Trending News

Blog Post

Album of The Day: Il Volo – Il Volo
Album of The Day

Album of The Day: Il Volo – Il Volo 

Image and video hosting by TinyPicReleased by: Universal Music Indonesia

Perkenalkan trio remaja asal Italia, Il Volo, yang terdiri dari Piero Barone (17 tahun), Ignazio Boschetto (16 tahun), dan Gianluca Ginoble (16 tahun). Mereka didapat hasil dari acara televisi populer Italia, Ti Lascio Una Canzone yang diikuti oleh banyak pemuda dan pemudi disana. Ketiga nama ini adalah nama yang terpilih sebagai vokalis-vokalis terbaik, dan segera dibentuk sebagai trio. Awalnya, mereka dikasih nama The Tryo, yang kemudian ditukar menjadi Il Trio. Hingga akhirnya nama Il Volo terpilih, yang artinya dalam bahasa Inggris adalah “filght”, sebagai wakil dari perasaan ketiga pemuda tampan ini untuk mengepak sayap dan terbang tinggi. Debut album mereka yang diberi judul “Il Volo” berhasil memperoleh sertifikat platinum di Italia, dan saat Geffen merilis album tersebut di Amerika, album dengan 12 track tersebut berhasil nongkrong di posisi 10 di 200 Albums, dan posisi 1 di Classical Albums. Dan Indonesia enggak mau ketinggalan hype ini, maka Universal Music Indonesia pun merilis albumnya di tanah air kita.

Jenis musik klasik dalam alunan pop-opera trio ini memanjakan telinga kita. Their angelic and ashtonishing vocal that matters here. Dengarkan beberapa lagu klasik yang mereka punya di album ini, seperti ‘Il Mondo’ dan ‘Un Amore Cosi Grande’ yang memamerkan harmonisasi sempurna dan kemampuan vokal yang luar biasa dari mereka bertiga. Album ini direkam enggak hanya di Roma, Italia, tapi juga mengambil tempat di Los Angeles, Amerika Serikat dan Londong, Inggris. Dalam arahan musik oleh produser Humberto Gatica, jalur yang diambil oleh Il Volo enggak bisa salah. Humberto enggak hanya dikenal sebagai rekan David Foster yang ikut mengerjakan proyek untuk Celine Dion, Andrea Bocelli, dan Josh Groban, tapi sebelum ini dirinya dan Diane Warren berhasil membentuk Due Voci yang terdiri dari Kelly Levesque dan Tyler Hamilton.

Kompleksitas yang terdapat dalam album ini adalah nilai jual tersendiri dari Il Volo. Mereka enggak hanya menampilkan lagu-lagu dalam bahasa ibu mereka, tapi juga berkesempatan menyanyikan sebuah lagu baru dalam Bahasa Spanyol berjudul ‘El Reloj’, lagu klasik Charlie Chaplin ‘Smile’, dan lagu karya Walter Afanasieff ‘Per Te’ yang pernah dinyanyikan oleh Josh Groban. Kesanggupan mereka memberi corak sendiri pada lagu-lagu ini yang membuat album ini terdengar solid dan mantap. Termasuk single andalan dari album ini, ‘O Sole Mio’ yang enggak hanya sukses di Italia, tapi setelah menyanyikan lagu ini di ajang American Idol result show, ketiganya berhasil menarik minat masyarakat yang kemudian berpengaruh pada penjualan album mereka. Very very impressive.

Mungkin untuk kebanyakan artis yang mengambil jalur musik seperti Il Volo ini akan lebih banyak lagu-lagu lawas yang ditampilkan dalam album mereka. Begitu juga dengan trio ini, tapi tidak lantas membuat mereka tenggelam pada kebesaran lagu-lagu yang sudah pernah dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi sebelum mereka, ‘E Piu Ti Penso’ yang adalah sebuah medley dari lagu-lagu karya Ennio Morricone untuk soundtrack Once Upon A Time In America dan Malena, ‘Notte Stellata/The Swan’ hasil karya dari komposer asal Perancis Camille Saint-Saens. Vokal mereka yang mumpuni menguasai lagu-lagu tersebut. Sangat hebat memang, apalagi ketiga pria ini masih berumur belasan.

Lagu baru lainnya yang mereka sajikan dalam album ini adalah ‘This Time’ sebuah karya dari Michelle Lewis, dan ‘La Luna Hizo Esto’ juga ‘Painfully Beautiful’ yang khusus ditulis oleh Diane Warren untuk ketiga pemuda tampan ini. Enggak usah ragu dengan lagu-lagu di atas. Selain indah dengan melodi dan alunan musiknya, tapi juga mampu menguatkan posisi Il Volo sebagai pendatang baru dalam indutsri musik yang bisa menembus pasar pop dalam bungkusan musik operanya. Mereka punya misi sendiri selagi bermusik, yakni membagikan kecintaan mereka pada musik kepada semua orang di dunia, termasuk remaja seusia mereka. Niat yang tulus dan sederhana, dan semoga langkah awal dalam debut album ini membuat mereka selangkah lebih dekat dalam mewujudkan impian tersebut.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
1. Il Mondo
2. E Pie’ Ti Penso
3. ‘O Sole Mio
4. Un Amore Cosi’ Grande
5. El Reloj
6. Smile
7. Per Te
8. La Luna Hizo Esto
9. E’ la Mia Vita
10. Notte Stellata
11. Painfully Beautiful
12. This Time

Related posts

Leave a Reply