Trending News

Blog Post

Albums with 4 #1 Billboard Hot 100
Album of The Day

Albums with 4 #1 Billboard Hot 100 

Katy Perry adalah penambahan terbaru dalam daftar ini. Setelah dia berhasil menjuarakan ‘E.T.’ di Billboard Hot 100, maka kita diajak serta untuk melihat ke belakang, siapa-siapa saja yang sebelumnya berhasil menorehkan prestasi yang sama dengan today’s pop princess tersebut.

satnitefeverSaturday Night Fever Soundtrack (1977).
Tadinya, album soundtrack bukanlah sesuatu yang berdampak ke musik pop, hingga akhirnya album soundtrack “Saturday Night Fever” ini dirilis. Album ini langsung menjadi sesuatu yang menghubungkan kesuksesan di pasar musik pop yang digandeng oleh sebuah film. Album ini sering diasosiasikan dengan Bee Gees, yang berkontribusi sekitar separuh dari isi album, termasuk hit ‘How Deep Is Your Love’ yang jadi lagu nomor 1 di tahun 1997, ‘Staying Alive’ dan ‘Night Fever’ di tahun 1978. Juga lagu ‘If I Can’t Have You’ yang Bee Gees tulis dan direkam oleh Yvonne Elliman yang menjadi nomor 1 di tahun 1978. Albumnya sendiri berhasil mencetak angka penjualan sebanyak 16 juta kopi. Data untuk lagu nomor 1 dari album ini adalah:
3 pekan: How Deep Is Your Love
8 pekan: Night Fever
1 pekan: If I Can’t Have You
4 pekan: Stayin’ Alive

whitneyWhitney Houston – Whitney (1987).
Di akhir dekade 80-an hingga 90-an adalah masa-masa subur bagi album untuk mencetak lagu nomor 1 di Billboard Hot 100. 6 dari 9 album yang mencetak prestasi ini berasal dari rentang waktu tersebut. Setelah MJ, ada Whitney Houston dengan album keduanya “Whitney”. 4 buah hit dibagi ke dalam 2 periode tahun, 1987 dan 1988. Yang berhasil menjadi hit duluan adalah ‘I Wanna Dance With Somebody (Who Loves Me)’ dan disusul ‘Didn’t We Almost Have It All’. Dan di tahun berikutnya, giliran ‘So Emotional’ dan ‘Where Do Broken Hearts Go’ yang giliran menyicipi top spot. Keempatnya menambah daftar lagu nomor 1 Whitney, setelah album pertamanya menyumbang 3 biji. Album yang terjual sebanyak 9,5 juta keping ini secara menggembirakan menyumbang hit:
2 pekan: I Wanna Dance with Somebody (Who Loves Me)
2 pekan: Didn’t We Almost Have It All
1 pekan: So Emotional
2 pekan: Where Do Broken Hearts Go

FaithGeorge Michael – Faith (1987).
Single pertama dari album George Michael yang “Faith” ini hanya mampu berada di posisi runner-up, tapi selanjutnya, 4 single berhasil menjadi juara. Album yang akhirnya terjual sebanyak 10,5 juta kopi ini lebih dahulu menjuarakan lagu ‘Faith’ di tahun 1987, dan tiga buah lagu nomor 1 berikutnya dicetak di tahun 1988; ‘Father Figure’, ‘One More Try’, dan ‘Monkey’. Bagi yang belum pernah punya album ini, “Faith” dirilis ulang dalam rangka perayaan tahun perunggu perilisannya:
4 pekan: Faith
2 pekan: Father Figure
3 pekan: One More Try
2 pekan: Monkey

Paula AbdulPaula Abdul – Forever Your Girl (1988).
Mantan juri American Idol juga nge-hits banget di akhir dekade 80-an lho. Buktinya aja, albumnya “Forever Your Girl” berhasil mencetak 4 buah hit di tahun 1989 hingga tahun 1990. Meskipun single pertamanya hanya mampu bercokol di posisi 3, tapi akhirnya Paula bisa nangkring di puncak tangga lagu Billboard dengan ‘Staright Up’ di tahun 1989. Disusul oleh ‘Forever Your Girl’ dan ‘Cold Hearted’ di tahun yang sama. Dan single terakhir dari album ini juga berhasil mencicipi posisi paling bergengsi tersebut di tahun 1990, ‘Opposites Attract’. 8,5 juta kopi hasil penjualan album ini, sangat memuaskan!
3 pekan: Straight Up
2 pekan: Forever Your Girl
1 pekan: Cold Hearted
3 pekan: Opposites Attract

Janet JacksonJanet Jackson – Rhythm Nation 1814 (1989).
Simak yang satu ini, “Rhythm Nation” oleh Janet Jackson adalah satu-satunya album dengan 7 lagu yang berhasil masuk Top 5! Mantap ga tuch? Album ini juga masuk daftar karena punya 4 buah lagu nomor 1, dimulai di tahun 1989 dengan lagu ‘Miss You Much’. Dan selanjutnya, di tahun 1990 ‘Escapade’ dan ‘Black Cat’ berhasil menjadi juara. Sebagai penutup, di tahun 1991 ‘Love Will Never Do (Without You)’ yang jadi juara. Seru juga album yang udah terjual sebanyak 9 juta kopi ini, pasalnya single ke-6 dan ke-7 nya sanggup jadi juara Billboard:
4 pekan: Miss You Much
3 pekan: Escapade
1 pekan: Black Cat
1 pekan: Love Will Never Do (Without You)

Mariah CareyMariah Carey – Mariah Carey (1990).
Catat juga yang satu ini, album pertama Mariah Carey menjadikan 4 single berturut menjadi lagu juara, ini menjadikannya sebagai penyanyi cewek terakhir (sebelum akhirnya gelar itu jatuh ke tangan Katy Perry) yang punya 4 lagu nomor 1 dari sebuah album, dan menjadi penyanyi kedua yang berpprestasi demikian dari debut albumnya setelah Paula Abdul. Dari tahun 1990 sampai 1991 mencetak hit ‘Visions Of Love’, ‘Love Takes Time’, ‘Someday’, dan ‘I Don’t Wanna Cry’. Album yang berhasil terjual sebanyak 9 juta kopi ini membawa Mariah ke jajaran artis papan atas!
4 pekan: Vision of Love
3 pekan: Love Takes Time
2 pekan: Someday
2 pekan: I Don’t Wanna Cry

UsherUsher – Confessions (2004).
Selama pertengahan hingga akhir dekade 90-an, kebanyakan artis hanya sedikit merilis single dari album mereka, sehingga daftar tidak kunjung memanjang. Butuh kurang lebih 14 tahun untuk kembali mendapatkan album yang punya 4 lagu nomor 1, dan selanjutnya adalah giliran Usher dengan album “Confessions”. Tiga single pertamanya mendominasi chart dengan jarak yang sangat rapat, hanya satu pekan di antara 28 Februari hingga 31 Juli dimana Usher enggak ada di puncak Billboard Hot 100. Pertama ‘Yeah!’, dilanjut ‘Burn’ dan ‘Confessions Part II’. Lalu di bulan Oktobernya giliran ‘My Boo’ yang jadi juara. Single ini sebelumnya enggak ada di dalam album “Confessions”, tapi ada di rilisan ulangnya. Jadi agak abu-abu memang album ini bisa masuk dalam daftar. Tapi penjualan sensasionalnya sebanyak 10 juta kopi hebat banget!
12 pekan: Yeah!
8 pekan: Burn
2 pekan: Confessions Part II
6 pekan: My Boo

KatyPerryKaty Perry – Teenage Dream (2010).
6 tahun berselang dari Usher, muncullah album “Teenage Dream” yang berhasil membuat single pertamanya, single keduanya, single ketiganya, hingga single keempatnya menjadi juara di Billboard Hot 100. Sejauh ini, album kedua Katy Perry ini sudah terjual sebanyak 1,3 juta kopi, dan di tahun 2010 kemarin mencetak hit ‘California Gurls’ dan ‘Teenage Dream’. Hingga di akhir tahun sampai awal tahun 2011, ‘Firework’ menjadi juara. Single keempatnya yang dirilis pada tahun 2011 ‘E.T.’ dengan asyiknya menggeser posisi juara yang sebelumnya dihuni oleh Lady Gaga. Kalaulah “Teenage Dream” ini akan dirilis ulang dan single-nya kemudian berkesempatan nongkrong di posisi juara, MJ enggak akan sendirian lagi sebagai pencetak satu album dengan 5 lagu nomor 1.
6 pekan: California Gurls
2 pekan: Teenage Dream
4 pekan: Firework
sejauh ini 2 pekan: E.T.

HONORABLE MENTION
badMichael Jackson – Bad (1987).
Ternyata butuh satu dekade untuk menemukan album yang bisa mencapai prestasi sebelumnya, bahkan lebih! Karena di tahun 1987, album “Bad” milik Michael Jackson berhasil mencetak tidak hanya 4 lagu nomor 1, tapi 5. Meskipun “Thriller” adalah album tersukses King of Pop ini, tapi “Bad” adalah album dengan paling banyak hit! Di tahun 1987 ada ‘I Just Can’t Stop Loving You’ dan ‘Bad’ yang menduduki posisi 1, dan di tahun 1988 ada ‘The Way You Make Me Feel’, ‘Man In The Mirror’, dan ‘Dirty Diana’. Penjualan “Bad” juga jauh dari kata buruk, terjual sebanyak 10 juta kopi. Sampai sekarang, baru “Bad” yang berhasil mencetak prestasi demikian:
1 pekan: I Just Can’t Stop Loving You
2 pekan: Bad
1 pekan: The Way You Make Me Feel
2 pekan: Man in the Mirror
1 pekan: Dirty Diana

( Ai Hasibuan / Creativedisc Contributors )
Credit to: Hendra

Related posts

Leave a Reply