Trending News

Blog Post

Album of The Day: McFly – Above The Noise
Album of The Day

Album of The Day: McFly – Above The Noise 

Image and video hosting by TinyPicAlbum yang diproduseri oleh Dallas Austin, Taio Cruz dan Jason Perry ini bisa dikatakan berbeda dengan album-album McFly sebelumnya karena pada album ini tampaknya McFly mencoba untuk keluar dari comfort zonenya yaitu genre Pop/Rock yang memang sudah menjadi genre mereka sejak awal kemunculan pada tahun 2004 dengan album Room On the 3rd Floor dan pada album ini mereka mencoba untuk bermain ke ranah synthpop walaupun masih menyisakan sedikit unsur rock dalam lagu-lagu mereka tetapi dengan porsi yang bisa dibilang kecil. Biang dari semua perubahan ini tentunya adalah Dallas Austin sang produser yang memang kalau dilihat dari catatan sejarahnya Ia biasa bekerja sama dengan Sugababes, Anastacia, Monica dan Joi serta kehadiran Taio Cruz yang juga ikut memproduseri beberapa lagu dalam album ini sehingga tidak heran kalau nafas yang dihembuskan McFly dalam album ini terasa berbeda dengan album-album sebelumnya. Dari segi chart album ini adalah album terburuk McFly karena ini merupakan satu-satunya album yang tidak berhasil menembus Top 10 dan hanya peak di posisi 20.

Album yang berisi 11 track ini dibuka dengan sebuah lagu berjudul End of the World. Mendengar lagu ini kita sudah bisa langsung menyadari bahwa ini bukanlah lagu yang biasa McFly bawakan dengan adanya bunyi-bunyian synth sepanjang lagu. Walaupun mereka masih menggunakan efek distorsi pada gitar namun hal tersebut tidak bisa menutupi bahwa lagu ini didominasi oleh aura synthpop. Track kedua ada lagu yang direlease sebagai single pertama yang berjudul Party Girl. Dalam lagu ini, kita semakin dibuat yakin bahwa McFly memang ingin mencoba sesuatu yang baru dalam album barunya ini karena nuansa electro sangat kental dan bisa mempunyai dance-oriented sound. Track selanjutnya yang berjudul If U C Kate berada dalam suasana yang sama dengan Party Girl. Track ke4 ada sebuah lagu yang direlease sebagai single ke2 oleh McFly berjudul Shine a Light dimana pada lagu ini McFly mengajak serta Taio Cruz. Walaupun masih berada dalam ranah yang sama dengan track sebelumnya namun chorus yang dinyanyikan oleh Taio Cruz mempunyai racun tersendiri dengan pengulangan kata “e-e-e-e” dan penggunaan synth yang tidak berlebihan membuat lagu ini merupakan salah satu lagu terbaik dalam album ini. Lanjut ke track selanjutnya ada lagu berjudul I’ll be Your man yang cukup menyegarkan ditengah-tengah nuansa synth-electropop dalam album ini karena dalam lagu ini McFly sama sekali tidak menggunakan synth dan lagu ini bisa masuk dalam kategori Pop ballad dengan tempo yang relatif lambat. Namun, pada track selanjutnya yang berjudul Nowhere Left To Run McFly kembali lagi ke dalam suasana synthpop. Track ke7 yang berjudul I Need a Woman juga merupakan salah satu track terbaik dan terunik dalam album ini karena lagu ini menggunakanlagu lawas yang berjudul My Girl sehingga anda pasti merasa familiar dengan musik dalam lagu ini. Track selanjutnya ada lagu berjudul That’s The Truth yang sudah direlease menjadi single ke3 untuk album ini pada tanggal 7 Maret 2011 lalu. Kalau anda kangen mendengar musik McFly seperti dalam album-album terdahulu maka lagu ini untuk anda. Pilihan yang tepat sebagai single ke3 karena lagu ini berada dalam ranah yang berbeda dengan 2 single sebelumnya dan merupakan lagu yang outstanding diantara lagu-lagu lainnya dalam album ini. Dua track selanjutnya yang berjudul Take Me There dan This Song tidak mempunyai sesuatu yang spesial dan berada dalam taraf OK. Lagu terakhir dalam album ini berjudul Foolish berhasil menjadi penutup yang baik untuk album ini. Lagu dibuka dengan sound dari string section yang terus mengiringi sepanjang lagu dan lagu ini mempunya chorus yang mudah dicerna. Salah satu lagu terbaik dalam album ini.

Secara keseluruhan album ini tidaklah buruk dibandingkan dengan album-album McFly sebelumnya dan sebenarnya cukup menyegarkan mendengar McFly berani untuk keluar dari genre yang biasa mereka usung. Bagi penggemar McFly yang sudah mengkuti sejak awal kemunculan mereka pastinya tidak akan melewatkan album ini dan bagi anda yang penasaran dengan genre music McFly sekarang silahkan coba dengar album ini.

Official Website McFly

(William Supardi / CreativeDisc Contributors)

Rate This Album: [ratings]

Track List:
1. End Of The World
2. Party Girl
3. If U C Kate
4. Shine A Light ft.Taio Cruz
5. I’ll Be Your Man
6. Nowhere Left To Run
7. I Need A Woman
8. That’s The Truth
9. Take Me There
10. This Song
11. Foolish

Related posts

Leave a Reply