Trending News

Blog Post

Album of The Day: Nicki Minaj – Pink Friday
Album of The Day

Album of The Day: Nicki Minaj – Pink Friday 

Nicki MinajReleased by: Universal Music Indonesia

Aura merah jambu dipakai oleh Nicki Minaj sebagai perkenalannya dalam debut album “Pink Friday“. Bukan hanya untuk para penggemar, album ini juga ditujukan bagi siapa saja yang pengen mendengarkan sebuah album yang extremely catchy. Di album ini dia enggak hanya mengumbar kehebatan dalam nge-rap, tapi dia juga berlaku sebagai vokalis yang oke banget. Pantas saja Nicki begitu bangga dengan kesanggupannya merilis album solo ini. Pasalnya, dengan ini dia menyejajarkan diri dalam barisan rapper yang meraup sukses setahun ke belakang, seperti Eminem, Kanye West, dan Lil Wayne, begitu juga dengan pendatang baru B.o.B dan Drake. Isn’t it fantastic?

Track pembuka ‘I’m The Best’ merupakan salah satu lagu terbaik di album ini. Aku enggak bisa menyangka kalau lagu ini ternyata bukan bualan. Deklarasi yang dibuat oleh Nicki di dalamnya memang menunjukkan semangat dan kualitasnya sebagai performer. Sama kuatnya dengan ‘Right Thru Me’ yang emang jempolan. Tapi aku tetap memilih ‘You Love’ yang menurutku paling klasik di antara ketiganya. Selain sample dari lagu ‘No More I Love You’s’ di dalamnya, lagu ini adalah item pertama yang menyodorkan betapa versatile-nya seorang Nicki. Dengarkan juga ‘Dear Old Nicki’, ‘Save Me’, dan ‘Did It On Em’. Dijamin puas dengan kreatifitas perumusan musik, lirik yang menggugah, juga gaya nge-rap yang berciri.

Keberhasilan Nicki membuat album solo ini adalah pencapaian pertama yang luar biasa dari pencapaian-pencapaian luar biasa lainnya ke depan. Maklumlah, Nicki kerap tampil di berbagai single sebagai featured artist untuk artis lain seperti Mariah Carey, Christina Aguilera, Jay Sean, Usher, Sean Kingston, dan masih banyak lagi yang mungkin kalau dikumpulkan banyaknya bisa jadi satu album. Maka saat dirinya berhasil membuat satu album dengan dirinya sebagai penampil utama, itu adalah sesuatu yang sudah sangat ditunggu-tunggu. Dan banyak juga artis lain yang berkontribusi baginya di dalam album ini. Ada Natasha Bedingfield yang berkesempatan nyanyi di lagu ‘Last Change’ yang merupakan sebuah urban hip-hop. This one is my most fave track! Selain itu, tentu saja ‘Check It Out’ yang dibawakan bareng will.i.am. Lagu yang komikal, unik, cute, dan lucu ini bisa jadi favorit kalian.

Sesama rapper pun ada tampil disini. Eminem di ‘Roman’s Revenge’, Drake di ‘Moment 4 Life’, dan Kanye West di ‘Blazin’. Masing-masing membawa gaya hip-hop sendiri-sendiri, sehingga ketiganya berbaur dengan style Nicki. Full of anger di ‘Roman’s Revenge’, urban beat ditambah manisnya sound dari music box di ‘Moment 4 Life’, juga sound futuristik di ‘Blazin’. How can you ask for more? Tapi kalau memang seandainya itu semua kurang buat kamu, masih ada track berjudul ‘Fly’ yang bagian chorusnya dibawakan oleh Rihanna. Jangan ingatkan lagi bagaimana cocoknya suara Rihanna ketika menyanyikan bagian terasyik dari sebuah lagu ya. Bereferensilah dari ‘Love The Way You Lie’, ‘Live Your Life’, dan juga ‘Run This Town’. Dan dengan itu semua, “PInk Friday” is the sweetest Friday you ever had!

My Pink Friday Official Website

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Rate This Album: [ratings]

TRACK LIST:
1. “I’m the Best” Onika Maraj, Daniel Johnson KANE 3:37
2. “Roman’s Revenge” (featuring Eminem) Maraj, Kaseem Dean, Marshall Mathers, T. Smith Swizz Beatz 4:38
3. “Did It On’em” Maraj, Seandrae Crawford, J. Ellington, S. Samuels Seandrae “Mr. Bangladesh” Crawford 3:32
4. “Right Thru Me” Maraj, Stephen Hacker, Joe Satriani, Andrew Theilk Drew Money 3:56
5. “Fly” (featuring Rihanna) Maraj, Kevin Hissink, W. Jordan, Jonathan Rotem, C. Rishad J. R. Rotem; Kevin Hissink* 3:32
6. “Save Me” Maraj, Warren Felder, Pop Wansel Oak, Pop Wansel 3:05
7. “Moment 4 Life” (featuring Drake) Maraj, Aubrey Graham, Nikhil Seetharam, Tyler Williams T-Minus 4:39
8. “Check It Out” (featuring will.i.am) Maraj, William Adams, James Brown, Geoffrey Downes, Trevor Horn, Bruce Woolley will.i.am 4:11
9. “Blazin” (featuring Kanye West) Maraj, Kanye West, Theilk, K. Forsey, S. Schiff Drew Money 5:02
10. “Here I Am” Maraj, Dean, J. Williams, Robbie Bronnimann Swizz Beatz, John B* 2:55
11. “Dear Old Nicki” Maraj, Johnson KANE 3:53
12. “Your Love” Maraj, David Freeman, Joseph Hughes, Wansel, Felder Oak, Pop Wansel 4:05
13. “Last Chance” (featuring Natasha Bedingfield) Maraj, Natasha Bedingfield, Theilk Drew Money 3:51

Dari bookletnya, beberapa lagu di atas mengambil sample dari lagu lain. Bukan hanya ‘Your Love’ yang mengambil sample lagu ‘No More I Love You’s’ milik Annie Lenox, tapi juga ‘Right Thru Me’ yang mengambil sample ‘Always With Me, Always With You’ dari Joe Satriani, ‘Check It Out’ sample ‘Video Killed the Radio Star’ dari The Buggles dan ‘Think (About It)’ dari Lynn Collins, ‘Blazin’ sample ‘Don’t You (Forget About Me)’ dari Simple Mind, ‘Here I Am’ sample ‘Red Sky’ dari John B dan Shaz Sparks. Juga ada sample untuk ‘Save Me’, dimana gebukan drum-nya adalah theme dari The Powerpuff Girls.

Related posts

Leave a Reply