Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jennifer Hudson – I Remember Me
Album of The Day

Album of The Day: Jennifer Hudson – I Remember Me 

Salah satu alumni Idol paling sukses dalam sejarah, Jennifer Hudson, kembali setelah kesuksesannya dalam meraih sejumlah penghargaan musik dan akting sekaligus mengalami titik nadir pengalaman paling emosional dengan terbunuhnya sang ibunda, adik serta keponakan juga kelahiran putra tercinta. Ia kembali dengan penampilan baru setelah berhasil menurunkan massa tubuhnya sebanyak 40 kg. Nampaknya kali ini tak perlu ada touch up memperkecil pinggang pada sampul albumnya seperti yang tampak begitu kasat mata pada sampul album perdananya. Hudson ingin agar albumnya kali ini meningkat dalam berbagai hal mulai dari citra yang ingin ditampilkannya hingga subyek dalam lagu-lagunya. Ia pun kemudian mengajak sejumlah penulis lagu dan produser seperti Ne-Yo, Alicia Keys, Rich Harrison, Salaam Remi, R.Kelly, Harvey Mason, Jr., Ryan Tedder, termasuk membawakan ulang tembang lawas Diane Warren yang pernah dilantunkan Natasha Beddingfield ‘Still Here’.

Sepertinya memang seorang Jennifer Hudson dengan talenta dan vokalnya yang luar biasa seakan belum menyentuh puncak kepopulerannya sebagai seorang biduan. Apa yang diraihnya selama ini adalah berkat kemampuan vokal dipadukan dengan akting yang menawan. Tapi sebagai seorang yang disebut-sebut sebagai Diva dari eranya, ia belum memiliki satu pun single hit yang benar-benar melejitkan namanya. Suatu kenyataan yang sulit dipercaya. Dengan trend auto tune yang sedang fashionable saat ini, kemampuan vocal Hudson memang seakan tenggelam dari radar. Album perdananya pun seakan sebagai sebuah pencarian sekaligus coba-coba meramu komposisi yang tepat dari kemampuan vokal, interpretasi emosi yang kuat dari Hudson dengan trend aliran music yang sedang berkembang. Sementara album ini mungkin tidak memiliki material hit yang fashionable namun kali ini Jennifer Hudson berhasil menyisipkan bobot emosi ke dalam materi lagu-lagunya lewat petikan lirik maupun interpretasi vokalnya.

Namun album kedua Hudson kali ini sedikit berbeda. Memang Hudson seakan belum menemukan resep yang pas untuk album maupun tembang yang mampu melejitkan kembali namanya ke jajaran kebintangan. Tapi apa yang diusahakannya kali ini memang patut dihargai. Hudson berusaha tampil lebih dewasa, tak lagi sekedar mengikuti trend. Musiknya kali ini terdengar lebih dewasa. Album yang mengandung 12 tembang ini dibuka dengan pernyataan /I’ve been through some things/ oleh Hudson lewat ‘No One Gonna Love You’, sebuah tembang bergaya R&B klasik yang didominasi alunan piano. Dengan begitu banyak kejadian dramatis yang dialaminya, toh Hudson menunjukkan kalau ia tak membutuhkan belas kasihan berlebihan dan ia mampu melanjutkan hidup lewat ‘I Got This’. R. Kelly menorehkan sebuah tembang tentang menyuarakan kehilangan Hudson pada keluarganya lewat ‘Where You At’. Sementara lewat ‘Angel’ dalam balutan atmosfir soul, sang biduan seakan merayakan kelahiran sang buah hati dan menemukan kebahagiaannya kembali. Berlanjut dengan ‘I Remember Me’ yang ditulis oleh Ryan Tedder, peraih Grammy dan Oscar ini seakan memberikan semangat kepada mereka yang harus mengalami masa-masa sulit untuk terus melanjutkan hidup /do or die/. ‘Gone’ menjadi semacam peringatan dari Hudson bagi kita agar menyiapkan diri menghadapi kehilangan di masa depan dengan nada riang tanpa terkesan menyedihkan. Keriangan berlanjut dengan nuansa disco saat Hudson merayakan cinta dengan ‘Everybody Needs Love’. Kemudian dengan ‘Why Is It So Hard’ ia kembali menyuarakan kalau cinta sejati bukanlah cinta gampangan yang mudah diraih /But this is the one time I don’t care about the easy way, no/. Hudson kemudian membawa kita mengalami cinta yang mengangkat kita menuju angan dan cita lewat ‘Don’t Look Down’. Sebuah tembang balada dalam balutan R&B kontemporer Hudson melantunkan kenangan akan orang yang dicintai terus hidup dalam hati lewat ‘Still Here’. Ia kemudian mengumandangkan kalau ia baik-baik saja melalui ‘Feeling Good’ melewati berbagai kejadian dramatis dalam hidupnya. Ia kemudian menutup album ini dengan keyakinan akan kekuatan kehidupan lewat ‘Believe’.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Timmy Malachi / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “No One Gonna Love You” Rich Harrison[23] Rich Harrison[24] 3:48
2. “I Got This” Tor Erik Hermansen, Mikkel S. Erikssen StarGate 3:22
3. “Where You At” Robert Kelly[25] Harvey Mason, Jr. 3:47
4. “Angel” Alicia Keys, Kasseem Dean[24] Swizz Beatz, Alicia Keys 3:29
5. “I Remember Me” Jennifer Hudson, Ryan Tedder[26] Ryan Tedder 4:10
6. “Gone” Ester Dean, Chauncey Hollis, M. Franklin, Jamal Jones[27] HitBoy, songvibe[28][29] 3:38
7. “Everybody Needs Love” Keys Swizz Beatz 3:14
8. “Why Is It So Hard” Shaffer Smith 3:46
9. “Don’t Look Down” Keys, Salaam Remi[24] Keys, Salaam Remi 3:23
10. “Still Here” Diane Warren 3:41
11. “Feeling Good” Anthony Newley, Leslie Bricusse 2:16
12. “Believe” Ronnie Dunn, Craig Wiseman[30] Mason 4:58

Related posts

Leave a Reply