Trending News

Blog Post

Album of The Day: Alter Bridge – ABIII
Album of The Day

Album of The Day: Alter Bridge – ABIII 

Released by: Warner Music Indonesia

Mungkin akan terdengar sedikit naif jika menyebutkan Alter Bridge sebagai Creed versi 2.0, namun dengan nama-nama bekas pentolan Creed di belakangnya, Mark Tremonti, Brian Marshall, dan Scott Phillips, maka kesan itu susah untuk dihilangkan, apalagi Alter Bridge memiliki jenis musik yang serupa.Tanpa bermaksud untuk membanding-bandingkan, kedua band ini mempunyai kelebihan tersendiri dan lebih baik di sini kita membicarakan album ketiga Alter Bridge yang berjudul ABIII.

ABIII memiliki jangkauan musikalitas yang cukup luas, dimana pilihan lagu-lagu yang terkemas di dalamnya tidak hanya menampilkan kemampuan Alter Bridge dalam mengolah momen-momen rockabilitasnya, akan tetapi juga pilihan atmosfer dan harmoni yang ditampilkan. Menurut Alter Bridge, kali ini mereka memilih album yang tidak memiliki tema khusus dan bermain dengan banyak hal. Tidak hanya terkesan gahar, garang dan keras juga muram, namun juga semangat dalam positifisme dan bahkan subtil di beberapa bagian.

Tentu saja album memiliki lagu-lagu seperti I Know It Hurts, Still Remains atau single pertama mereka, Isolation, yang bertempo sangat kencang dan riff gitar yang meraung. Namun album ini juga memberikan kita lagu-lagu seperti Wonderful Life dan Life Must Go On, sebuah rock mid-tempo yang harmonis dimana vokal Myles Kennedy terdengar lebih lembut daripada biasanya.

Dibuka oleh Slip To The Void yang menampilkan aransemen kelam dan diimbuhi oleh vokal Myles yang menawang, sampai ia kemudian ia berubah tempo menjadi sangat kencang, namun tak kehilangan sentuhan gelap tadi. Ini seolah-olah menjadi indikasi akan materi yang akan diberikan oleh Alter Bridge di album ABIII ini. Album ditutup oleh Word Darker Than Their Wings yang memiliki struktur yang mirip meski diaransemen dengan tone yang berbeda, lebih cerah dan mengandung unsur positifisme.

Nah, diantara kedua lagu tersebutlah ABIII dipenuhi dengan berbagai varian rock yang sangat dikuasai oleh Alter Bridge. Jam terbang mereka tampaknya telah membuktikan keampuhan dalam mereka ensemble rock yang teruji. Berbeda dengan saat diawal-awal karir, saat masih bergabung di kumpulan musik mereka terdahulu, dimana sulit dihindarkan kesan garing dalam aransemen musiknya, meski harus diakui mempunyai materi yang bagus.

Mungkin bagi sebagian orang, apalagi yang familiar dengan dua album sebelumnya, ABIII tidak memenuhi ekspektasi mereka, akan tetapi album ini jelas merupakan sebuah album rock yang berkualitas. Fast paced, anthemik, growling, akan tetapi tetap mudah dicerna. Album ini seolah menjadi ajang pembuktian jika Alter Bridge terus bergerak, progresif dan tidak melulu berputar disatu titik, meski tidak pernah lepas dari akarnya. Sangat direkomendasikan untuk yang ingin mendengarkan koleksi hard-rock yang bagus.

Official website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
1. “Slip to the Void” 4:55
2. “Isolation” 4:15
3. “Ghost of Days Gone By” 4:26
4. “All Hope Is Gone” 4:51
5. “Still Remains” 4:47
6. “Make It Right” 4:18
7. “Wonderful Life” 5:22
8. “I Know It Hurts” 3:57
9. “Show Me a Sign” 5:58
10. “Fallout” 4:24
11. “Breathe Again” 4:24
12. “Coeur d’Alene” 4:33
13. “Life Must Go On” 4:34
14. “Words Darker Than Their Wings” 5:21

Related posts

Leave a Reply