chang dan Amy Foster-Gilles dirilis sebagai CD single pada 31 Agustus 2009 oleh Reprise Records. Posisi #25 pada U.S. Billboard Hot 100 dapat diraih oleh Michael Buble bersama lagu ini. “Haven’t Met You Yet” dirilis juga sebagai track pada album studio “Crazy Love”.

Nominasi “Best Male Pop Vocal Performance”.

11. Bruno Mars – Just The Way You Are
Salah satu lagu yang sering terdengar sepanjang quarter ketiga dan keempat pada tahun 2010, Bruno Mars tampil solo dengan lagu “Just The Way You Are”. Ini merupakan penampilan kedua Bruno Mars pada album kompilasi “2011 Grammy Nominees”. Elektra Records merilis “Just The Way You Are” sebagai lead single Bruno Mars untuk albumnya “Doo-Wops And Hooligans” pada tanggal 20 Juli 2010 dalam bentuk CD single dan digital download single. Lagu dengan aliran R&B ini ditulis oleh Bruno Mars bersama Philip Lawrence, Ari Levine Khalil Walton dan Khai Cain dan juga menempati posisi puncak, yaitu #1 pada U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Best Male Pop Vocal Performance”.

12. Michael Jackson – This Is It
“This Is It” merupakan lagu dengan jenis pop R&B yang dipopulerkan oleh Michael Jackson. Lagu ini ditulis Michael Jackson dan Paul Anka dan direkam antara tahun 1983 sampai 2009. Epic Records memutuskan untuk merilis “This Is It” sebagai single, dan akhirnya resmi dirilis pada tanggal 12 Oktober 2009. “This Is It” juga merupakan lagu Michael Jackson yang kembali nongol pada U.S. Billboard Hot Adult Contemporary Tracks setelah tujuh belas tahun lamanya, posisi #18 diraih melalui single ini.

Nominasi “Best Male Pop Vocal Perfomance”.

13. Ray Lamontagne And The Pariah Dogs – Beg Steal Or Borrow
Ray Lamontagne bersama dengan backing bandnya The Pariah Dogs merilis sebuah digital download single dengan aliran folk rock pada tanggal 2 Juli 2010 dibawah label RCA Records. Lagu ini juga mendapat komentar yang positif dari kritikus musik. Lagu ini bahkan mendapatkan jempol dari American Noise. Lagu ini tersedia sebagai track pada album studio “God Willin’ And The Creek Don’t Rise”.

Nominasi “Song Of The Year”.

14. Miranda Lambert – The House That Built Me
Salah satu lagu dengan aliran jenis musik country mengisi track ke-14, Miranda Lambert dengan single “The House That Built Me”. Lagu country yang ditulis oleh Tom Douglas bersama Allen Shamblin dirilis sebagai digital download single dan airplay single pada 8 Maret 2010 oleh Columbia Nashville. “The House That Built Me” berhasil meraih posisi #28 pada U.S. Billboard Hot 100 dan posisi #1 pada U.S. Billboard Country Songs.

Nominasi “Song Of The Year”.

15. Sade – Babyfather
Band asal Inggris, Sade juga turut meramaikan daftar lagu pada “2011 Grammy Nominees”. Dengan single “Babyfather” yang dirilis oleh Sony Records dalam bentuk digital download single dan CD single pada tanggal 20 April 2010. Lagu dengan jenis reggae, soul dan R&B ini mampu masuk pada U.S. Hot R&B / Hip-Hop Songs dengan meraih posisi #53 dan juga pada U.S. Jazz Songs pada posisi #10. “Babyfather” ditulis oleh Sade Adu bersama Matthewman, Juan Janes dan Andrews Nichols. “Babyfather” tersedia sebagai track pada album “Soldier Of Love”.

Nominasi “Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals”

16. Paramore – The Only Exception
Lagu yang ditulis oleh Hayley Williams bersama Josh Farro mengisi track ke-16, “The Only Exception” adalah judul dari lagu yang berjenis acoustic rock. Dirilis oleh Fueled By Ramen Records sebagai digital download single pada Februari 2010 dan CD single pada 19 April 2010. “The Only Exception” berhasil meraih posisi #24 pada U.S. Billboard Hot 100 dan tersedia sebagai track pada album Paramore yang judulnya “Brand New Eyes”.

Nominasi “Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals”.

17. Train – Hey, Soul Sister [Live]
Track ke-17 diisi oleh grup rock asal Amerika, Train. Lagu yang ditulis oleh Pat Monahan bersama Espen Lind dan Amund Bjorklund ini turut mengisi daftar lagu yang muncul pada album kompilasi “2011 Grammy Nominees” tetapi versi live yang ada pada EP “iTunes Session” yang disuguhkan, bukan versi album yang tersedia pada album “Save Me San Fransisco”, meskipun demikian Train membawakan “Hey, Soul Sister” dengan baik. “Hey, Soul Sister” mampu meraih posisi #3 pada U.S. Billboard Hot 100.

Nominasi “Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals”.

18. Maroon 5 – Misery
Track ke-18 diisi oleh band asal Amerika, Maroon 5 dengan lagu pop rock dan funk rock milik mereka “Misery”. “Misery” yang pernah bertengger pada posisi #14 pada U.S. Billboard Hot 100 dirilis sebagai digital download pada tanggal 22 Juni 2010 oleh Octone Records. Lagu ini ditulis oleh Adam Levine, Jesse Carmichael dan Sam Farrar. “Misery” tersedia sebagai track dari album studio Maroon 5 yang berjudul “Hands All Over”.

Nominasi “Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals”.

19. Glee Cast – Don’t Stop Believin’ [Regional Version]
Kali ini, sebagai track penutup, Jive Records memilih “Don’t Stop Believin’ [Regional Version]” dari Glee Cast. Tahun 2010 lalu, demam Glee sangat gentar di United States sehingga akhirnya Columbia Records merilis “Don’t Stop Believin’” sebagai single pertama Glee Cast. Untuk versi pertama, dirilis dalam bentuk digital download single pada 19 Mei 2009, sedangkan versi yang dipilih pada album kompilasi “2011 Grammy Nominees” adalah Regional Version yang dirilis sebagai digital download single pada 8 Juni 2010. Untuk versi pertama tersedia pada album “Glee: The Music, Volume 1” sedangkan versi regional tersedia pada album “Glee: The Music, Journey To Regionals”. “Don’t Stop Believin’” mampu meraih posisi #2 pada U.S. Billboard Hot 100. “Don’t Stop Believin’” merupakan lagu daur ulang milik Journey yang pernah dirilis sebagai single pada tahun 1981.

Nominasi “Best Pop Performance By A Duo Or Group With Vocals”.

“2011 Grammy Nominees” merupakan album kompilasi yang terbaik pada quarter pertama tahun 2011, bermacam jenis musik ditampilkan pada album kompilasi ini dan juga hampir semua track pernah muncul pada U.S. Billboard Hot 100 yang paling bergengsi di United States dan dunia. Album kompilasi ini layak untuk dimiliki dan dikoleksi. Versi Indonesia sudah dirilis oleh Sony Music Enterteinment Indonesia dan telah beredar awal Februari 2011.

Rate This Album: [ratings]

(Joe Ronald / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply