Trending News

Blog Post

Album of The Day: One Night Only – One Night Only
Album of The Day

Album of The Day: One Night Only – One Night Only 

Released by: Universal Music Indonesia

Meski self-titled, namun ini adalah album kedua milik One Night Only, band indie-rock asal Helmsley, North Yorkshire, Inggris. Mungkin alasan mengapa George Craig (vocal, gitar), Mark Hayton (gitar, vocal latar), Daniel Parkin (bass) dan Jack Sails (kibor) memberi judul album ini demikian dikarenakan kehahiran James Craig sebagai drummer terbaru mereka, menggantikan Sam Ford yang telah bergabung dengan band ini semenjak band ini terbentuk di tahun 2003 yang lalu.

Sejauh ini One Night Only tidak memiliki reputasi yang signifikan untuk membuat mereka dikenal secara lebih luas. Mungkin bukan dikarenakan pilihan musik yang mereka sulit, namun justru pilihan mereka sudah cukup awam, sehingga sulit untuk membedakan dengan banyak band-band lainnya.

Sebagai band yang mengusung indie-rock, ternyata pilihan One Night Only juga tidak seperti yang kita bayangkan, karena musikalitas yang mereka tawarkan justru kepada pop-rock dengan sentuhan melodi yang manis juga mudah dicerna dan tentu saja sangat khas Inggris.

Masalahnya, terkadang materinya juga terkesan jenerik dan mengingatkan akan banyak band lain yang justru lebih mapan. Single pertama, Say You Don’t Want It sedikit mengingatkan akan The Killer, Chemistry sedikit mengingatkan U2 atau Bring Me Back Down yang sepertinya sedikit terpengaruh U2.

Namun. secara umum, materi yang ditawarkan oleh One Night Only terdengar renyah dan sangat easy listening. Dengan pola dan notasi lagu yang sederhana saja juga mengandalkan hook yang membuat lagu-lagunya cukup menyenangkan untuk didengar.

All I Want adalah sebuah pop rock dengan bridge yang mengawang lembut, atau melankolia melalui pop-rock ala 80-an dalam Forget My Name. Well, beberapa lagu justru memang terdengar seperti hasil olahan decade tersebut, sebut saja Anything atau Nothing Left.

Aroma pop 80-an lah yang kemudian memenuhi atmosfir album ini. Membangkitkan romansa dan juga kejayaan yang manis. Sebuah album yang cukup mengasyikkan untuk disimak. Namun rasanya tidak terlalu kuat untuk dapat menimbulkan impresi yang signifikan untuk membuat album atau band ini stand-out ditengah banyaknya band sejenis. Satu yang pasti, mereka harus bergiat mengerjakan peer mereka agar dapat tampil lebih baik dari ini.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Say You Don’t Want It” 4:08
2. “Bring Me Back Down” 3:21
3. “Forget My Name” 3:52
4. “Chemistry” 3:51
5. “Never Be The Same” 4:04
6. “All I Want” 3:33
7. “Got It All Wrong” 4:30
8. “Anything” 4:05
9. “Nothing Left” 3:44
10. “Feeling Fine” 3:47
11. “Can’t Stop Now” 4:26

Related posts

Leave a Reply