Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Cranberries – Gold
Album of The Day

Album of The Day: The Cranberries – Gold 

Released by: Universal Music Indonesia

Pada dekade 90-an, The Cranberries adalah salah satu band rock alternatif yang cukup fenomenal dan meraih kesuksesan yang luar biasa. Masuk ke dekade awal 2000-an, band asal Irlandia yang terdiri atas Dolores O’Riordan (vokal, gitar), Noel Hogan (gitar), Michael Hogan (bass) dan Fergal Lawler (drum), mungkin tidak begitu menunjukkan geliat dengan performa yang prima, namun demikian mereka masih konsisten dalam memberikan single-single juara yang khas sekali, meski hanya aktif di awal dekade saja.

Dengan riwayat sepanjang kurang lebih dua dekade dan menghasilkan 5 album studio dan puluhan single yang juara, The Cranberries sebenarnya telah memberikan sebuah album antologi yang berisi single-single yang mereka anggap terbaik dalam album Stars: The Best of 1992–2002, yang dirilis pada tahun 2002 yang lalu. Sebagai catatan, album studio terakhir The Cranberries adalah Wake Up and Smell the Coffee (2001) dan sampai saat album ini dirilis, mereka tak kunjung merilis album susulan lagi alias melakukan hiatus.

Oleh karenanya, dengan dihadirkannya kembali album antologi yang diberi judul Gold, seolah menjadi sebuah ajang pembuktian eksistensi cukup kredibel sebagai kalaideskop perjalanan karir The Cranberries. Palagi, berbeda dengan Stars, maka Gold terbagi dalam dua keping CD yang mencakup 31 single. Sangat melimpah ruah dan dipastikan akan sangat memuaskan, tidak hanya pada para penggemar, namun juga bagi kalangan yang ingin mencicipi atau mengenal musik yang ditawarkan oleh The Cranberries.

Dengan materi yang bisa dibilang lebih dari berkecukupan, Gold seolah menjadi ajang eksibisi bagi The Cranberries untuk menunjukkan betapa luas musikalitas mereka. Rock alternatif hanya menjadi dasar, saat pop, rock, folk, post-punk, irish-folk, melebur menjadi satu kesatuan yang jenial dan segar. Keping pertama dibuka dengan Dreams, yang berasal dari album debut mereka, sebuah prolog yang jelas cukup tangkas. Apalagi disusul dengan kehadiran hits-hits cantik dan legendaris seperti Linger, Zombie, dan Ode To My Family. Nomor-nomor yang kurang populer, namun tak kalah keren dihadirkan pula, seperti Not Sorry, Empty atau Daffodil Lament.

Memasuki CD dua, yang berisi 15 lagu, pilihan lagunya cenderung pada single-single yang cukup populer. Sebut saja Animal Instinct, Free To Decide, When You’re Gone, Just My Imagination dan banyak lagi. Bahkan Stars, yang berasal dari album koleksi single The Best mereka sebelumnya mendapat kehormatan menjadi nomor penutup.

Tentu saja, sebagai sebuah album kompilasi, Gold masih bersifat subjektif dan mungkin saja tidak mencakup lagu-lagu favorit perorangan. Pada beberapa bagian, mungkin saja beberapa track dianggap lemah dan sebaiknya digantikan saja dengan track lain yang lebih kuat. Namun demikian, Gold cukup komprehensif bahkan definitif dalam menjadi acuan dan catatan sejarah perjalanan panjang band ini. Gold pun bisa menjadi sebuah teaser yang menarik, untuk menyambut kehadiran album keenam mereka, Roses, yang akan rilis pada tahun ini dan juga menandakan reuninya mereka kembali. Album yang sangat direkomendasikan.

PS:
The Cranberries rencananya juga akan tampil pada tanggal 23 Juli besok, pada acara JAVA ROCKIN’LAND.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
Disc 1
1. “Dreams” 4:33
2. “Sunday” 3:32
3. “Pretty” 2:17
4. “How” 2:53
5. “Not Sorry” 4:21
6. “Linger” 4:36
7. “Liar” 2:23
8. “Zombie” 5:08
9. “Ode to My Family” 4:31
10. “I Can’t Be with You” 3:09
11. “Empty” 3:28
12. “Everything I Said” 3:53
13. “Ridiculous Thoughts” 4:33
14. “Dreaming My Dreams” 3:37
15. “Daffodil Lament” 6:06
16. “So Cold in Ireland” 4:44

Disc 2
1. “Salvation” 2:24
2. “Free to Decide” 4:25
3. “When You’re Gone” 4:57
4. “Hollywood” 5:08
5. “Cordell” 3:40
6. “Animal Instinct” 3:32
7. “Promises” 5:28
8. “You and Me” 3:35
9. “Just My Imagination” 3:42
10. “Never Grow Old” 2:36
11. “Analyse” 4:11
12. “Time Is Ticking Out” 3:01
13. “This Is the Day” 4:15
14. “New New York” 4:09
15. “Stars” 3:31

Related posts

Leave a Reply