Trending News

Blog Post

Concert Review : Maroon 5 With Special Guest Sara Bareilles & RyCuming
Concerts Review

Concert Review : Maroon 5 With Special Guest Sara Bareilles & RyCuming 

Dalam rangka Hands All Over Australian Tour, Maroon 5 menggelar konser di 3 kota yaitu Melbourne, Sydney dan Brisbane. Selama menjalani konser di Australia, Maroon 5 tidak sendiri karena pada awalnya Cobra Starship, Sara Bareilles dan Ry Cuming akan hadir sebagai special guest dalam tiap konser di 3 kota tersebut. Namun, beberapa bulan sebelum konser digelar, Cobra Starship membatalkan komitmennya sebagai special guest untuk Maroon 5 karena mereka harus menyelesaikan penggarapan album barunya hingga pada akhirnya hanya Sara Bareilles dan Ry Cuming yang hadir sebagai special guest.

Pada pukul 7, Ry Cuming naik ke atas panggung sesuai dengan yang sudah dijadwlakan sebelumnya. Ry Cuming adalah seorang penyanyi solo pria yang lahir di Australia namun kini Ia menetap di Amerika. Ry Cuming memiliki 1 album yang berjudul dan baru saja dirilis di Australia beberapa hari sebelum penampilannya ini. Dengan hanya ditemani sebuah gitar akustik dan lagu-lagu yang romantis, Ry Cuming berhasil menghipnotis para penonton. Membuka penampilannya dengan cover dari lagu Jeff Buckely yang berjudul Halleujah, Ry Cuming berhasil menyanyikan lagu ini dengn baik dengan suara tenor khasnya. Ry Cuming membawakan total 6 buah lagu dari album pertamanya dan juga beberapa cover lagu-lagu lawas. Always Remember Me adalah lagu yang mendapat sambutan paling meriah dari penonton karena lagu ini memiliki lyric yang romantis dan lagu ini adalah single pertama dari Ry Cuming.

Berselang sekitar 20 menit, Sara Bareilles beserta band pengiringnya naik ke atas panggung pada pukul 7.45 pm. Tanpa banyak basa basi, Sara Bareilles langsung membuka penampilannya dengan lagu Uncharted yang merupakan single terbaru daru album keduanya Kaleidoskop Hearts. Kemampuan Sara Bareilles dalam mengolah vocal memang tidak perlu diragukan lagi dan ditambah dengan kemampuannya dalam bermain piano berhasil membuat para penonton kagum. Setelah selesai menampilkan Uncharted, Sara menyempatkan diri untuk menyapa pentonton dan bertanya siapa dari kita yang suka mengumpat dengan kata kasar karena Ia akan mendedikasikan lagu selanjutnya untuk orang-orang tersebut dan lagu yang dimaksud adalah Fuck You dari CeeLo Green. Sara berhasil membawakan lagu ini dengan stylenya sendiri tanpa bayang-bayang dari penyanyi aslinya. Setelah Fuck You, Sara langsung membawakan salah satu lagu dari album Kaledioskop Heart yang berjudul Gonna Get Over You. Lagu selanjutnya, Sara membawakan hit single terbaiknya hingga saat ini yaitu Love Song dan tanpa perlu dikomando, para penontonpun mengikuti Sara menyanyikan lagu ini. Untuk 2 lagu selanjutnya, Sara menunjukkan bahwa Ia tidak hanya piawai dalam bermain piano, tetapi Ia juga ternyata mahir dalam bermain gitar. Sara berturut-turut membawakan Let The Rain dan I’m On Fire. Untuk lagu selanjutnya, Sara meminta para penonton untuk bertepuk tangan mengikutinya dan Ia mengatakan bahwa lagu ini menceritakan bagaimana setiap orang sebaiknya mengurusi urusan masing-masing, lagu yang dimaksud adalah King Of Anything. Para penonton yang tampaknya memang sudah menunggu Sara membawakan lagu ini segera bernyanyi mengikuti Sara dari awal hingga akhir lagu. Setelah King Of Anything, semua personil band pengiring Sara turun meninggalkan panggung sehingga hanya menyisakan Sara serorang diri di atas panggung. Sebagai lagu terakhir, Sara membawakan Gravity hanya dengan iringan piano yang dimainkannya sendiri dan Sarapun berhasil menutup penampilannya dengan manis.

Tepat pada pukul 9, lampu menjadi redup dan terlihat dalam kegelapan satu persatu personil Maroon 5 naik ke atas panggung yang disambut oleh sorak sorai dari penonton yang sudah tidak sabar untuk menyaksikan penampilan mereka. Terdengarlah intro lagu Misery diikuti oleh naiknya Adam Levine ke atas panggung yang disambut oleh jeritan ribuan wanita yang memadati arena konser. Pemilihan Misery sebagai lagu pembuka memang sebuah pemilihan yang tepat karena penonton yang sebagian besar familiar dengan lagu ini berhasil terangkat moodnya. Tanpa banyak basa basi, Maroon 5 menampilkan If I Never See your Face Again, Harder To Breathe dan Give a Little More secara berturut-turut. Setelah digempur oleh lagu-lagu bertempo cepat, Maroon 5 menurunkan tempo dengan membawakan The Sun yang di mash-up dengan lagu Billie Jean dari Michael Jackson. Adam sebagai frontman dari Maroon 5 cukup interaktif dengan penonton dan sangat menghibur. Lagu selanjutnya Maroon 5 membawakan Won’t Go Home Without You yang dilanjutkan dengan single terbaru dari album ke Hands All Over yaitu Never Gonna Leave This Bed. Para penontonpun tidak berhenti bernyanyi dengan Adam di kedua lagu tersebut. Setelah membawakn Never Gonna Leave This Bed, Adam sempat bercanda dengan mengatakan apabila lagu yang Ia bawakan bisa masuk dalam rating PG (Parental Guidance) maka lagu selanjutnya akan mendapat rating R dan lagu yang dimaksud adalah Secret. Di lagu Secret ini, lagi-lagi Maroon 5 melakukan mash-up dengan lagu lawas dari Tina Turner yang berjudul What’s Love Got to do with it. Setelah menampilkan Secret, para personil Maroon 5 selain Adam Levine dan James Valentine turun meninggalkan panggung. Untuk 2 lagu selanjutnya yaitu sebuah cover dari Al Green yang berjudul Let’s Stay Together dan She Will Be Loved, mereka membawakannya secara acoustic. Para personil lainpun kembali naik ke atas panggung dan terdengarlah intro lagi Wake Up Call dan penonton yang sudah diberi kesempatan untuk mengisi tenaga berjingkrak-jingkrak di sepanjang lagu. Tidak hanya cukup sampai disitu, Maroon 5 tidak memberi jeda untuk 3 lagu selanjutnya yaitu Shiver, Stutter dan This Love, para penontonpun menunjukkan antusiasme yang sangat luar biasa dengan bernyanyi terus menerus dan berlompatan khususnya di lagu This Love. Setelah membawakan This Love, semua personil Maroon 5 turun meninggalkan panggung dan para penontonpun berteriak meminta encore. Berselag sekiat 10 menit, Maroon 5pun kembali naik ke atas panggung dan berturut-turut membawakn Hands All Over dan Makes Me Wonder. Sebagai lagu penutup, Maroon 5 membawakan salah satu single dari album pertamanya yaitu Sunday Morning.

Tampil di sebuah panggung yang relatif sederhana, Maroon 5 membuktikan diri sebagai salah satu band terbaik di dunia dengan penampilannya yang luar biasa. Adam Levine sebagai frontman dari Maroon 5 berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, Ia tahu bagaimana cara mengontrol dan memainkan emosi penonton. Dari segi musikalitas, skill bermusik dari tiap-tiap personil memang tidak perlu diragukan dan hal tersebut terlihat dengan dilakukannya improvisasi di tiap lagu yang mereka tampilkan. Secara keseluruhan, menyaksikan Maroon 5 secara live adalah sebuah pengalaman yang luar biasa dan mendengarkan lagu-lagunya secara live jauh lebih baik dari apa yang biasa kita dengarkan dalam record.

Trivia : Pada konsernya di Sydney ini, Adam Levine memberikan sebuah gelang yang diberikan oleh salah satu fansnya dari Indonesia kepada salah satu fansnya di Sydney walaupun pada awalnya Adam berjanji akan terus memakai gelang tersebut.

Sara Bareilles set list :
1. Uncharted
2. F**k You (Cee Lo Green cover)
3. Gonna Get Over You
4. Love Song
5. Hold My Heart
6. King of Anything
7. Let the Rain
8. I’m on Fire with Ben Abraham
9. Gravity

Maroon 5 set list :
1. Misery
2. If I Never See Your Face Again
3. Harder To Breathe
4. Give A Little More
5. The Sun(with snippet of Michael Jackson’s “Billie Jean”)
6. Won’t Go Home Without You
7. Never Gonna Leave This Bed
8. Secret (with snippet of Tina Turner’s “What’s Love Got to do With it?”)
9. Let’s Stay Together (Al Green cover)
10. She Will Be Loved (Acoustic)
11. Wake up Call
12. Shiver
13. Stutter
14. This Love

Encore:
15. Hands All Over
16. Makes Me Wonder
17. Sunday Morning

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply