Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Sonia
Time Tunnel

Time Tunnel: Sonia 

Image and video hosting by TinyPicSaat ditemukan oleh produser Pete Waterman (dari trio produser Stock Aitken Waterman/SAW), Sonia Evans memaksa Pete untuk mendengarkan dia bersenandung lagu 1,2,3-nya Gloria Estefan. Pete langsung terkesima dengan suaranya, kemudian mengajak Sonia untuk bernyanyi live lagu itu kembali di acara radionya.

Pete yang bersama dua rekannya telah terkenal dengan mengorbitkan artis-artis seperti Kylie Minogue, Rick Astley, Jason Donovan, Mel & Kim, Samantha Fox, dan Big Fun lalu menuliskan Single You’ll Never Stop Me From Loving You, yang syair dan melodi nya punya banyak kemiripan dengan lagu Never Gonna Give You Up-nya Rick Astley. Lagu ini langsung meroket hingga mendudukin No. 1 di UK Singles Chart tahun 1990. Saat itu, Sonia baru berusia 18 tahun. Suara altonya yang tebal dan ekspresif, terasa unik membawakan lagu-lagu pop dance tipikal SAW, karena biasanya penyanyi orbitan SAW mempunyai timbre suara yang tipis meksi tetap ekspresif.

Di tahun yang sama, debut albumnya, Everybody Knows, juga dirilis dan masuk Top Ten UK Album Chart. Single-single lainnya dari album ini, yaitu Can’t Forget You, Listen To Your Heart, Counting Every Single Minute, dan End of The World (cover dari lagu Skeeter Davis di tahun 60an), semua masuk ke Top 20 UK chart. Selain itu, dia juga merekam satu single bersama trio Big Fun, You’ve Got A Friend sebagai charity single untuk Childline dan lagi-lagi masuk ke Top 20 chart. Pada masa popularitasnya ini, Sonia juga sempat tampil sebagai bintang TV pada soap opera Brookside di Channel 4, dan juga pada serial komedi situasi Bread.

Tapi dengan pola lagu dan image penyanyi-penyanyi hasil didikan SAW yang goodie-goodie, clean-cut, dan sugary, serta membawakan lagu-lagu pop disko yang ringan, rupanya membuat Sonia jenuh. Di album keduanya “Sonia“, setelah perselisihan masalah kreatifitas dengan trio SAW, dia meninggalkan label PWL dan merilis self-titled albumnya dengan produser Nigel Wright dan executive producer Simon Cowell (yang kemudian lebih terkenal setelah menjadi juri American Idol). Hanya satu single dari album ini yang masuk Top 10 chart, yaitu Only Fools (Never Fall In Love). Namun single You To Me Are Everything (cover dari lagu disko milik The Real Thing di tahun 80an) sempat populer di kalangan Asia termasuk Indonesia. Lagu Strong Without You, slow ballads yang manis juga sempat menjadi radio hits di negara-negara Asia, meski tidak resmi dirilis sebagai single.

Kegagalan mengulang sukses album pertama membuat Sonia berkompromi untuk tampil dalam acara Eurovision Song Contest di tahun 1993, dan dari acara ini dia merilis album Better The Devil You Know yang berisikan empat lagu yang pernah dibawakannya dalam acara tersebut, ditambah 9 lagu remake classic disco seperti Boogie Nights, Rescue Me, Young Hearts Run Free. Album ini pun gagal mengulang suksesnya di tahun 1990 waktu masih bersama trio SAW dan label PWL. Ternyata, meski dianggap musik kacangan, lagu-lagu karya SAW memang sudah terbukti selalu menjadi hits dan sulit ditandingi.

Di tahun 1995, Sonia mencoba kembali merilis album Love Train-The Philly album yang berisikan cover version lagu-lagu era Motown. Single Wake Up Everybody bisa dibilang gagal, bahkan tidak menembus Top 75 UK Charts. Ini kemudian menjadi album terakhir Sonia.

Pada bulan Juni 2009, Sonia merilis single FOOL FOR LOVE sebagai maxi single cd yang memuat versi lagu itu dalam 5 versi remix, yaitu (Groovesisters Radio Edit), (Groovesisters Club Mix), (JSJ In The House
Mix), (Retro Energy Mix), dan (Retro Energy Extended Mix), single ini lebih berorientasi untuk Dance chart.

Akhirnya, pada tahun 2010, debut album Sonia di PWL Records, Everybody Knows, dirilis ulang dalam double CD repackaged dengan beberapa versi remix dari single nya plus dua lagu baru yang belum pernah dirilis pada masa itu, plus single You’ve Got A Friend bersama Big Fun yang belum pernah masuk ke album manapun. Rasanya, Sonia masih akan terus berkarir di dunia musik, terbukti dengan diadakannya live performance secara rutin, membawakan lagu-lagu yang pernah dirilisnya.

Albums:
1990 Everybody Knows
1991 Sonia
1993 Better the Devil You Know
1998 Love Train – The Philly Album
2007 Greatest Hits
2010 Everybody Knows (special edition re-issue)

(Erwin Sagata / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply