Trending News

Blog Post

Album of The Day: Owl City – All Things Bright and Beautiful
Album of The Day

Album of The Day: Owl City – All Things Bright and Beautiful 

Released by: Universal Music Indonesia

Dengan memberi judul album ketiga Owl City dengan All Things Bright and Beautiful, Adam Young tampaknya ingin memberi semangat baru dalam musikalitas elektro-popnya. Alih-alih track-track murung dan gloomy, maka dialbum ketiganya ini Owl City menaikkan tempo iramanya dan juga memberi warna-warni yang lebih cerah. Namun, apakah lantas ini adalah album yang berbeda dari dua album sebelumnya? Tidak juga.

Untuk kalangan fans, dipastikan akan menyukai All Things Bright and Beautiful. Semua arketipe Owl City ada disini. Sound olahan synth dengan pemanfaatan efek-efek suara yang dipenuhi ambience masih mengisi setiap ruang lagu yang ditawarkan oleh album ini. Namun untuk memberi pembeda, Owl City juga menginfusi dengan asupan beberapa elemen sub-genre lainnya, seperti rock, folk dan juga hip-hop dan juga meningkatkan ritmenya dengan cukup tajam.

Vokal Adam Young memang tidak istimewa, namun khas, sehingga asosiasi terhadap Owl City bisa segera ditemukan sesaat setelah mendengar suaranya. Young tampaknya memahami hal tersebut, sehingga ia bergiat untuk memadukan vokal dan juga aransemen musiknya untuk tetap terjaga dalam koridor yang selama ini kita kenal. Ambil contohlah pada single pertama album ini, Alligator Sky, yang terdengar segar oleh imbuhan rapping Shawn Chrystopher, namun tetap saja kita dengan seketika menebak ini adalah lagu milik Owl City.

Eskalasi intensitas itu dapat ditemukan pula dalam Kamikaze, sebuah track up-tempo dengan pengaruh rock yang kental atau atau nomor disko Galaxies yang mengajak untuk berdansa-dansi. Uniknya, ditengah kedua track tersebut disisipi January 28, 1986, semacam interlude yang berisi potongan pidato mantan presiden Ronald Reagan setelah musibah kecelakaan pesawat ulang-alik Challenger berdurasi 38 detik.

Nomor paling cantik dialbum ini mungkin Honey and Bee, yang bergaya folk dan dibantu oleh vokal Breanne Düren, serta mereduksi banyak instrumen elektronika, membuat track ini terdengar sedikit berbeda dengan kebanyakan lagu yang ditawarkan oleh Owl City. Sementara itu, nomor subtil lainnya, Hospital Flowers adalah sebuah balada yang antemik, dalam versi Owl City tentu saja, sayang autotunes dalam vokal Young terdengar sedikit menjengkelkan.

Okelah, All Things Bright and Beautiful mungkin terdengar seperti judul yang dimaksud, terdengar lebih cerah dan juga cantik akan tetapi tidak ada benar-benar inovasi baru disini. Young masih bermain aman, dan entah dikarenakan enggan atau memang kurang paham dinamika musikalitas selain yang dikuasainya, sehingga jika ia benar-benar ingin bereksperimen diluar jalur yang ia kuasai, maka hal itu tidak tercapai. Satu hal lagi, Adam Young tampaknya harus lebih banyak lagi membaca untuk menambah perbendaharaan diksinya, karena ia tampaknya terus berputar-putar di pemakaian kata-kata yang sangat repetitif untuk liriknya. Ujung-ujungnya, pendengar diluar fans tidak akan menemukan sesuatu yang signifikan berbeda untuk membuat mereka jatuh cinta kepada estetika bermusik Owl City.

Akan tetapi, menurut saya album ini memang sebuah peningkatan musikalitas yang cukup berarti dari Owl City, karena sepanjang durasi 12 lagunya, saya cukup terhibur dan tidak merasa bosan, sesuatu yang saya rasakan cukup mengganggu pada saat menikmati album sebelumnya. Hanya saja, untuk selanjutnya Owl City harus berani bereksplorasi diluar wilayah amannya, jika benar-benar ingin eksis sebagai musisi sejati.

Official Website
Ikutin juga Quiznya yang berhadiah 15 CD Owl City, hanya disini

Rate this album : [ratings]

(Haris/ CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST

1. “The Real World” Adam Young 3:34
2. “Deer in the Headlights” Young 3:00
3. “Angels” Young 3:40
4. “Dreams Don’t Turn to Dust” Young 3:44
5. “Honey and the Bee” (featuring Breanne Düren) Young 3:44
6. “Kamikaze” Young 3:27
7. “January 28, 1986” Young 0:37
8. “Galaxies” Young 4:03
9. “Hospital Flowers” Young 3:39
10. “Alligator Sky” (featuring Shawn Chrystopher) Young, Shawn Chrystopher 3:05
11. “The Yacht Club” (featuring Lights) Young 4:32
12. “Plant Life” Young, Matthew Thiessen 4:10

Artist Highlight Owl City by creativedisc

Related posts

Leave a Reply