Trending News

Blog Post

Album of The Day: Joss Stone – LP1
Album of The Day

Album of The Day: Joss Stone – LP1 

Ciri bermusik Joss Stone memang kerap bergerak dalam pengaruh produser yang menangani albumnya. Di awal karirnya, Steeve Greenberg yang memberikan arahan pop dalam musik soul yang diciptakannya. Selanjutnya, Raphael Saadiq yang membimbingnya ke ciri musik yang lebih black, seperti R&B, hip-hop, dan funk. Kini, bersama Dave Stewart, Joss diberi arahan untuk mengombinasikan musiknya dengan tema rock yang dikuasai oleh Dave. Hasilnya adalah “LP1” yang benar-benar dikuasai oleh kerasnya irama rock, sehingga lagu-lagu di dalam album ini akrab dengan hentakan drum, petikan gitar akustik, dan erangan gitar elektrik.

Berasa banget tampilan baru Joss Stone di album yang rilis pada Juli 2011 ini, bahkan dari track pertama. Iring-iringan musik akustik untuk lagu ‘Newborn’ mengantarkan kita pada pengaruh kuat yang ditanamkan Dave pada musik cewek yang berusia 24 tahun ini. Akustik yang lebih santai bisa ditemukan di ‘Landlord’ dan ‘Take Good Care’. Tapi ini tak lantas mengartikan bahwa Joss tidak pernah mencoba penyederhanaan sesi musiknya sebelumnya. Hanya saja, dulu Joss cenderung mencoba unplugged dengan iringan piano, bukan gitar akustik.

Kalau pengen perubahan Joss yang lebih keras, ada beberapa track yang memang punya vibe rock berlebih, sehingga terpancar aroma Eurythmics di dalamnya. Coba dengarkan ‘Last One To Know’ untuk mendapatkan hal dimaksud. Bahkan di ‘Karma’, gaya bernyanyi Joss yang bisa santai dinaikkan levelnya, menjadi vokal rock yang liar. Meskipun dalam aransemen musiknya petikan bass-nya masih dominan. Toleransi musik yang hasilnya memang jadi kawin banget antara ciri Joss dan Dave bisa dinikmati dalam ‘Somehow’. Ini adalah single pertama dari album “LP1” yang masih membawa kita pada Joss yang dulu kita kenal dengan soul-nya dalam ‘Fell In Love With A Boy’ atau ‘You Had Me’.

Selain Dave, hal lain yang sangat mungkin memberi pengaruh pada perubahan sound di album ini adalah hengkangnya Joss dari Virgin dan beralih ke label indie miliknya sendiri, dan proses perekaman album yang dilaksanakan di Nashville. Pendengar memang dituntut untuk lebih pengertian dalam mendengarkan rekaman ini. Rasa yang disajikan memiliki kesan musik yang lebih kasar, tidak selembut Joss sebelumnya. Namun ada beberapa track yang tetap memberikan kita kesempatan untuk bernostalgia, seperti ‘Drive All Night’ dan ‘Don’t Start Lying To Me Now’ yang mulus mengantarkan pada kondisi terbiasa dengan musik penyanyi asal Inggris ini.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Newborn” Joss Stone, David A. Stewart, Wendy Joseph 3:43
2. “Karma” Stone, Stewart, Martina McBride, Brad Warren, Brett Warren 3:54
3. “Don’t Start Lying to Me Now” Stone, Chris Stapleton, Melissa Peirce 4:08
4. “Last One to Know” Stone, Stewart 4:52
5. “Drive All Night” Stone, Eg White 5:07
6. “Cry Myself to Sleep” Stone, Stewart 3:51
7. “Somehow” Stone, Stewart 3:04
8. “Landlord” Stone, Stewart 3:57
9. “Boat Yard” Stone 5:02
10. “Take Good Care” Stone, Paul Conroy 2:29

Related posts

Leave a Reply