Trending News

Blog Post

Album of The Day: Death Cab For Cutie – Codes and Keys
Album of The Day

Album of The Day: Death Cab For Cutie – Codes and Keys 

Released by: Warner Music Indonesia

Menilik cover di album ketujuh band asal Washington, Amerika, Death Cab For Cutie (DCFC), Codes and Keys, selintas mengingatkan akan simbol yang sering digunakan dalam komunitas jejaring sosial, Twitter. Simbol itu kita kenal dengan istilah hashtag. Apakah dialbum ini Ben Gibbard dan kawan-kawan akan membahas permasalahan sosial yang berkaitan dengan jejaring sosial? Tidak juga.

Satu yang pasti, Codes and Key terdengar lebih “cerah” dengan pemilihan nada-nada yang lebih positif dan juga terdengar optimis dalam menceritakan kisahnya. Mungkin kritisi yang ditarik adalah bagaimana DCFC kemudian lebih memilih jalan yang lebih aman dengan memilih aransemen yang “jenerik” dan “ngepop”. Tidak ada salahnya juga, karena semenjak teaser album ini melalui single pertama, You’re A Tourist, kita dapat merasakan perbedaan itu. Single tersebut terdengar sangat easy listening, mudah dicerna dan memakai aransemen sederhana yang sama sekali menghindarkan kerumitan.

Dibuka dengan Home Is A Fire yang jazzy dan mengandalkan instrumen mesin, seolah-olah ini adalah pembuka untuk album terbaru dari The Postal Service, proyek sampingan Gibbard. Tapi tidak, Codes and Keys tetap menampilkan rock dalam koridor DCFC. Track yang berjudul sama dengan album ini, Codes and Keys, menunjukkan kemampuan DCFC untuk merangka sebuah lagu yang nyaman di telinga dan menjaga estetika bermusik dengan memilih aransemen serta melodi yang juara.

Doors Unlocked and Open mungkin terdengar sedikit mirip dengan Placebo, akan tetapi kehadiran Unobstructed Views yang menghadirkan denting piano sebagai instrumen utama, pasti akan segera mengingatkan akan musikalitas yang telah mengangkat nama DCFC. Murung dan gloomy. Meski memasuki Monday Morning, atmosfir kemudian mulai bergeser pada pemilihan nada-nada cerah kembali. Bahkan dalam Portable Television, DCFC seolah mengajak kita berdansa-dansi dengan gembira. Ditutup dengan Stay Young, Go Dancing yang kontemplatif, seolah dengan sempurna menjadi epilog bagi album ini.

Apakah melalui Codes and Keys, DCFC mencoba mengopi diri mereka sendiri dan kemudian memberi sentuhan yang lebih pop untuk itu? Sebuah tuduhan yang mungkin saja benar akan tetapi rasanya tidak bisa dibenarkan juga. Lagi pula, sudah tigabelas tahun berselang semenjak album debut mereka, Something About Airplanes (1998), sehingga tidak heran jika DCFC kemudian berkembang dan memilih pendekatan yang diharapkan sebagai bentuk progresitivitas mereka dalam bermusik.

Codes and Keys adalah album yang sangat menyenangkan untuk disimak. Tidak ada lagu yang membosankan dan semuanya renyah untuk disimak. Apakah dengan menjadi lebih easy listening adalah sebuah kemunduran? Tidak juga. Bukankah itu hanya sebuah persepsi yang tentu saja subjektif sifatnya. Mungkin juga dengan Codes and Keys, DCFC belum menunjukkan perkembangan yang berarti. Akan tetapi, satu yang pasti, Codes and Keys is one hell entertaining album.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Home Is a Fire” 4:04
2. “Codes and Keys” 3:22
3. “Some Boys” 3:11
4. “Doors Unlocked and Open” 5:37
5. “You Are a Tourist” 4:47
6. “Unobstructed Views” 6:11
7. “Monday Morning” 4:19
8. “Portable Television” 2:53
9. “Underneath the Sycamore” 3:27
10. “St. Peter’s Cathedral” 4:30
11. “Stay Young, Go Dancing” 2:50

Related posts

Leave a Reply