Trending News

Blog Post

Rolling Stone’s Queen of Pop
Music News

Rolling Stone’s Queen of Pop 

Ini dia hasil rangkuman dari Queen of Pop versi majalah Rolling Stone. Dengan dominasi para solois wanita di 5 tahun belakangan ini, RS merangkum 16 artis wanita pilihan diliat dari statistic penjualan album, digital song, Billboard Hot 100, radio airplay, YouTube views, sosial media, pendapatan kotor dari konser, awards dan juga rating dari kritik2 media yang ada. 16 artis tersebut adalah: Adele, Christina Aguilera, Beyoncé, Kelly Clarkson, Miley Cyrus, Ke$ha, Lady Gaga, Nicki Minaj, Katy Perry, P!nk, Rihanna, Robyn, Shakira, Britney Spears, Taylor Swift dan Carrie Underwood.

Statistik tersebut diambil dari tahun 2009-2011. (dimana Fergie dan Gwen Stefani tidak masuk dalam pilihan, dikarenakan album mereka tidak dirilis di periode waktu tersebut). So, ini dia statistiknya:

Penjualan Album
Boleh dibilang, Taylor Swift yang menjadi Country-Pop Princess kali ini menjadi pemenang telak dari segi penjualan album tidak hanya dari artis wanita saja, tapi dari genre manapun, dan juga dari para artis yang lain baik solo maupun group. Total penjualan album yang mencapai 9,8 juta kopi ini diambil dari 3 albumnya yang sudah dirilis sejak thn 2006 (tapi mulai dihitung penjualannya sejak tahun 2009), album Fearless (2008) dan album Speak Now (2010).
Photobucket

Penjualan Single Digital
Berbalik dengan total penjualan album, disini Lady Gaga bertukar posisi dengan Taylor Swift, dan juga perbedaan 8 juta digital download yang cukup signifikan. Kontribusi single terbesar dari Gaga adalah single “Just Dance” yang terjual lebih dari 6 juta kopi, tak ketinggalan Swift juga punya single “Love Story” yang terjual lebih dari 5 juta kopi, tapi apabila ditotal Lady Gaga masih memimpin. Sedangkan di peringkat 3, ada Katy Perry yang belakangan ini punya 4 single jawara di Billboard Hot 100 hanya dengan 1 album!

Photobucket

YouTube
Fenomena YouTube emang luar biasa! Secara kebetulan YouTube dan Rihanna masing2 memulai karirnya di tahun 2005. Dan uniknya Rihanna memimpin dengan jumlah YouTube view terbanyak dengan angka 1.248.054.624. Sedangkan di tempat kedua ada Lady Gaga dimana Video “Bad Romance” yang ditonton sebanyak 390juta kali dan Shakira di tempat ketiga berkat Video “Waka Waka (This Time For Africa)” yang ditonton sebanyak 357juta kali karena terpilih menjadi anthem 2010 World Cup.
Photobucket

Radio Airplay
Bicara soal Radio Airplay, disini mengacu kepada Billboard’s Radio Songs Chart, dimana Lady Gaga yang menjadi Top Airplay dengan nilai yang cukup jauh dibanding kompetitor terdekatnya, yaitu Taylor Swift dan Rihanna.
Photobucket

Billboard Hot 100
Penjualan digital single sudah, radio airplay juga sudah, dan sekarang saatnya mengkombinasi keduanya yaitu Billboard Hot 100! Lagi-lagi Lady Gaga masih mendominasi disini, disusul oleh Taylor Swift dan Katy Perry, masing-masing diperingkat dua dan tiga.
Photobucket

Social Networking
Yang satu ini juga gak kalah penting, fan base! Siapa yang punya fans paling banyak di dunia maya? Disini ada 2 Social Networking yang dihitung, yaitu Facebook “Likes” dan juga Twitter Followers. Untuk total keduanya Lady Gaga masih memimpin dengan total 50juta, yang menarik adalah Rihanna dan Shakira yang punya fans di Facebook hampir menyamai Lady Gaga. Sedangkan di Twitter, Follower Britney ada di peringkat 2 dengan 8,3 juta dan Katy Perry di peringkat 3 dengan 7,9 juta, tapi sayangnya jumlah ini harus dijumlah sehingga secara total Rihanna dan Shakira masing-masing berada di peringkat dua dan tiga.
Photobucket

Touring / Konser
Punya fans banyak di dunia maya, tidak berarti punya fans yang rela merogoh kocek untuk nonton idola mereka secara langsung lho! Disini, angka yang cukup fantastis dicetak oleh P!nk, dimana tournya keliling dunia hingga ke benua Kangguru itu berhasil menggaet sebanyak 660ribu fans dan merupakan salah satu jumlah konser terbesar di sepanjang sejarah. Dan total pendapatan $150MM menempatkan P!nk di nomer satu, disusul Lady Gaga dan Britney Spears.
Photobucket

Awards
Penjualan sudah, konser sudah, fans juga sudah. Sekarang saatnya pengakuan dari pelaku industri musik yang biasanya berbentuk seperti Awards. Dari banyaknya Awards yang ada, seperti Grammys, American Music, Billboard, People’s Choice, ACM, BET, CMA dan MTV awards. Gengsi Grammy emang yang paling tinggi, sehingga point nominasi Grammy dan penyabet Awards pun juga dihitung. Disini tampak pemenangnya adalah Taylor Swift, dengan total 42 Awards yang diterimanya, disusul Lady Gaga dan Beyonce. Sayang sekali buat Katy Perry yang menerima 6 Grammy nominasi tapi tidak mendapat satupun, dan juga buat Christina Aguilera dan Ke$ha yang tidak pernah mengantungi awards satupun di 3 tahun terakhir ini.
Photobucket

Album Reviews
Bisa jadi ini pilihan yang paling subyektif, karena rating emang dibikin oleh sang reviewer itu sendiri. Tapi, disini ada 2 kategori yang dihitung, selain dari rating yang diberikan Rolling Stone sendiri dan juga survey yang diadakan di Metacritic. Di posisi puncak ada Taylor Swift dengan total 155 point, dan yang cukup mengagetkan adalah Robyn, penyanyi asal Swedia yang mendapat Metacritic average tertinggi dengan 81 point sehingga mendapat total 154,3 dan menempatkannya di peringkat kedua. Sedangkan Shakira berada di posisi 3 dengan total 153 point.
Photobucket

Total Ranking
PhotobucketSo, saatnya sekarang kita menjumlah semuanya. Sepertinya kita sudah tahu kalo gelar Queen of Pop jatuh ke tangan Lady Gaga. Dengan total 1205, Lady Gaga cukup jauh mengungguli para pesaingnya. Taylor Swift sebagai Runner Up kali ini, hanya mendapat 881 point dan Rihanna di peringkat 3 mendapatkan 833 point. Ini berdasarkan data-data yang ada sejak tahun 2009 hingga 2011, tapi apabila data ini disusun sejak 2007, bisa jadi Taylor Swift ataupun Beyonce yang menjadi jawaranya.
Tapi disini kita tidak menutup mata atas kesuksesan yang diperoleh artis lain seperti Ke$ha dan Nicki Minaj yang belakangan ini namanya cukup dikenal, begitu juga Rihanna dan Katy Perry yang menuai sukses di tahun 2011 ini. Beyoncé yang hanya berada di posisi 5 kali ini pun mendapatkan gelar Artist of the Decade oleh Billboard. Jadi list yang dibuat oleh Rolling Stone kali ini hanyalah bersifat sementara, karena bisa jadi setahun atau dua tahun mendatang bakal lahir Queen of Pop yang baru.

Photobucket

All data and picture courtesy of www.RollingStone.com

Related posts

Leave a Reply