Trending News

Blog Post

Album of The Day: R.Kelly – Love Letter
Album of The Day

Album of The Day: R.Kelly – Love Letter 

Image and video hosting by TinyPicDi tengah-tengah gelombang autotune, electro, dan pop dance yang tengah fashionable, ‘Love Letter’ menjadi karya yang membawa angin segar. Meski rona musik yang diusung R. Kelly toh bukanlah sesuatu yang baru dengan sentuhan retro, namun ia mampu membangkitkan nyawa soft soul ala dekade 60, 70 dan 80-an ke dalam album ini. Dengan kemampuan yang lengkap sebagai penulis lagu, produser dan vokalis, tak heran jika album ini terasa utuh secara konseptual.

Sebagai pembuka tentunya tembang ’Love Letter’ menjadi perkenalan tentang konsep cinta lengkap dengan segala bujuk rayunya. Di jaman serba elektronik ini, rasanya satu di antara sejuta yang terpikir untuk mengirim surat cinta dalam secarik kertas atau selembar kartu. Dan R. Kelly adalah satu di antara sejuta itu. Konsep retro yang diusungnya secara musikal, merupakan tema yang juga diterjemahkannya secara lirik. Ya, menulis surat cinta dalam secarik kertas atau selembar kartu memang merupakan pengalaman retro di tengah era BBM saat ini.
Kalau kita menuliskan surat cinta tentunya untuk menyampaikan bujuk rayu untuk meraih cinta orang yang kita tuju. Demikian juga yang dilakukan Kelly pada tembang berikutnya ’Number One Hit’. Sebagai seorang musisi ia tak perlu memetik kata-kata yang berbunga-bunga, ia cukup mengungkapkan ’It’s like singing in the perfect key
/You are my number one hit’
. Saya yakin jika itu ditujukan kepada kekasih Anda ia akan bertekuk lutut di hadapan R. Kelly.
Hubungan cinta tentu mengalami masa naik turun. Dan melalui ’Not Feelin’ the Love’ Kelly mengungkapkan permohonan untuk memperbaiki hubungan cinta. Sesuatu yang juga merupakan hal yang disampaikan lewat surat cinta.

R. Kelly terus melantunkan bujuk rayu mautnya lewat ’Lost in Your Love’ dan ’Just Can’t Get Enough’. Sementara lewat ‘Taxi Cab’ ia justru menuturkan tentang kisah cinta dan seks semalam di perjalanan dalam sebuah taksi dengan seorang gadis yang baru dikenalnya yang justru menancap begitu dalam di ingatannya.

Yang mencintai musik tentunya cinta mendengarkan radio. Kelly menangkap fenomena tersebut dan menuangkannya dalam ’Radio Message’. Ia seakan menuliskan surat cinta yang mengandung permohonan maaf lewat sebuah pesan ke radio yang mengudarakan nya kepada sang kekasih dengan iringan lagu cinta. Begitu manisnya.
Sementara lewat ’When A Woman Loves’ Kelly melantunkan pemujaan terhadap cinta yang sepenuh dari seorang wanita, dengan gaya vokal ala Percy Sledge dalam “When A Man Loves A Woman’.

Sedangkan dalam ‘Love Is’ R. Kelly dan K. Michelle membawa kita dalam keriangan cinta yang indah. Sementara lewat ‘Just Like That’ Kelly bertutur tentang jatuh cinta pada pandangan pertama.
Dalam ‘Music Must Be a Lady’, sekali lagi Kelly menggunakan musik untuk memuja seorang wanita. Sebuah metafora yang meski terkesan berlebihan namun tak urung juga terasa begitu manis. ‘Love Letter’ ditutup dengan tembang manis lawasnya sendiri ‘How Do I Tell Her?’ serta sebuah lagu tersembunyi yang merupakan versi sampul dari lagu karya Kelly sendiri yang pernah dilejitkan oleh Michael Jackson, ’Your Are Not Alone’.

Album ini tak pelak lagi sebuah album yang layak didengarkan mereka yang sedang jatuh cinta, menjalin cinta atau bermasalah dalam hubungan cinta. Dengan konsep retro yang diusungnya, tembang-tembang dalam album ini terasa kupinggenik. Dan R. Kelly tak hanya membuat nuansa retro dengan gaya musik lawas yang diperbarui, ia juga menyertakan lagu-lagu lamanya sendiri. Kelly juga memikirkan tema aktivitas yang retro terkait dengan cinta, seperti menulis surat cinta dalam selembar kertas atau mengirim pesan melalui radio. Ia bahkan mampu membuat adaptasi gaya vokal ala Percy Sledge dalam ’When A Woman Loves’ hingga sentuhan vokal Michael Jackson dalam ’Not Feelin’ The Love’. Yang pasti album ini akan terasa pas dimainkan saat kita sedang bercinta di atas ranjang.

Official Website R.Kelly

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Rate This Album: [ratings]

Track List:
No. Title Length
1. “Love Letter (Prelude)” 0:49
2. “Love Letter” 4:49
3. “Number One Hit” 4:24
4. “Not Feelin’ the Love” 3:34
5. “Lost in Your Love” 4:34
6. “Just Can’t Get Enough” 3:10
7. “Taxi Cab” 4:00
8. “Radio Message” 3:50
9. “When a Woman Loves” 5:10
10. “Love Is” (featuring K. Michelle) 3:24
11. “Just Like That” 3:19
12. “Music Must Be a Lady” 4:35
13. “A Love Letter Christmas” 5:44
14. “How Do I Tell Her?” 4:20
15. “You Are Not Alone” (hidden track) 4:29

Related posts

Leave a Reply