fbpx

Trending News

Blog Post

Creative Disc Exclusive Single – 04 July
Creative Disc Exclusive Single

Creative Disc Exclusive Single – 04 July 

David Archuleta (The Other Side of Down: Asian Tour Edition/Jive) – Everything and More *
Pada tanggal 16 Juli nanti Archie, demikian runner-up American Idol musim ketujuh ini biasa disapa, akan hadir dalam sebuah konser di Indonesia, sebagai bagian tour Asianya. Bersamaan dengan itu, dirilis pula edisi khusus album keduanya, The Other Side of Down dengan penambahan track baru, termasuk single Everything and More ini. Single ini terasa sangat pas sekali dengan karakter vokal Archie, sebuah balada yang mengizinkan Archie memberikan penampilan vokal terbaiknya. Ditulis bersama dengan Victoria Horn, piano merdu yang membuka, sudah mengindikasikan single ini sebagai sebuah nomor lembut yang menghanyutkan, sampai masuk pada chorus yang sangat powerful. (9/10)

Javier Colon (Single/Universal Republic) – Stitch by Stitch
Sebelumya, selamat untuk Javier Colon yang telah memenangi ajang pencarian bakat The Voice, musim pertama. Suara Javier yang empuk memang sangat pas sekali dalam membawakan nomor RnB lembut seperti Stitch by Stitch yang ditulis oleh Dave Bassett, David Hodges dan Lindy Robbins ini. sebagai produser, Rodney Jenkins alias Darkchild pun tampaknya mengerti benar bagaimana jenis aransemen yang sebaiknya dilekatkan pada vokal Javier. Alhasil single ini terdengar sangat merdu, indah dan juga manis. (8/10)

Dia Frampton (Single/Universal Republic) – Inventing Shadows
Meski hanya sebagai runner-up untuk ajang The Voice, namun dengan melesatnya single Inventing Shadows menuju posisi puncak iTunes, jelas nama Dia Frampton sangat layak untuk diperhitungkan. Dan ia mempunyai modal yang lebih dari cukup untuk itu. Vokalnya yang sedikit serak namun berkarakter memberikan ruh serta aksentuasi rock yang khas untuk single ini. Dengan latar belakang Dia yang sebelumnya telah wara-wiri di skena indie-pop/rock dengan nama band Meg & Dia, jelas mempengaruhi pemilihan lagu untuk dirinya. Walhasil Inventing Shadows terdengar seperti perpaduan yang tepat antara estetika bermusik ranah indie bersama dengan lantunan pop dalam skala mainstream yang menjual. (9/10)

Christian Bautista (OST. Special Symphony/Universal Records) – I’m Already King
Penyanyi pop asal Filipina yang cukup populer di Indonesia, Christian Bautista, bermain di sebuah film lokal yang juga akan ditayangkan secara Internasional, yang berjudul Simponi Luar Biasa atau Special Sympony. Film yang rencananya rilis pada Agustus ini tentunya menampilkan Bautista sebagai penyanyi lagu temanya. I’m Already King adalah sebuah pop yang sangat cantik gubahan Satrio, personil band populer, Alexa. Suara Bautista yang sangat bening ini dengan gemilang memberikan nuansa sendu sekaligus merdu nan indah. Layaknya sebuah simponi, ditengah-tengah, asupan choir anak-anak menambah kesan megahnya. Terdengar sangat inspirasional, yang tampaknya mencerminkan semangat yang ingin disampaikan oleh filmnya. (8/10)

Jill Scott feat. Anthony Hamilton (The Light of The Sun/Warner Bros) – So In Love *
So In Love, single terbaru Jill Scott untuk album keempatnya, The Light of the Sun, adalah sebuah nomor urban yang kental dengan pengaruh RnB, soul dan jazz. Dibantu oleh vokal Anthony Hamilton, So In Love terdengar sensual, dewasa namun juga tetap ringan untuk diikuti. Dengan lantunan vokal mumpuni oleh keduanya, single ini tidak hanya mampu mengajak kita untuk turut bergoyang mengkuti iramanya, namun juga seolah membiarkan setiap enerji keluar dari tubuh dan kemudian larut didalam alunannya. (8/10)

Jennifer Hudson (I Remember Me/Arista) – No Ones Gonna Love You
Sukses di dunia akting tidak lantas membuat Jennifer Hudson terlena dan meninggalkan akarnya, dunia musik. Single keduanya untuk album sophomorenya, I Remember Me, No Ones Gonna Love You, diisi oleh vokal menggelegar Hudson yang seolah tak mengenal pitch yang goyah. Liukan yang tajam tidak lantas membuat pendengaran nyeri, namun malah menambah enerji serta vitalitas pada lagu RnB yang kental dengan nuasa Hip-Hop ini. Penulis single ini, Rich Harrison, tampaknya paham benar kekuatan vokal Hudson, sehingga mereka lagu dengan struktur yang kaya dan mengizinkan vokal Hudson untuk bereksplorasi dengan bebas. (8/10)

Mika (The Origin of Love/Barclay) – Elle Me Dit
The Origin of Love, album ketiga solois asal Inggris, Mika, kabarnya akan dirilis pada tahun depan. Masih lama memang, namun tak menghalangi Mika untuk meluncurkan single sebagai teaser. Elle Me Dit atau She Said dalam Bahasa Inggris adalah sebuah single up-tempo berbalut elektro-pop yang riang. Uniknya Mika bernyanyi dalam bahasa Perancis disini. Meski pelafalannya terdengar tidak terlalu sempurna, namun Mika bernyanyi dengan meyakinkan. Elle Me Dit adalah sebuah anthem musim panas yang cukup menyenangkan. (7/10).

Patrick Stump feat Lupe Fiasco (Soul Punk/Island) – This City
Untuk karir solonya, vokalis Fall Out Boy, Patrick Stump, tampaknya memilih synth-rock/elektro-pop sebagai pilihan bermusik. Cukup berbeda saat ia bergabung bersama kumpulan pop-rock-emo-punk yang telah membesarkan namanya tersebut. This City diimbuhi oleh vokal rap oleh Lupe Fiasco, sehingga kesan urban pun tersampir dengan pasti. Akan tetapi kelebihan Stump adalah kemampuan memadu-padankan antara semangat rock yang dipunyainya dengan pop-kekinian (baca: elektro-pop), namun tetap mampu memberi porsi yang seimbang, sehingga single ini terdengar cukup segar dan “berbeda”. (8/10)

Jordan Knight feat Donnie Wahlberg (Unfinished/Entertainment One) – Stingy
Single kedua Jordan Knight untuk album Unfinished, Stingy, awalnya tidak menampilkan rekan segrupnya dari New Kids On The Block, Donnie Wahlberg, untuk mengisi porsi rap, akan tetapi dalam perkembangannya, kerjasama mereka justru membuat single ini menjadi lebih semarak dan asyik. Breezy, lean and sexy! Demikian yang terimbas dibenak setelah mendengarkan single ini. Tampaknya age is nothing bagi Jordan Knight yang telah berusia 41 tahun ini. (8/10)

Game feat Chris Brown (The R.E.D. Album/Interscope) – Pot of Gold
Terimakasih kepada Game (dulu The Game), melalui single Pot of Gold ini, Chris Brown tampil dengan subtil dengan vokal yang terdengar lebih emosionil dan sangat berbeda dari kebanyakan anthem dansa yang biasa kita dengar. Pot of Gold sendiri adalah sebuah single hiphop/rap yang sangat kental dan gelap, namun iringan gitar akustik mampu mengurangi kesan sangar. Game sendiri tampaknya mengalah kepada Brown untuk mengisi bagian vokalnya dengan porsi yang cukup besar. (8/10)

Special Thanks To Julee, Wibi, Ai, Haris, Pondra, dll…

Vote for you Favourite Exclusive Single this week:

Related posts

Leave a Reply