Trending News

Blog Post

Album of The Day: Neon Trees – Habits
Album of The Day

Album of The Day: Neon Trees – Habits 

Released by: Universal Music Indonesia

Single Animal begitu menarik untuk didengar, sehingga tidak heran beberapa iklan komersial memakai lagu tersebut. Bahkan serial musikal ternama Glee pun tak mau kalah untuk melakukan cover single tersebut. Tidak heran kumpulan yang mengaransemen lagu tersebut, Neon Trees sontak menadapat perhatian lebih. Dan percayalah, mereka memang layak untuk mendapatkan itu, karena album perdana mereka, Habits, adalah sebuah kumpulan kompisisi rock yang sangat menarik untuk disimak.

Mulai dari garage rock seperti Love and Affection, pop-punk seperti Animal atau hair-rock seperti 1983, rock adalah ruh yang memenuhi atmosfir album. Kuartet asal Utah yang terdiri atas Tyler Glenn (vokal, kibor), Chris Allen (gitar), Branden Campbell (bass, vokals) dan Elaine Bradley (drums, perkusi, vokal) tampaknya memang mencintai rock dengan tulus, sehingga kecintaan mereka kemudian dituangkan dalam berbagai komposisi yang mereka jabarkan di album ini.

Namun, jangan mengerutkan kening dulu jika tidak terlalu doyan lagu-lagu bergaya rock, karena dengan infusi tabuhan gitar yang ringan, melodi yang sangat harmonis dan hook-hook yang catchy, lagu-lagu yang terdapat dalam Habits adalah lagu-lagu pop yang sangat mudah untuk dicerna dan juga disukai.

Your Surender mengingatkan akan lagu-lagu murung ala The Killers meski tanpa kesuraman ala vokal Brandon Flowers. Sedang Girls and Boys in School seperti Franz Ferdinand dalam versi yang lebih nge-dance dan ringan. Tapi jangan sampai perumpamaan seperti ini menafikan kekuatan Neon Trees untuk menghasilkan sound-sound orisinil versi mereka.

Vokal Glenn yang khas mengantarkan aura rock yang jenial sedang teman-temannnya dengan kompeten memainkan instrumen mereka dan merangka musik-musik dengan sturktur yang cerdas, nyaman ditelinga namun tidak kehilangan akarnya. In The Next Room yang dibuka dengan sentuhan bergaya jazzy dan kemudian berkembang dalam bentuk sebenarnya, rock, seolah menegaskan betapa luasnya sebenarnya referensi musikalitas kumpulan ini.

Dengan pemilihan tema-tema lagu yang cenderung bersifat personal, namun dapat direlasikan secara luas, tampaknya Neon Trees tak ingin berpretensi menjadi band yang tersegmentasi. Dalam arti yang sederhana mereka sadar bahwa musik yang mereka usung tidak terlepas dari kemasan pop yang awam. Akan tetapi Habits juga adalah pembuktian jika mereka tidak menjanjikan musikalitas yang jenerik.

Album ditutup dengan Farther Down, sebuah lagu yang sangat emosionil, dimana vokal Glenn terdengar mengiba tanpa terkesan cengeng, menggumamkan: On a couch in a cold room / Pouring salt in my wounds / I’m a mistake faking truth holding liars balloons / Make me fly for something more. Tampaknya Neon Trees sadar, terkadang musik yang baik tidak harus mempunyai penyampaian yang sulit. Bahasa yang lugas pun dapat sangat artikulatif. Ini adalahh jenis album yang bisa kita dengarkan secara keseluruhan tanpa dorongan untuk menekan tombol skip, karena memang semua lagu yang terdapat di album ini sangat menyenangkan untuk disimak. Sebuah pertanda awal yang sangat baik dari Neon Trees.

Official website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
01. “Sins of My Youth” – 3:38
02. “Love and Affection” – 3:03
03. “Animal” – 3:32
04. “Your Surrender” – 3:40
05. “1983” – 3:42
06. “Girls and Boys in School” – 3:31
07. “In the Next Room” – 3:49
08. “Our War” – 4:04
09. “Helpless” – 2:53
10. “Farther Down” – 5:16

Related posts

Leave a Reply