Trending News

Blog Post

Album of The Day: James Blunt – Some Kind of Trouble
Album of The Day

Album of The Day: James Blunt – Some Kind of Trouble 

Image and video hosting by TinyPicRentang waktu 3 tahun sejak All The Lost Souls dirilis tahun 2007 membuat orang bertanya, apakah memang James Blunt masih bisa bertahan? Apalagi dari dataran yang sama, ada banyak penantang yang tidak boleh diremehkan. Sebut saja Mika dan James Morrison. Tapi melalui album Some Kind Of Trouble, Mr. Blunt membuktikannya. Bahwa dia masih memiliki kemampuan olah vokal yang tidak bisa diremehkan.

Ketika mendengar keseluruhan album, perhatian saya justru jatuh kepada track “Best Laid Plans” yang turut serta ditulis oleh James Blunt sendiri. Ada nada sendu nan meneduhkan. Bahwa inilah range vokal yang sangat dikuasai olehnya. Seperti mendengar You’re Beautiful episode kedua. Sebuah balada yang sangat rapuh. The more that I hold on/ The more that you let go/ And I know, you better let somebody love you.

Bukannya meremehkan atau stuck dalam euphoria single You’re Beautiful, tapi memang rasanya aneh mendengar James Blunt menyanyikan nada-nada riang. Itulah yang terjadi pada track Stay The Night yang didaulat menjadi single pertama. Benarkah ini adalah James Blunt? Dengan instrument andalan berupa gitar yang mendominasi di beberapa bagian. James Blunt memaksa kita mengubah image gloomy menjadi lebih ceria menikmati hidup.

Inilah salah satu bentuk evolusi dalam musik James Blunt. Dia piawai membawa suasana yang berbeda untuk album ini. So Far Gone, yang bercerita mengenai kehilangan, mampu dibawakannya dengan tidak terdengar terlalu rapuh, terlalu galau. Bahwa hidup memang terkadang membawa Some Kind Of Trouble yang mau tidak mau harus dilalui.
Perubahan ini pun diakui oleh James Blunt sendiri. Dalam sebuah percakapan dengan Contact Music, dia berujar “After the last tour, I tried writing at the piano, but I found I was repeating myself, writing sad songs about poor old me. I needed to get away from music for a while. My new songs are more optimistic. One thing I did learn is that your artistic credibility goes out the window when you have a record that big”. Dan itu berarti satu hal. Album inilah jawabannya.

Resmi dirilis pada tanggal 8 November 2010, album ini langsung melakukan debut di posisi nomor 4 UK Album Chart. Begitu pula dengan ekspansi di beberapa negara tetangga, dia berhasil menjadi juara di Jerman, Prancis, dan juga Swiss. Sebuah pencapaian yang sukses untuk album yang harus melawan dominasi pop dance yang sedang mewabah dimana-mana.

Lantas, bagaimana dengan track yang lain? Apakah kita akan kehilangan image gloomy dari seorang James Blunt? Well, anda bisa sedikit bersyukur. Bagi mereka yang sering mengalami badai galau dalam kehidupan, track No Tears, Heart Of Gold, dan If Time Is All I Have bisa menjadi penyelamat. Dengan dominasi sound piano dimana-mana, inilah track yang mempunyai nafas yang kuat. Yang membuat kita yakin, bahwa masih ada benang merah yang terbawa sejak Back To Bedlam dirilis pada tahun 2005. Bagaimana dia menyanyikan sesuatu dengan begitu sendu, begitu bermakna dan memiliki arti yang sangat dalam di tiap liriknya.

Kalau bisa diumpamakan, album inilah sebuah episode berikutnya dalam kehidupan. Setelah episode aksi dan reaksi di kedua album terdahulu, James Blunt mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda. Steve Robson, Greg Kurstin, Eg White, Kevin Griffin, Warren Huart merupakan produser pada kedua belas track dalam album ini. tapi nama Steve Robson lah yang paling bertanggung jawab bagaimana musik dan suasana album ini berbeda dari album terdahulu.

Sebagai twist terakhir, silahkan nikmati I’ll Be Your Mine yang seakan menjadi anti klimaks dari album ini. Dengan suara tepuk tangan disepanjang lagu, musik yang ceria, yang menegaskan bahwa hidup memang terkadang penuh masalah. Bahwa tidak ada yang perlu dicemaskan. Karena ada saya yang menjadi peneman hari. Silahkan dengar album ini untuk sebuncah optimisme dalam melihat hidup dari perspektif yang berbeda. Cheers!

Official Website James Blunt

(iQko / CreativeDisc Contributors)

Rate This Album: [ratings]

Track List:
# “Stay the Night” (Blunt, Robson, Tedder, Marley) – 3:36
# “Dangerous” (Blunt, Robson) – 3:10
# “Best Laid Plans” (Blunt, Hector, Robson) – 3:30
# “So Far Gone” (Blunt, Robson, Tedder) – 3:34
# “No Tears” (Blunt, Hector, Robson) – 3:50
# “Superstar” (Blunt, Kurstin) – 3:49
# “These Are the Words” (Blunt, Hector, Robson) – 3:23
# “Calling Out Your Name” (Blunt, Hector, Robson) – 3:24
# “Heart of Gold” (Blunt, Robson) – 3:31
# “I’ll Be Your Man” (Blunt, Kevin Griffin) – 3:37
# “If Time Is All I Have” (Blunt, White) – 3:25
# “Turn Me On” (Blunt, White) – 2:29

Related posts

Leave a Reply