Trending News

Blog Post

February Artist Highlight – James Blunt
Reviews

February Artist Highlight – James Blunt 

Image and video hosting by TinyPic
Musisi 36 tahun ini mungkin tidak pernah menyangka bahwa angin meniupkan hawa musik untuk dirinya. James Hillier Blount, demikianlah nama lahirnya. Lahir di 22 Pebruari 1974 dari keluarga militer. Sang ayah Charles adalah seorang kolonel di angkatan udara Inggris, dan sang ibu Jane adalah seorang ibu rumah tangga. Dengan mewarisi darah militer turun temurun, James Blunt pun pernah mengecap pendidikan militer dan juga kegiatan di bidang pertahanan dan keamanan tersebut, setelah sebelumnya bersekolah mengambil jurusan Sosiologi. Jadi tampaknya kehidupan James memang enggak dekat sama seni musik.

Meskipun demikian, saat dirinya kecil, dia sempat belajar musik. Dia mempelajari piano, biola, dan gitar. Dia juga suka menulis lagu. Bahkan selama dia menjadi anggota angkatan bersenjata, dia sempat menulis lagu ‘No Bravery’ yang kemudian dimasukkan ke dalam album pertamanya yang rilis di tahun 2004 silam. Album “Back To bedlam” adalah rekaman studio pertamanya bersama Atlantic, yang kemudian menjadi album dengan penjualan terbaik di Inggris selama dekade 2000-an. It was massive! Sampai saat ini stasiun radio pasti masih suka memutar ‘Goodbye My Lover’ atau ‘High’, apalagi ‘You’re Beautiful’. Lagu ini memang tak terbantahkan nilai enaknya. Setiap orang yang mendengar punya rasa masing-masing terhadap lagunya. Everyone can relate to it.

Terima kasih kepada Linda Perry yang membuat segalanya tampak indah bagi debut James. Setelah menerima apresiasi yang luar biasa di kandang, ‘You’re Beautiful’ dan “Back To Bedlam” pun sukses saat bertandang ke Amerika Serikat. Lagu ini menduduki posisi pertama di Billboard Hot 100 sementara albumnya bersertifikat double platinum. James Blunt pun mendapat apresiasi yang enggak tanggung-tanggung di ajang Grammy tahun 2007. Dirinya diunggulkan untuk Best New Artist, tapi dia enggak bisa bawa pulang pialanya, berhubung artis yang dinobatkan dalam kategori tersebut adalah American Idol Carrie Underwood. Single ‘You’re Beautiful’ diunggulkan dalam Reacord Of The Year, Song Of The Year, Best Male Pop Vocal Performance, dan album “Back To Bedlam” diunggulkan untuk Best Pop Vocal Album. Tapi sangat disayangkan, tak satupun yang berhasil diraihnya. Setahun sebelumnya, dia dianugerahi penghargaan di kampung sendiri, BRIT Awards, dimana 2 penghargaan berhasil diraihnya; Best Pop Act dan Best Male Vocalist. Kalau kalian ingat, saat James Blunt nge-hit banget di Amerika, saat itu juga Daniel Powter dan Natasha Bedingfield juga ngehit disana.

Berdasarkan kesuksesan yang diterimanya atas debut album, maka dibuatkan sesi live untuk album tersebut yang dikasih judul “CHasing Time: The Bedlam Sessions” di tahun 2006. Dimana album ini dikemas dalam bentuk CD dan DVD. Album keduanya baru muncul setahun kemudian, “All The Lost Souls” yang berisi 10 lagu yang masih dia tulis juga. Album ini juga masih menuai sukses, meskipun suksesnya enggak serupa. Kalau album pertamanya bisa terjual sebanyak 10 juta kopi di seluruh dunia, album ini tidak sanggup menyamai angka tersebut, bahkan setengahnya. Album yang berisi single ‘1973’, ‘Same Mistake’, ‘Carry You Home’, ‘I Really Want You’, dan ‘Love Love Love’ ini berhasil terjual sebanyak 4,5 juta di seluruh dunia. Tapi mengingat faktor pembajakan yang semakin lama semakin marak, keteguhan James dalam angka penjualan albumnya yang jutaan tersebut juga merupakan prestasi yang enggak bisa dipandang remeh. Makanya sesi live untuk album ini pun dibuat, “Less Sessions Lost Souls” di tahun 2008.

Kini, dengan bantuan Steve Robson, Greg Kurstin, Eg White, Kevin Grffin, dan Warren Huart dirinya mengemas 12 lagu dalam album yang dikasih judul “Some Kind Of Trouble”. Album ini punya sound yang baru dari James Blunt. Fresh dan benar-benar beda dari sebelumnya. Makanya, ketertarikan pada cita rasa musik yang baru oleh James Blunt kita sambut dengan menampilkannya sosoknya adalah Artist Highlight di bulan penuh cinta ini. Album yang sudah menelurkan dua single; ‘Stay The Night’ dan ‘So Far Gone’ ini akan memeriahkan kehebohan musik Pebruari kita. Mari putar albumnya dalam volume kencang dan nikmati James Blunt secara total!

Official Website James Blunt

Follow Official Twitter James Blunt @dirtyLilBlunt

Follow Official Twitter Warner Music Indonesia @warnermusicid

Artist Highlight James Blunt by creativedisc

Intro by Ai Hasibuan, Podcast by Danie Cung / CreativeDisc Contributors

Related posts

Leave a Reply

windows 10 pro kaufen office 2019 pro kaufen office 365 pro kaufen windows 10 home kaufen windows lizenz kaufen instagram follower kaufen tiktok follower kaufen windows 10 pro satın al office 2019 pro satın al office 365 pro satın al windows 10 home satın al windows lisans satın al windows 10 satın al