Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Album of The Day: Amy Winehouse – Back To Black
Time Tunnel

Time Tunnel: Album of The Day: Amy Winehouse – Back To Black 

Released by: Universal Music Indonesia

Debut album Amy Winehouse yang kedua, sudah pasti bisa membawa sebuah pertanyaan, “what kind of jazz it is?”. Yah, karena dalam ramuan album Back To Black, kita akan banyak menikmati unexpected sound from a jazz ataupun soul sessions.

I wasn’t there, so I can’t write that,” says Amy. “I’m young, man, and I’m a city girl. I can only write about what I’ve gone through. To me there’s no point in doing a song unless it’s a challenge in every area. I don’t tend to do anything unless it’s a challenge.” Inilah jawaban Amy ketika pertanyaan kenapa tidak membuat lagu mengenai tahun 40-an karena sound yang diusung dan vokalnya sendiri, sudah sangat 40-an!

Track pertama yang ditawarkan Amy sendiri yaitu “Rehab” keluar di penghujung tahun 2006 lalu, yang akan memasuki kepala anda dan sejenak merenungi bagaimana kadar kecanduan seorang drug addict. Track ini sendiri diambil dari pengalaman Amy dalam menghadapi masalahnya dengan obat-obatan (yang menyebabkan masalah lagi dengan manajemennya). Track ini, (ehm) diproduseri oleh seorang Mark Ronson, setelah pertama kali diperdengarkan pada awal tahun 2006 melalui acara East Village Radio yang dipandu oleh Mark Ronson di New York.

Album Back To Black ini sendiri dirilis pada 30 Oktober 2006 (UK), May 07 (Indonesia), dimana kesebelas track dalam album ini diproduseri oleh Mark Ronson dan Salaam Remi (produser dari album pertama Amy, Frank). Dan Rehab kemudian dirilis ulang pada bulan yang sama. Album ini sendiri sempat menjadi pembicaraan tersendiri ketika dirilis, karena langsung menduduki posisi pertama dalam chart di UK dan menjadi catatan khusus (kalau tidak ingin dikatakan menjadi sejarah tersendiri) ketika masuk dan menduduki posisi #7 di chart US. Dan BRIT award sendiri rasanya bisa menjadi pendukung tersendiri, sebagaimana sih track-track yang ditawarkan oleh Amy. Dengan nominasi sebagai album terbaik, dan pemenang dari Best Female Solo Artist, pantas untuk membuat telinga kita mendengarkan sejenak.

“You Know I’m Good” ditawarkan Amy sebagai track andalan kedua melalui album ini. Dan bisa dikatakan, sound dari track ini, agak berbeda dengan track “Rehab”. Ada keriangan dan sekaligus penyesalan dan pemberitahuan kepada semua orang bahwa sosok yang ingin diciptakan Amy melalui track ini memiliki banyak masalah. “Upstairs in bed, with my ex boy. He’s in the place, but I can’t get joy” menjadi catatan tersendiri bagi track ini. Dengan video yang sangat “gelap” sangat mendukung.

Sedangkan track ketiga dari album ini, sudah dirilis pada 2 april 2007 yang lalu, “Back To Black”. Inilah klimaks yang menjadi inti dari album “Back To Black” ini. Siapkan tisu dan bersiaplah untuk membayangkan satu potongan bagian tersedih dari suatu film ketika mendengarkan track ini. Ketika “We only said good-bye with words, I died a hundred times, You go back to her” masuk ke telinga anda, bisa jadi semua masalah percintaan anda menjadi mudah.

Rollercoaster dari semua permasalahan percintaan rasanya tuntas dibahas dalam album ini. Dengan berujung kepada keputus-asaan dan ratapan dengan sound yang berbeda. Mengingatkan kekuatan yang bisa terbangun. Mulai dari “You Know I’m Good”, “Back To Black”, “Wake Up Alone”, “Loving Is A Losing Game”, “Addicted”, “Just Friend”, membangun kesadaran di dunia yang agak “dark”. Tapi sekali lagi, dengan vokal dari Amy Winehouse, kita akan menikmati dunia itu dengan rasa yang berbeda.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Iqko / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST:
1. “Rehab” (Amy Winehouse, Mark Ronson) – 3:35
2. “You Know I’m No Good” (Winehouse) – 4:17
3. “Me & Mr. Jones” (Winehouse) – 2:33
4. “Just Friends” (Winehouse) – 3:13
5. “Back to Black” (Winehouse, Ronson) – 4:01
6. “Love Is a Losing Game” (Winehouse) – 2:35
7. “Tears Dry on Their Own” (Winehouse, Nickolas Ashford, Valerie Simpson) – 3:06
8. “Wake Up Alone” (Winehouse, Paul O’Duffy) – 3:42
9. “Some Unholy War” (Winehouse) – 2:22
10. “He Can Only Hold Her” (Winehouse, Richard Poindexter, Robert Poindexter) – 2:46
11. “Addicted” (Ireland/UK only) (Winehouse) – 2:45
12. “You Know I’m No Good” featuring Ghostface Killah (US only) (Winehouse) – 4:23

Related posts

Leave a Reply