Trending News

Blog Post

2011 MTV Video Music Awards
Music News

2011 MTV Video Music Awards 

Selamat datang di MTV VIdeo Music Awards 2011. Tahun ini, langsung dari Los Angeles, pagelaran musik akbar MTV menyajikan hal-hal yang spektakuler, seperti kebiasan setiap tahunnya. Tapi yang tidak biasa dihadirkan di tahun ini adalah MTV VMA tidak dipandu oleh seorang host, jadi hanya para presenter, penampil utama, serta home band yang memeriahkan suasana pagelaran. Pre-show menampilkan band Cobra Starship. Dan homeband untuk MVA tahun ini menampilkan Jessie J. Jadi setiap acara akan menuju commercial break dan akan dimulai lagi, Jessie J tampil.

Mari kita mulai dengan red carpet. Tahun ini MTV lagi-lagi enggak memakai karpet yang berwarna merah. Mereka menggunakan yang warna hitam. Dan para artis yang hadir disana sangat menggemaskan. Ada Nicki Minaj yang dandan habis-habisan dalam kostum warna warni dengan menyeret-nyeret boneka. Justin Bieber tampil mengenakan kacamata dan membawa-bawa ular kecil di tangannya. Katy Perry tampil cute dengan rambut ungu, kimono dan payung kertas. Beyonce tampil dengan gaun oranyenya sambil menyampaikan berita bahagia bahwa dirinya hamil. Jessie J sampai dengan bantuan tongkat untuk memopong badannya, karena cedera kaki yang dialaminya. Disney Princesses; Miley Crus, Demi Lovato, dan Selena Gomez, ketiga tampak sangat dewasa dan luar biasa cantik di VMA tahun ini.

Dan lanjut ke main show. Bukan Lady Gaga namanya kalau enggak memberikan kegemparan. Sebagai pembuka acara, Gaga yang dinominasikan di empat nominasi itu tampil bukan sebagai dirinya, melainkan alterego-nya, Joe Calderone. Dan ini berlangsung hingga acara selesai. Gaga/Joe mengambil posisi di piano dan memulai lagunya, You & I, single terbaru dari album Born This Way. Di pertengahan penampilan, gitaris Brian May gabung di atas panggung, menambah semarak pembuakaan MTV VMA tahun ini.

Penampilan-penampilan yang disuguhkan di panggung VMA kali ini memang tidak seheboh dan segempar tahun lalu dengan aksi panggung yang habis-habisan. Tahun ini lebih ke penampilan yang attach ke para pennonton. Seperti Jay-Z dan Kanye yang menampilkan single terbaru mereka ‘Otis’ dan Adele ‘Someone Like You’. Penampilan mereka membius, membuat para penonton terpana dalam kesederhanaan aksi panggung. Dan bagian yang menghebohkan diambil oleh Pitbull dan Ne-Yo yang menyanyikan hit mereka ‘Give Me Everything Tonight’. Suasana tentu berubah menjadi suasana pesta yang super meriah.

Seperti yang tertulis di atas, bahwa Jessie J tampil di sela-sela acara. Penampilannya membawakan lagu-lagu miliknya berikut lagu-lagu dari artis lain seperti Girls Just Want To Have Fun, Firework, No Scrubs, dan F**k You. Karena cedera kaki yang dideritanya, Jessie memang lebih banyak menampilkan lagu-lagunya sembari duduk di atas kursi. Tapi itu enggak mengurangi kenikmatan menikmati pertunjukan vokal Jessie yang superb kog. Penampilan seru lainnya adalah Chris Brown yang membawa kita ke perjalanan waktu menikmati tari-tariannya untuk lagu Smells Like Teen Spirit, berikut hits Yeah3x dan Beautiful People.

Penampilan lainnya yang mengandalkan vokal serta aksi panggung jempolan adalah Beyonce. Dirinya memilih untuk menampilkan lagu Love On Top yang diambil dari album 4. Beyonce mengenakan setelan jas bling bling dengan para penyanyi latar yang juga mengenakan gaun gliter-an. Sekalian panggung VMA juga untuk memperkenalkan band yang bernama Young The Giant, band asal Irvine, California yang di Januari 2011 lalu merilis album. Lagu yang mereka bawakan adalah My Body yang sempat nongkrong di Top 5 US Alternative chart.

Spesialnya VMA tahun ini juga diisi dengan penghargaan khusus bagi Britney Spears atas karir musik dan videonya yang melegenda. Di atas panggung VMA di tampilkan para penari yang didandani a la Britney mulai dari video Baby One More Time, Toxic, Oops I Did It Again, You Drive Me Crazy, hingga Circus, Hold It Against Me, dan masih banyak lagi. Penampilan tersebut berikut sebuah penghargaan yang dinamakan The Michael Jackson Video Vanguard Award, semacam Lifetime Achievement di penghargaan lain, dipersembahkan oleh Lady Gaga. Dalam pengantarnya, Gaga mengakui kekagumannya pada Britney. Penampilan khusus lainnya adalah tribute ke Amy Winehouse yang ditampilkan oleh Tony Bennett. Ini berikut penampilan Bruno Mars yang membawakan lagu Valerie versi Amy dan Mark Ronson dipersembahkan oleh Russell Brand. Moment mengenang Amy Winehouse adalah moment yang mengharukan di VMA tahun ini.

Untuk pembagian piala, ada sembilan buah yang diumumkan di acara. Jonah Hill dan Nicki Minaj mempersembahkan Best Pop Video kepada Britney Spears. Saat menyampaikan pidatonya, mata Brit tampak berkaca-kaca, terharu atas penghargaan tersebut. Ini adalah kemenangan Britney ketiga di ketagori pop. Miley Cyrus dan Shaun White mempersembahkan penghargaan Best Rock Video kepada Foo Fighters. Dalam pidatonya, Dave Grohl menyatakan “Never lose faith in Rock&Roll music”. Penghargaan berikutnya adalah Best Hip-Hop yang dipersembahkan oleh rombongan Will Ferrell, Seth Rogen, Jack Black, dan Odd Future Wolf Gang Kill The All. Kategori ini dimenangkan oleh Nicki Minaj. Nicki yang tampil colorful terlihat sangat bahagia menerima moonman. Ada juga Demi Lovato dan Chord Overstreet yang mempersembahkan penghargaan untuk Best Colaboration bagi Katy Perry dan Kanye West lewat video E.T.

Tahun lalu, Kim Kardashian mendapatkan kesempatan untuk mempersembahkan penampilan oleh Justin Bieber. Dan tahun ini, Kim kembali mempersembahkan Justin Bieber sebagai pemenang di kategori Best Male Video, dan ini merupakan moonman kedua bagi cowok asal Kanada tersebut. Dominannya musisi hip-hop di kategori Best New Artist memang akhirnya memunculkan nama rapper Tyler, The Creator sebagai pemenang di kategori ini. Piala diserahkan oleh Selena Gomez dan Taylor Lautner. Presenter yang rame adalah saat aktir dan komedian senior Cloris Leachman bersama cewek-cewek dari tayangan Jersey Shore tampil untuk mempersembahkan penghargaan Best Male Artist. Moonman untuk kategori ini direbut oleh Lady Gaga. Menerima penghargaan adalah Gaga sebagai Joe, yang dalam pidatonya memberikan kebesaran hati, tidak peduli orientasi seksualmu, kau terlahir demikian.

Gelar tertinggi di ajang MTV Video Music Awards tahun ini dipersembahkan oleh Katie Holmes. Dari video-video yang diunggulkan; Yonkers, Rolling In The Deep, Grenade, Firework, dan Make Some Noise, adalah video penuh kembang api milik Katy Perry yang terpilih sebagai pemenang. Dengan kostum yang enggak kalah cute saat menerima award untuk Best Colaboration, enggak kalah heboh karena hiasan kepala Katy berupa kotak kuning yang eksentrik. Lil Wayne menutup acara dengan menampilkan sendunya How To Love disambut dengan hingar bingarnya John. Menutup pagelaran musik heboh a la MTV tahun ini.

Video Of The Year: Firework – Katy Perry
Best Male Video: U Smile – Justin Bieber
Best Female Video: Born This Way – Lady Gaga
Best New Artist: Yonkers – Tyler, The Creator
Best Pop Video: Til The World End – Britney Spears
Best Rock Video: Walk – Foo Fighters
Best Hip-Hop Video: Superbass – Nicki Minaj
Best Collaboration: E.T. – Katy Perry ft Kanye West
Best Direction In A Video: Rolling In The Deep – Adele
Best Choreography In A Video: Run The World (Girls) – Beyonce
Best Special Effects In A Video: E.T. – Katy Perry ft Kanye West
Best Art Direction In A Video: Rolling In The Deep – Adele
Best Editing In A Video: Rolling In The Deep – Adele
Best Cinematography In A Video: Rolling In The Deep – Adele
Best Video With A Message: Born This Way – Lady Gaga
Best Latino Artist of 2011: Lluvia al Corazon – Mana
The Michael Jackson Video Vanguard Award: Britney Spears

(Ai Hasibuan/CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply