Trending News

Blog Post

Album of The Day: Kings of Leon – Come Around Sundown
Album of The Day

Album of The Day: Kings of Leon – Come Around Sundown 

PhotobucketPertengahan Oktober tahun lalu Kings of Leon merilis album kelima bertajuk ‘Come Around Sundown’. Dibuka dengan ‘The End’ yang megah album ini menawarkan 13 tembang yang masih terbungkus gaya musik Kings untuk dinikmati. ‘The End’ memiliki rona seperti ‘Sex on Fire’ yang melejitkan Kings, bedanya secara lirikal “The End’ terasa begitu melankolis yang mengisahkan tentang kehilangan sekaligus pencarian akan tempat perhentian. Dilanjutkan dengan ‘Radioactive’ yang menuturkan tentang persetubuhan, sperma dan sel telur darimana manusia berasal dibalut dalam metafora kekuatan radioaktif dengan berdetak cepat hingga mampu mengangkat mood. Kings kemudian menenangkan kita dengan sebuah tembang sedikit bernuansa new wave lewat ’Pyro’ yang menuturkan tentang keteguhan prinsip.

Sementara lewat ’Mary’ Kings menawarkan sebuah musik dalam balutan blues dan doo-wop berpadu dengan gaya mereka sendiri. Kings kemudian membawa kita menikmati ’The Face’ yang sederhana tentang perjalanan cinta mengatasi gelombang. Kings juga mengangkat soal penemuan jati diri lewat ’The Immortals’ /I say spinnin on the streets of stars/ And ride away/ Find out what you are face to face/.

Berlanjut dengan ‘Black Down South’ dengan bumbu country yang kental Kings juga melantunkan tentang semangat untuk bertahan hidup. Begitu pula yang terkuak dari ‘Beach Side’. Sementara lewat ‘No Money’ Kings mengajak kita untuk mengungkapkan rasa frustasi saat kita jatuh cinta tapi tak memiliki uang. Kemudian dengan ‘Pony Up’ kita diajak untuk melanjutkan hidup setelah perpisahan dalam melodi yang repetitif namun menarik.

‘Birthday’ sendiri bukan bertutur tentang pesta ulang tahun, melainkan lebih mengangkat tentang persetubuhan dalam metafora suasana ulang tahun. Sementara kembali dengan nuansa blues, Kings kali ini mengangkat tema persahabatan sejati hingga maut memisahkan dalam ’Mi Amigo’. Album ini ditutup dengan tembang ’Pickup Truck’ yang menuturkan tentang kematian. Sebuah penutup yang tepat untuk sebuah album bertajuk ’Come Around Sundown’.

Secara lirikal memang penawaran Kings bukanlah sesuatu yang mudah ditelan mentah-mentah. Kings menawarkan perenungan yang mendalam saat kita mendengarkan musik mereka. Musik mereka sendiri tidaklah terlalu menawarkan sesuatu yang berbeda. Perpaduan antara lirik yang bermakna dalam dengan musik yang lebih kupinggenik menciptakan keseimbangan dalam ’Come Around Sundown’.

Official Website Kings of Leon

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Rate This Album: [ratings]

Track Listing:
No. Title Length
1. “The End” 4:24
2. “Radioactive” 3:26
3. “Pyro” 4:10
4. “Mary” 3:25
5. “The Face” 3:28
6. “The Immortals” 3:28
7. “Back Down South” 4:01
8. “Beach Side” 2:50
9. “No Money” 3:05
10. “Pony Up” 3:04
11. “Birthday” 3:15
12. “Mi Amigo” 4:06
13. “Pickup Truck” 4:44

Related posts

Leave a Reply