Trending News

Blog Post

Album of The Day: Norah Jones – …Featuring
Album of The Day

Album of The Day: Norah Jones – …Featuring 

PhotobucketNorah Jones kembali dengan album kelimanya, berjudul ‘…Featuring’ pada awal penghujung tahun yang lalu. Sebuah album berkonsep kompilasi duet antara dirinya dengan berbagai artis musisi. Apa yang dilakukannya memang bukanlah sebuah terobosan baru. Tetapi apa yang dilakukan Norah Jones tetap memberikan nuansa yang berbeda. Sekitar satu dekade lalu, Santana berhasil come back dengan sejumlah hit yang dilakukannya berduet dengan artis muda lainnya yang membuat musik Santana saat itu terdengar begitu segar.

Namun berbeda dengan apa yang dilakukan Santana, Norah Jones justru melakukan kolaborasi dengan artis musisi veteran dan kaliber dari berbagai genre. Sebuah pembeda lainnya adalah album ini konsisten memberikan konsep ‘featuring’ hingga seluruh komposisi lagu di album ini memang benar-benar dilakukan dengan konsep kolaborasi berdua antara Norah dengan artis musisi tamu atau sebaliknya. Konsep di album kompilasi kali ini memang berbeda dan sangat jarang dilakukan oleh artis musisi lainnya, dimana Norah mengumpulkan sejumlah komposisi lagu dimana ia sendiri diundang sebagai pasangan duet oleh artis musisi lain ke dalam album mereka. Tak hanya itu ia juga turut menyertakan komposisi duetnya bersama Dolly Parton dalam ‘Creepin’ In’ yang ada di album ‘Feels Like Home’. Bahkan ia juga menyisipkan sejumlah lagu yang ia tampilkan dalam konser dengan berkolaborasi dengan artis musisi lainnya seperti ‘Loretta’ dimana Norah berkolaborasi dengan Gillian Welch & David Rawlings di tahun 2004. Jadi apa yang dilakukan Norah ini seakan memberi kemudahan bagi para penggemarnya untuk ikut menikmati kepingan-kepingan karya-karyanya yang tersebar di sejumlah album artis lainnya secara utuh, termasuk yang pernah termuat atau tidak dalam susunan lagu album-albumnya sendiri ke dalam satu album yang utuh.

Jadi tak heran jika dalam beberapa komposisi lagu vokal Norah Jones terasa bagai sebuah vokal latar yang tetap memberikan impresi yang kuat ketimbang sebuah kolaborasi duet yang ‘kawin’, seperti yang dapat kita nikmati dalam ‘Virginia Moon’ dimana ia tampil dalam album Foo Fighter berjudul ‘In Your Honor’. Tetapi nuansa duet romantis yang berpadu ‘kawin’ dapat juga kita rasakan dalam ‘Baby It’s Cold Outside’ dimana Norah menjadi pasangan duet Willie Nelson dalam albumnya ‘American Classic’.

Memang jika menengok ke jejak diskografi dari seorang musisi bernama Norah Jones, kita akan melihat evolusi musiknya sejak awal yang membuatnya dikenal dengan julukan bintang baru bernuansa jazz hingga ia kemudian bermain-main dengan nuansa folk dalam album ‘The Fall’. Namun lewat album ‘…Featuring’ ini kita justru akan menemukan kemampuan dan versatilitas seorang Norah Jones dalam mengadaptasi berbagai genre musik, tanpa kehilangan nuansa lullaby yang menjadi ciri khasnya. Ia tak hanya mumpuni mengalunkan nuansa jazzy dalam ‘Court & Spark’ bersama Herbie Hencock, Norah juga mampu membawakan nuansa country blues lewat ‘Love Me’ dengan The Little Willies hingga yang lebih kental dengan pop folk bersama Belle & Sebastian. Kemampuan interpretasinya seakan menyatu dengan nuansa soulful bersama Outkast atau hip-hop ala Talib Kwali. Album kompilasi kali ini memang terdengar bagai perpustakaan khazanah musik dari seorang Norah Jones yang memang layak masuk dalam daftar koleksi musik kita.

Official Website Norah Jones

Rate This Album: [ratings]

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
# Song title Artist Previously released on
1 Love Me The Little Willies The Little Willies
2 Virginia Moon (feat. Norah Jones) Foo Fighters In Your Honor
3 Turn Them (feat. Norah Jones) Sean Bones “Rings”
4 Baby It’s Cold Outside (feat. Norah Jones) Willie Nelson American Classic
5 Bull Rider (feat. Sasha Dobson) Norah Jones Previously unreleased
6 Ruler Of My Heart (feat. Norah Jones) Dirty Dozen Brass Band Come Away with Me (bonus)
7 The Best Part El Madmo “El Madmo”
8 Take Off Your Cool (feat. Norah Jones) OutKast Speakerboxxx/The Love Below
9 Life Is Better (feat. Norah Jones) Q-Tip The Renaissance
10 Soon The New Day (feat. Norah Jones) Talib Kweli Eardrum
11 Little Lou, Ugly Jack, Prophet John (feat. Norah Jones) Belle & Sebastian Belle & Sebastian Write About Love
12 Here We Go Again (feat. Norah Jones) Ray Charles Genius Loves Company
13 Loretta (feat. Gillian Welch & David Rawlings) Norah Jones “Live in 2004”
14 Dear John (feat. Norah Jones) Ryan Adams Jacksonville City Nights
15 Creepin’ In (feat. Dolly Parton) Norah Jones Feels like Home
16 Court & Spark (feat. Norah Jones) Herbie Hancock River: The Joni Letters
17 More Than This (feat. Norah Jones) Charlie Hunter “Songs from the Analog Playground”
18 Blue Bayou (feat. M. Ward) (Live in Austin) Norah Jones “Live from Austin”

Related posts

Leave a Reply