Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sum 41 – Screaming Bloody Murder
Album of The Day

Album of The Day: Sum 41 – Screaming Bloody Murder 

Released by: Universal Music Indonesia

Album terakhir dari Sum 41 adalah Underclass Hero yang direlease pada tahun 2007 silam sehingga album Screaming Bloody Murder ini pastinya sudah ditunggu-tunggu oleh para penggemar Sum 41. Hal tersebut dibuktikan dengan berhasil debutnya album ini di posisi 9 Canadian album charts sekaligus menyempurnakan rekor Sum 41 dengan selalu menempatkan albumnya di Top 10 Canadian album charts.

Melihat lebih jauh ke dalam album yang memiliki 14 tracks ini, Screaming Bloody Murder diproduseri oleh sang vokalis Deryck Whibley. Ini adalah kali kedua Deryck menukangi album Sum 41 setelah pada album sebelumnya Underclass Hero dia juga bertindak sebagai producer dan hasilnya sangat memuaskan karena album tersebut berhasil peak di posisi puncak Canadian album charts. Album dibuka dengan sebuah lagu berjudul Reason To Believe yang memiliki intro cukup panjang tetapi terasa sangat pas sebagai pembuka sebuah album. Pada lagu ini Sum 41 berhasil memainkan mood dari pendengar dengan variasi tempo yang ada dalam lagu ini. Track ke2 ada lagu berjudul Screaming Bloody Murder sekaligus single pertama dari album ini. Pemilihan lagu ini sebagai single pertama sangat tepat karena lagu ini sangat bernafaskan Sum 41 dengan tempo yang cepat, teriakan-teriakan Deryck serta solo gitar yang apik pada bagian bridge menjadikan track ini sempurna. Track selanjutnya ada Skumfuk dan Time for You to Go, lagu ini masih bercirikan Sum 41 dengan iringan distorsi gitar dan permainan drum yang cepat. Track ke 5 ada lagu berjudul Jessica Kill yang merupakan salah satu lagu terbaik dari album ini. Lagu dibuka oleh melodi gitar oleh Tom Thucker dan disambut oleh permainan drum dengan tempo cepat oleh Steve Jocz, bagian terbaik dari lagu ini berada pada bagian bridge yang diisi oleh permainan gitar dengan teknik tremolo oleh Tom. Track selanjutnya adalah What Am I to Say yang sudah ditetapkan sebagai single ke 2 untuk album ini. Pemilihan yang cukup tepat karena melodi dalam lagu ini cukup catchy dan memiliki nafas yang berbeda dengan single pertama mereka. Lagu selanjutnya ada Holy Image of Lies yang masih memilki ciri Sum 41 dengan tempo yang cepat dan distorsi gitar yang tiada henti dari awal hingga akhir lagu. Track selanjutnya ada Sick of Everything yang cukup menarik karena verse pertama dalam lagu ini mengingatkan akan lagu dari My Chemical Romance dengan permainan piano dengan teknik staccato. Selanjutnya ada Happiness Machines, sebuah track yang memilki bass line yang sangat catchy. Lagu selanjutnya ada Crash, kalau Paramore memilki The Only Exception maka Sum 41 memiliki Crash. Lagu yang didominasi oleh sound piano serta gitar acoustic ini berpadu manis dengan suara Deryck yang terdengar halus dalam lagu ini namun 2 lagu selanjutnya Blood In My Eyes dan Baby, You Don’t Wanna Know kembali mengangkat mood kita dengan temponya yang cepat. Track selanjutnya ada Back Where I Belong, lagi-lagi Tom Thucker menunjukkan skillnya sebagai lead gitar yang baik dengan permainan melodi yang cukup menyita perhatian namun reff pada lagu ini sedikit mengingatkan akan salah satu lagu dari Sum 41. Album ini ditutup oleh sebuah lagu yang berjudul Exit Song. Lagu dengan durasi 1:43 ini memang ditujukan sebagai outro dengan lyric yang menggambarkan tentang perpisahan. Sebuah track yang sempurna sebagai penutup sebuah album.

Secara keseluruhan album ini masih menawarkan rasa yang sama dengan album-album Sum 41 sebelumnya namun memang itulah yang kita harapkan dari salah satu band Punk terbaik di dunia ini. Album ini juga mendapatkan review yang cukup baik dan Absolute Punk memberi nilai 76% untuk album Screaming Bloody Murder ini. Bagi para Sum 41 saya yakinkan untuk tidak melewatkan album ini dan bagi anda penggemar musik punk, album ini bisa dipastikan akan menjadi salah satu album punk terbaik di tahun 2011 ini jadi tidak ada alasan untuk melewatkan album yang satu ini !!

Trivia : Walaupun single Screaming Bloody Murder sudah direlease sejak bulan februari lalu tetapi lagu ini masih belum memiliki official music video karena Sum 41 sebenarnya sudah membuat music video untuk lagu ini tetapi konsepnya tidak disetujui oleh pihal label sehingga mereka harus syuting ulang dengan konsep yang baru.

Recommended Track : Screaming Bloody Murder, Jessica Kill, What Am I to Say, Crash, Back Where I Belong

Official Website

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Tracklist
1. Reason to Believe 3:28
2. Screaming Bloody Murder 3:24
3. Skumfuk 3:24
4. Time for You to Go 3:01
5. Jessica Kill 2:50
6. What Am I to Say 4:12
7. Holy Image of Lies 3:47
8. Sick of Everyone 3:05
9. Happiness Machine 4:48
10. Crash 3:19
11. Blood in My Eyes 4:16
12. Baby, You Don’t Wanna Know 3:34
13. Back Where I Belong 3:41
14. Exit Song 1:42

Related posts

Leave a Reply