Trending News

Blog Post

Album of The Day: David Cook – This Loud Morning
Album of The Day

Album of The Day: David Cook – This Loud Morning 

Released by: Sony Music IndonesiaReleased by: Sony Music Indonesia

Sebagai seorang pemenang American Idol, David Cook adalah termasuk insan seni yang sangat berciri. Dirinya punya vokal yang nge-rock banget sebagai corak penanda eksistensinya. Dalam rekaman keduanya, “This Loud Morning“, kita kembali dimanjakan dengan kepiawaiannya bernyanyi, menulis lagu, juga bermain instrumen untuk album ini. Setelah merampungkan “Declaration Tour” di tahun 2009 lalu, proses pengerjaan album ini pun dimulai. Melibatkan beberapa nama populer di industri musik, seperti Ryan Tedder, David Hodges, Marti Frederiksen, juga Matt Serletic (yang berperan sebagai executive producer, album ini akhirnya rilis pada akhir Juni 2011, dengan selusin track di dalamnya.

Untuk seorang musisi rock yang bernaung di bawah jalur pop, David termasuk musisi yang bisa seimbang dalam mengkompromikan nafsu dan kepentingan untuk musiknya. Sehingga rekaman ini menjadi sesuatu yang berada ramah di telinga penikmat musik pop, tapi masih tetap megang di telinga penikmat musik rock. Itulah yang terasa dalam single pertamanya ‘The Last Goodbye’. Lagu yang mengisahkan tentang perpisahan ini memang berkesan laki banget. Selain musiknya yang menghentak, liriknya juga tegas menggambarkan bagaimana seharusnya seorang lelaki memposisikan diri menghadapi sebuah perpisahan.

Hal istimewa dalam album ini adalah lagu-lagu di dalamnya punya sebentuk makna yang bisa menjadi arahan bagi pendengar dalam menyikapi sesuatu. Seperti ‘Time Marches On’ sebagai ungkapan hidup berjalan terus, ‘4 Letter Word’ sebagai pandangan bahwa dalam setiap kata cinta (LOVE) juga ada konsekuensinya, juga ‘We Believe’ yang punya makna uplifting. Kesengajaan memasang ‘Circadian’ sebagai track pembuka dan ‘Rapid Eye Movement’ sebagai track penutup menimbulkan kesan roda yang terus berputar, kelanjutan tongkat estafet dalam penghabisan putaran disc menuju awal kembali. Kedua lagu tersebut seolah bersambung. Oh ya, judul album “This Loud Morning” adalah lirik yang diambil dari lagu ‘Rapid Eye Movement’.

Jikalau dibandingkan dengan album pertamanya yang rilis 3 tahun silam, album yang kali ini tidak seberagam self-titled album tersebut. Yah kebanyakan lagu dibuat dalam interpretasikan musik rock dengan derasnya gebukan drum, sangarnya petikan gitar elektrik, dan selingan string dan piano dalam olahan musiknya. ‘Paper Heart’ dan ‘Right Here, With You’ sepadan dengan konsistensi tersebut. Ada intro yang berbeda di ‘Fade Into Me’ berupa gitar akustik dan ‘Take Me As I Am’ berupa piano. Yang memiliki dinamisme musik adalah lagu ‘Goodbye To The Girl’ yang dari awal hingga akhir lagu memuncak.

Pernyataan David soal tema romantisme yang enggak biasa dengan chorus yang massive dalam tatanan musik epik secara faktual ada di album “This Loud Morning” ini. Pendengar bisa menemukan apa yang mereka dulu suka dari David Cook saat berada di American Idol di album ini; konsistensinya dalam penguasaan lagu. Masih banyak kesempatan untuk David bereksplorasi dengan musiknya ke depannya.

Official Website David Cook

Rate This Album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Circadian” David Hodges, Neal Tiemann, David Cook 4:53
2. “Right Here, with You” Ryan Star, Johnny Rzeznik, Gregg Wattenberg, Cook 3:18
3. “We Believe” Julian Emery, Jim Irvin, Cook 4:22
4. “Fade Into Me” Kevin Griffin, Jamie Houston, Cook 4:06
5. “Hard to Believe” Hodges, Jess Cates, Lindy Robbins, Cook 3:52
6. “Take Me As I Am” Marti Frederiksen, Scott Stevens, Cook 4:06
7. “Time Marches On” Frederiksen, Cook 3:42
8. “The Last Goodbye” Ryan Tedder, Cook 3:00
9. “Paper Heart” Emery, Irvin, Cook 3:36
10. “4 Letter Word” Claude Kelly, Matt Squire, Cook 3:09
11. “Goodbye to The Girl” Tiemann, Andy Skib, Cook 4:18
12. “Rapid Eye Movement” Hodges, Cook 5:57

Related posts

Leave a Reply