Trending News

Blog Post

Album of The Day: The Vaccines – What Did You Expect From The Vaccines?
Album of The Day

Album of The Day: The Vaccines – What Did You Expect From The Vaccines? 

Released by: Sony Music Indonesia

The Vaccines merupakan band pendatang baru yang datang dari London,UK mereka terdiri dari Justin Young, Árni Hjörvar, Freddie Cowan dan Pete Robertson. Mereka populer berkat lagu “Wreckin’ Bar (Ra Ra Ra)” yang mendapat gelar “Track Of The Day” dari Q Magazine. Langsung saja mereka dikontrak oleh label Columbia UK untuk merilis debut albumnya. Mereka juga menempati posisi ketiga di BBC Sound Of 2011 dibawah Jessie J dan juga James Blake. Mereka sendiri juga sudah diganjar kandidat MTV Awards untuk “Best New Band of 2011”. Dan album debutnya sendiri rilis pada 14 Maret dan langsung menempati peringkat 4 begitu album ini dirilis di minggu pertama.

Aroma punk pun bisa dirasakan di “Wreckin’ Bar (Ra Ra Ra)” dan juga “Norgaard” dimana riff gitar yang cepat menjadi taste pertama lagu ini. Lalu di “If You Wanna” mereka sedikit bergarage dengan lirik yang cukup puitis. “A Lack of Understanding” bermain ngegroove dengan nada vokal dan lagu yang sleazy dan santai. Vokal dari Justin Young yang cukup berat apalagi dimana saat dia memainkan nada tinggi menambah kesan vintage lagu ini. Di “Blow It Up” mereka mempunyai vaksin yang jitu untuk merangsang pendengarnya akan terus mendengar lagu ini. Ketukan gitar dan juga drumnya membuat track ini begitu dekat dengan sound indie UK kebanyakan, bukan berarti mereka meniru namun lagu ini bisa membuat mereka terkesan seperti Arctic Monkeys atau Franz Ferdinand. Namun “Blow It Up” terkesan cukup edgy jika kita membandingkannya dengan kedua band tadi. “Wetsuit” merupakan track termellow dari mereka dimana vokal Young terasa berat dan melankolis lengkap dengan nuansa mellow dan hening. Hanya ada permainan drum dan bas yang cukup mencolok dimana menambah esensi pada melankolis lagu. A great ballad track.

“Post Break-Up Sex” menjadi first single dari mereka dan bisa langsung membius pendengarnya begitu cepat dengan sound yang begitu alternative dan juga indie. Untuk sebuah first single, they’re doing good. Lewat lagu dan single ini juga mereka bisa mencari fans atau pendengar musik yang suka dengan tembang bernuansa indie/alternative. For me this is one of indie anthems. Mereka bermain rock n roll di “Under Your Thumb”. “All in White” juga merupakan salah satu key-track di album ini dimana mereka lagi-lagi memainkan nada yang melankolis namun tetap menghentak untuk bergoyang karna dimainkan dengan beat yg medium. Vokal Young lagi-lagi mumpuni di track ini karna memainkan lagu dan juga vokal yang begitu dalam. Somehow memang track ini terdengar mengambil sound Interpol,Joy Division atau Franz Ferdinand.

“Wolf Pack” bermain cepat dan juga ngebeat dengan aroma yang cukup dancy. Dan ditutup oleh “Family Pack” yang benar-benar merupakan akhir yang sendu dan puncak mereka dimana ending lagu ini menumpahkan sisi emosional mereka dengan bermain begitu cepat dan rapat. Hidden track mereka “Somebody Else’s Child” adalah track yang piano-based. Untuk sebuah album dari band pendatang baru. The Vaccines sendiri punya sound yang cukup kuat apalagi di kalangan pecinta genre indie/alternative. Sound mereka tampilkan benar-benar indie dengan gaya dan aksen UK yang kental membuat album ini mempunyai greget sendiri. Banyak juga lagu yang anthemic dan juga catchy. Overall, for the debut album this is surely great.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Luthfi / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Wreckin’ Bar (Ra Ra Ra)” 1:24
2. “If You Wanna” 3:02
3. “A Lack of Understanding” 2:58
4. “Blow It Up” 2:41
5. “Wetsuit” 3:50
6. “Nørgaard” 1:38
7. “Post Break-Up Sex” 2:56
8. “Under Your Thumb” 2:20
9. “All In White” 4:33
10. “Wolf Pack” 2:23
11. “Family Friend” 5:30

Related posts

Leave a Reply