Trending News

Blog Post

Album of The Day: Transformers: Dark of the Moon – The Album
Album of The Day

Album of The Day: Transformers: Dark of the Moon – The Album 

Released by: Warner Music Indonesia

Kerjasama duo produser-sutradara Steven Spielberg dan Michael Bay yang sukses dengan film adaptasi animasi Transformers berlanjut sampai seri ketiganya yang kini diberi judul Transformer: Dark of the Moon. Meski tidak jelas apakah film ini akan tayang di Indonesia atau tidak, dikarenakan kisruh peraturan film yang tengah menjadi opini publik, tidak ada salahnya kita menyimak kumpulan artis yang menyumbangkan lagu-lagu mereka sebagai bagian dari album soundtracknya.

Sama halnya dengan dua film sebelumnya, Transformers: Dark of the Moon tetap mengundang nama-nama yang berasal dari skena musik rock-alternative untuk mengisi album ini. Keriuhan dalam distorsi gitar yang ekspresif, ketukan drum yang menggebu dan vokal-vokal gahar yang berteriak adalah hal-hal yang pasti akan didengar saat album ini diputar.

Namun, Linkin Park yang telah hadir semenjak di album soundtrack filmnya, justru hadir membuka album ini dengan nomor lembut yang sangat menyejukkan. Iridescent mungkin masih menangkap elektornika sebagai esensi materi lagu akan tetap dengan vokal Chester Benington yang terdengar lirih, membuat single yang dibantu produseri oleh Rick Rubin ini terdengar sangat sendu dan subtil.

Memasuki track kedua, Paramore segera menghentak dengan Monster milik mereka, yang seolah menjadi personifikasi dari esensi film laga-fantasi tersebut dan Paramore memberikan aransemen rock mereka dengan tepat guna dalam tempo medium. Ada saat vokal Hayley berteriak namun disaat lain bernyanyi dengan cukup lirih. Tensi kemudian makin dinaikkan dengan kehadiran rock-opera dengan pengaruh elektro-pop diawalnya ala My Chemical Romance dalam The Only Hope for Me Is You. Dilanjutkan dengan nomor murung, Faith (When I Let You Down) yang tidak melupakan ciri khas Taking Back Sunday yang menampilkan distorsi gitar dan gebukan drum yang intens namun tetap dalam sentuhan emo yang solid, sehingga lagunya tidak terdengar terlalu bising.

Rasanya sudah cukup lama tidak mendengarkan materi baru dari band alternative dengan pengaruh grunge ternama, Staind dan beruntung album ini menampung single baru mereka, The Bottom yang nantinya akan terdapat dalam album baru mereka, Seven (2011). Salah satu band bergaya post-grunge namun dengan sentuhan hard-rock kental, Art of Dying menyusul dengan single Get Thru This. Selanjutnya, Goo Goo Dolls mempersembahkan sebuah lagu pop-rock manis dalam tempo sedang dan meski tidak semelodrama Iris, akan tetapi vokal gahar John Rzeznik kini terdengar lebih santai dan sedikit sendu. Riff gitar bertugas sebagai teman melodi untuk lagunya yang memang terdengar sangat harmonis, dimana unsur string menambah kesan romantisnya. Dalam koridor rock ala Goo Goo Dolls, tentu saja

Band asal Kanada, Theory of a Deadman, menyumbangkan Head Above Water dari album up-and-coming mereka, sebuah rock-mid-tempo yang melodik dan sing-a-long yang manis. Untuk menambah semarak, tidak ada salahnya band post-hardcore seperti Black Veil Brides untuk menyumbangkan Set the World on Fire milik mereka untuk menambah riuh album ini, sedangkan Skillet yang terkenal dengan aliran alternative-metal mereka memberi Awake & Alive dan kehadiran band progresive metal seperti Mastodon terasa tepat untuk menutup album ini. Just Got Paid seolah-olah bermain sebagai klimaks yang dipenuhi dengan semangat dan meledak-ledak.

Meledak-meledak mungkin istilah yang cukup tepat untuk album Transformers: Dark of the Moon – The Album ini. Duo produser Randy Spendlove dan Livia Tortella cukup cerdik untuk tidak melulu mencari materi dari album-album baru saja akan tetapi cukup rajin untuk membongkar-bongkar koleksi reportoire lama, sehingga album ini tidak melulu menjadi sebuah album promosi akan tetapi sebuah album kompilasi yang cukup cemerlang dalam menyusun daftar penyumbang materinya. Apalagi dengan barisan pendukungnya yang terdiri atas nama-nama populer dan juga relatif tidak terkenal, membuat album terasa cukup eklektik dan tidak terlalu pasaran. Pada akhirnya, Transformers: Dark of the Moon – The Album tidak melulu hanya sebagai sebuah album soundtrack akan tetapi juga sebuah album yang mencatat kegemilangan rock itu sendiri. Direkomendasikan!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
1 “Iridescent” Linkin Park
2 “Monster” Paramore
3 “The Only Hope for Me Is You” My Chemical Romance
4 “Faith (When I Let You Down)” Taking Back Sunday
5 “The Bottom” Staind
6 “Get Thru This” Art of Dying
7 “All That You Are” Goo Goo Dolls
8 “Head Above Water” Theory of a Deadman
9 “Set the World on Fire” Black Veil Brides
10 “Awake and Alive (Rock Radio Mix)” Skillet
11 “Just Got Paid” Mastodon

Related posts

Leave a Reply