Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Strokes – Angles
Album of The Day

Album of The Day: The Strokes – Angles 

Released by: Sony Music Indonesia

Frontman The Strokes, Julian Casablancas, menyebutkan jika album keempat mereka akan diisi beberapa lagu yang seperti pencampuran antara kejayaan rock 70-an dengan musik dari masa depan. Dan ia mungkin tidak salah, karena album keempat mereka, Angles, adalah album yang diisi oleh musik-musik yang pasti melayangkan romansa fikiran kembali ke era lawas tersebut namun tidak pernah melupakan feel kekinian bahkan mungkin futuristik.

Sejak kemunculan mereka di tahun 2001 dengan This Is It, band asal Amerika yang terdiri atas The band consists of Julian Casablancas (vokal), Nick Valensi (gitar), Albert Hammond, Jr. (gitar), Nikolai Fraiture (bass gitar) and Fabrizio Moretti (drums dan perkusi) ini langsung mendapat kehormatan sebagai band indie-rock terkemuka, karena selera musikalitas mereka yang terasah dan mumpuni.

Kini, satu dekade kemudian, The Stokes masih membuktikan kalau mereka masih mempunya taji untuk mempersembahkan musik-musik berkelas dan juara. Angles, menilik dari pemilihan judulnya, mempunyai beberapa perspektif yang menyebabkan albumnya terdengar segar, berbeda, sekaligus sangat menyenangkan untuk disimak. Sebagai contoh, Two Kinds of Happiness dibuka sebagai sebuah synth-pop ala 80-an, akan tetapi memasuki chorus tiba-tiba ia berubah menjadi sebuah nomor rock yang bernas. Single pertama untuk album ini, Under Cover of Darkness, sebuah rock eklektik yang memadukan kejayaan brit-rock era 70-an dengan sentuhan dansa yang nge-pop. Brilian!

Secara umum Angles memang dipenuhi oleh komposisi-kompisisi matang yang jelas diformulasikan dengan baik oleh The Strokes, sehingga ini bukan hanya sebuah album rock akan tetapi juga sebuah perjalanan musikal menembus lintas genre yang dikemas dengan cerdas dan rapi. Sound-sound mentah ala rock 70-an seperti yang dapat ditemui dalam Taken A Fool atau Gratisfaction memang membuat album terdengar sedikit vintage dan retro. Bahkan mereka juga mempunyai lagu seperti Games yang seolah-olah mengindikasikan mereka adalah band synth-pop-dance ala New Order.

Dan The Stokes membuktikan, tidak perlulah dubstep untuk tetap terdengar moderen dan kekinian. Yang diperlukan adalah kemampuan untuk mengeksplorasi sound-sound yang familiar dan memadu-padannya secara tepat guna. Julian Casablancas masih mendominasi dalam penulisan lagu akan tetapi kali ini setiap anggota band juga memberi kontribusi mereka, sehingga Angles terdengar lebih berwarna. Namun, mungkin ini juga yang menjadi sedikit kendala, dimana Angles kemudian tidak mempunyai tone yang cukup solid ketimbang album-album mereka sebelumnya. Akan tetapi pemilihan banyak ‘warna’ toh tidak lantas Angles terdengar jelek pula.

Mungkin Angles belum memberikan kualitas klasik dan everlasting yang diharapkan dari sebuah band semapan mereka, akan tetapi tetap saja ini adalah album yang sangat menarik dan tidak pernah membosankan sama sekali. Hanya dalam setengah jam lebih sedikit, The Strokes akan mengajak kita untuk mengapresiasi rock dengan segala kelebihannya.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Machu Picchu” 3:29
2. “Under Cover of Darkness” 3:55
3. “Two Kinds of Happiness” 3:42
4. “You’re So Right” 2:33
5. “Taken for a Fool” 3:23
6. “Games” 3:51
7. “Call Me Back” 3:02
8. “Gratisfaction” 2:59
9. “Metabolism” 3:00
10. “Life Is Simple in the Moonlight” 4:15

Related posts

Leave a Reply