Trending News

Blog Post

Album of The Day: Jay-Z & Kanye West – Watch The Throne (Deluxe Edition)
Album of The Day

Album of The Day: Jay-Z & Kanye West – Watch The Throne (Deluxe Edition) 

Released by: Universal Music Indonesia

Apa jadinya dua rapper papan atas bekerjasama dalam sebuah album? Hasilnya sebuah album hip-hop/RnB yang berkelas dan pastinya dikerjakan dengan sentuhan estetika tingkat tinggi yang dikerjakan dengan telaten dan konsep yang matang. Demikian yang bisa kita rasakan saat mendengarkan Watch The Throne, sebuah album kolaborasi Kanye West dan Jay-Z.

Baik Kanye mapun Jay-Z masing-masing mempunyai ciri khas tersendiri yang mudah dikenali. Jika Jay-Z familiar dengan semangat Hip-Hop-nya yang kental dan ceplas ceplos, maka Kanye West terkenal karena selalu mengerjakan albumnya dengan perhitungan dan dengan hati-hati memilih sound-sound yang njelimet dan canggih agar tidak terdengar pasaran. Apakah Watch The Throne berhasil memadukan dua kekuatan ini menjadi sebuah materi yang solid?

Tentu saja sebagai dua karakter yang masing-masing telah mencapai tingkat kesuksesan yang sama, menaklukkan ego adalah hal yang mutlak untuk dilakukan jika memutuskan untuk bekerjasama. Watch The Throne berisi materi yang tidak hanya istimewa namun juga menunjukkan kemampuan musikalitas yang tinggi dari masing-masing Kanye maupun Jay-Z.

Dibeberapa lagu mereka membagi porsi ngerap dengan pas, seperti yang ditunjukkan oleh track pembuka, No Church in the Wild. Meski ada Frank Ocean yang mengisi porsi vokal, namun baik Jay-Z maupun Kanye dengan baik hati memberikan masing-masing takaran yang pas. Kerjasama yang menarik ini bisa ditemui juga pada beberapa track seperti Niggas in Paris yang menampilkan vokal komedian Will Ferrel, atau Gotta Have It.

Meski demikian, dalam Watch The Throne, duo Kanye/Jay-Z masih memberikan ruang kepada artis lain untuk ditampilkan sebagai pendukung dalam beberapa track, meski memang tidak banyak. Selain Frank Ocean yang mendapat “jatah” dalam track No Church in the Wild tadi, ia juga mengisi vokal untuk Made In America. Sementara Curtis Mayfield berkesempatan mengisi vokal pada track The Joy yang merupakan lagu tambahan untuk album versi Deluxe.

Penampilan isitimewa diberikan oleh Beyonce dalam track Lift Off. Vokal istri Jay-Z ini memang tidak usah diragukan lagi, mengisi track ini dengan enerji dan vitalitas yang diperlukan lagu ini. Meski sayangnya Beyonce terlalu mendominasi, sehingga lagu ini terdengar menjadi yang paling “easy listening” ketimbang track-track lain yang terdapat di album ini. Penampilan istimewa lain saat dalam Otis, mereka mengsampel vokal Otis Reding saat menyanyikan Try a Little Tenderness. Pengaruh soul dalam vokal Otis yang kental menjadikan track ini terasa begitu istimewa, apalagi nyaris dengan absennya chorus maupun hook yang mengikat.

Secara teknis ini album yang memikat. Setipa track dikerjakan dengan presisi yang matang, sehingga tidak terdengar asal jadi apalagi cheesy. Pengaruh Kanye sebagai produser tampaknya sangat masif, sehingga meski ada nama-nama seperti Swiss Beatz, Q-Tip, RZA, The Neptunes dan banyak lagi, namun tetap saja estetika Kanye menominasi atmosfir album secara keseluruhan. Seolah-olah kita mendengarkan lagi My Beautiful Dark Twisted Fantasy, namun kali ini dengan tambahan rap oleh Jay-Z.

Untuk album Deluxe, ada tambahan 4 lagu yang bertujuan untuk memperkaya materi albumnya. Highlight untuk track-track bonus ini terdapat dalam The Joy yang sangat soulful yang menampilkan vokal Curtis Mayfield yang bernyanyi dengan lirih, memberi kesan moody yang kental. Ohya, jangan kaget jika di track Illest Motherfucker Alive, tiga menit pertama tidak terdengar apa-apa alias sunyi senyap, karena memang disengaja sebagai bentuk “seni” dari album ini.

Siapa pun paham jika Kanye West dan Jay-Z adalah nama-nama teratas dalam skena musik hip-hop terkini. Bahkan mungkin telah mencapai tingkat master. Kolaborasi yang mereka dilakukan dalam Watch The Throne tampaknya tidak melulu sebagai sebuah proyek eksperimental atau jamming belaka, namun juga sebuah pernyataan bahwa mereka juga berada dalam “jalur” yang sama. Jadi waspadalah artis lain. Namun, tentu saja diluar konteks politisnya, tentu saja ini adalah sebuah album yang istimewa. Kapan lagi kita dapat mendengarkan sebuah album yang diisi oleh dua nama papan atas sekaligus memiliki materi yang juara?

Rate this album: [ratings]

(Haris / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
01. “No Church in the Wild” (featuring Frank Ocean) 4:32
02. “Lift Off” (featuring Beyoncé) 4:26
03. “Niggas in Paris” 3:39
04. “Otis” (featuring Otis Redding) 2:58
05. “Gotta Have It” 2:20
06. “New Day” 4:32
07. “That’s My Bitch” 3:22
08. “Welcome to the Jungle” 2:54
09. “Who Gon Stop Me” 4:16
10. “Murder to Excellence” 5:00
11. “Made in America” (featuring Frank Ocean) 4:52
12. “Why I Love You” (featuring Mr Hudson) 3:21
DELUXE BONUS TRACKS
13. “Illest Motherfucker Alive” 5:25
14. “H•A•M” 4:35
15. “Primetime” 3:19
16. “The Joy” (featuring Curtis Mayfield) 5:17

Related posts

Leave a Reply