Trending News

Blog Post

Album of The Day: Lenka – Two
Album of The Day

Album of The Day: Lenka – Two 

Lenka TwoReleased by: Sony Music Indonesia

Saat Lenka Kripac memutuskan untuk mendalami dunia tarik suara, tampaknya ia tidak tanggung-tanggung dan senantiasa fokus dalam memberikan upaya terbaiknya. Setelah debut menyenangkan ditahun 2008 yang lalu, Lenka kembali lagi untuk menghibur pendengarnya melalui barisan musik berkomposisi manis dan menyenangkan. Mendengar musik Lenka memang asosiasi langsung lekat kepada ranah indie pop yang segar dan manis. Begitu juga dengan album sophomore-nya ini, Two. Lenka masih setia untuk mengkomposisikan serangkaian nada renyah dan tidak menghilangkan ciri khas girlie-nya.

Namun Lenka ingin memberikan sesuatu yang baru disini. Tampaknya ia tidak ingin terjebak pada formula yang repetitif, yang ujung-ujungnya malah akan menjebak dirinya kepada pelabelan secara streotip. Langkah cerdas pun dilakukan dengan mengajak barisan produser yang bercitarasa cukup berbeda dengannya untuk memberikan sentuhan baru dalam musikalitasnya. Masuklah kemudian nama-nama seperti David Kosten (Bat for Lashes), Guy Sigsworth (Bjork) dan Eg White (Adele, Duffy) untuk membantunya.

Maka Two hadir tidak hanya menampilkan sesuatu yang bisa kita harapkan dari Lenka akan tetapi juga dominasi sentuhan elektronika dalam memberi arsiran yang sangat positif dalam menambah luas dinamika lagu-lagunya. Memang tidak semua lagu mendapat jatah sentuhan “elektronik” seperti itu, namun hadirnya single pertama Heart Skips A Beat membuat sedikit pangling dengan musik yang ditawarkan Lenka dan memancing rasa penasaran akan varian baru yang ditawarkannya. Atau You Will Be Mine yang sekilas terdengar seperti lagu yang biasa dibawakan oleh kumpulan The Bird and The Beat. Sedang Shock Me Into Love adalah contoh bagaimana sebuah elektro-indie-pop bisa dihasilkan dengan menarik tanpa harus terdengar rumit.

Dengan pengecualian beberapa lagu diatas, secara keseluruhan komposisi yang memenuhi Two masih setipe dengan album debut Lenka. Hanya saja Two kini terdengar lebih dinamis dan tidak monoton. Ada lagu-lagu sendu yang mengharu biru tanpa terdengar cengeng seperti Here to Stay yang diiiringi oleh lirihnya gitar akustik atau Blinded By Love yang lebih konvensional dan dipengaruhi pop melankolis ala 70-an serta mengandalkan vokal Lenka yang meski tipis namun berkarakter, sehingga lagu terasa sangat menyentuh.

Tujuan Lenka adalah memproduksi lagu-lagu yang indah sekaligus emosionil, karena Two mempunyai tema utama tentang jatuh cinta, sehingga Lenka menginginkan melodi-melodi yang dikomposisi dengan memperhitungkan aransemen notasi secara melankolis. Sementara itu, instalasi elektronika dalam beberapa lagunya merupakan sebuah uji coba bagi Lenka, apakah ia tetap bisa menghasilkan nada yang indah meski dibantu mesin, seperti yang telah dihasilkan oleh Bjork. Maka tidak heran kehadiran Guy Sigsworth cukup efektif dalam membantu Lenka untuk merumuskan musik yang diinginkannya. Setelah menyimak albumnya, saya kira upaya tersebut cukup berhasil.

Dengan lagu yang berjudul Sad Song namun mempunyai warna yang ceria, Lenka tampaknya ingin bermain-main di wilayah ironi, tidak hanya terbatas pada lagu yang awam bercerita tantang romansa dan segala problematikanya. Dalam Everything At Once vokal Lenka terdengar centil tapi tidak berlebihan, sedang dalam Everything OK ia terdengar dewasa dan subtil. Disini terbukti, meski tidak terlalu istimewa, namun Lenka mempunyai jangakauan yang cukup luas melalui vokalnya.

Two adalah pembuktian seorang Lenka ia bukan seorang one-hit-wonder. Saya pernah membaca dalam sebuah wawancara, tujuan Lenka dalam bermusik adalah untuk menghibur orang-orang yang mendengarkan musiknya. Dan Ia tidak keberatan jika caranya untuk itu adalah dengan menghasilkan lagu-lagu yang manis meski terkesan klise. Nah, melallui Two Lenka patut dapat berbangga hati, karena akhirnya Lenka berani keluar dari wilayah amannya dengan mencoba memberikan pendekatan yang baru dalam musikalitasnya. Pada akhirnya, Two adalah album yang justru lebih mengesankan daripada album debutnya. Ditunggu proyek berikutnya dari Lenka.

Official Website

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Rate This Album: [ratings]

TRACK LIST:
01. Two (3:16)
02. Heart Skips A Beat (3:21)
03. Roll With The Punches (3:19)
04. Sad Song (3:25)
05. Everything At Once (2:37)
06. Blinded By Love (3:50)
07. Here To Stay (4:02)
08. You Will Be Mine (3:23)
09. Shock Me Into Love (3:26)
10. Everything’s Okay (3:50)
11. The End Of The World (4:14)

Related posts

Leave a Reply