Trending News

Blog Post

Album of The Day: Ronan Keating – Duet
Album of The Day

Album of The Day: Ronan Keating – Duet 

Ronan KeatingMenurut Ronan Keating dirinya memiliki hubungan yang luar biasa dengan Australia dan New Zealand. Pecinta musik di kedua negara itu telah menyambutnya dengan tangan terbuka dan membuat Ronan merasa bagian dari kedua bangsa itu. Karena itu ia sangat berterima kasih. Itulah sebabnya ia ingin merilis album yang istimewa untuk kedua bangsa itu. Dalam album itu Ronan akan mengungkapkan kalau ia akan beroleh kesempatan untuk berkolaborasi dengan bakat-bakat yang berasal dari kedua negara itu. Dan itu akan menjadi inspirasinya.

Hasilnya adalah album berjudul ‘Duet’ yang dirilis akhir tahun lalu. Ronan Keating belum pernah terdengar begitu riang dan segar seperti dalam album ini. Terkenal dengan lagu-lagu balada dan daur ulang yang menjadi ciri khasnya, Ronan seakan tenggelam dalam konsistensi yang menjenuhkan. Tapi dengan ‘Duet’ yang diproduseri oleh Greg Wells.

Dalam album ini meski ia masih juga melantunkan tembang-tembang lawas namun Wells tampaknya sukses membuat komposisi yang pas hingga Ronan terdengar lebih muda. Seperti yang diungkapkannya, ia berkolaborasi dengan artis yang berasal dari Australia yang juga pemenang Aussie Idol seperti Guy Sebastian serta salah satu kontestannya Paulini termasuk rekan sekampung halaman Ronan, Brian McFadden, yang kini rupanya menetap di Aussie. Ia juga mengajak serta Adeaze, sebuah grup, serta Hayley Westenra yang berasal dari New Zealand. Tak hanya itu ia juga mengajak serta bintang-bintang internasional untuk mengisi album ini seperti LeAnn Rimes, Lulu, Cat Stevens dan Elton John.

Musiknya sendiri terdengar begitu beragam mulai dari pop balada dan rock hingga reggae funk serta crossover. Dibuka dengan ‘Say Say Say’ bersama Adeaze, lagu yang riang ini bahkan terdengar lebih baik dengan memasukkan elemen funk yang diselipkan daripada duet aslinya antara Jacko dan McCartney. Di sisi lain nuansa reggae kembali dimunculkan lewat kolaborasi dengan anak lelaki pelantun reggae legendaries Maxi Priest, Marvin Priest dalam ‘Wild World’. Sementara ikatan bromance antara Ronan dan Guy membuat lagu ‘All For One’ yang aslinya dilantunkan bertiga tak kehilangan sengatannya. Demikian juga yang terjadi dengan Brian McFadden dalam tembang ‘To Love Somebody’. Nuansa dance yang kuat dengan sentuhan electro membuat tembang ‘Believe Again’ dan Ronan terdengar begitu segar dan berbeda. Sementara elemen country pop yang ringan begitu terasa lewat kolaborasi dengan trio gadis The Mcclymonts dalam ‘Islands in the Stream’, vocal country Lee Kernaghan di ‘The Long Goodbye’ dan LeAnn Rimes lewat ‘Last Thing On My Mind’. Ronan kembali dengan akar baladanya yang terasa sangat kuat dengan kolaborasi bersama Cat Stevens dalam ‘Father & Son’ serta rekaman penampilannya di New York bersama Elton John melantunkan ‘Your Song’. Interpretasi vocal Lulu dalam ‘We’ve Got Tonight’ membuat kolaborasi dengan Ronan dalam tembang ini terasa bagai balada rock. Album ini ditutup dengan duet antara Ronan dan Hayley yang membuat ‘It’s Only Christmas’ terasa begitu berpadu dan terdengar sangat manis.

Official Website

(Timmy / CreativeDisc Contributor)

Rate This Album: [ratings]

Track List:
1. “Say Say Say” (featuring Adeaze) — 3:49
2. “All for One” (featuring Guy Sebastian) — 4:44
3. “Believe Again” (featuring Paulini) — 3:39
4. “To Love Somebody” (featuring Brian McFadden) — 3:22
5. “Islands in the Stream” (featuring The McClymonts) — 3:59
6. “Wild World” (featuring Marvin Priest) — 3:20
7. “The Long Goodbye” (featuring Lee Kernaghan) — 4:11
8. “Last Thing on My Mind” (featuring LeAnn Rimes) — 3:57
9. “Father & Son” (featuring Cat Stevens) — 3:21
10. “We’ve Got Tonight” (featuring Lulu) — 3:37
11. “Your Song” (featuring Elton John) (Live 2000 / Madison Square Garden, New York) — 4:06
12. “It’s Only Christmas” (featuring Hayley Westenra) — 3:25

Related posts

Leave a Reply