Trending News

Blog Post

Album of The Day: Michael Bolton – Gems: The Duets Collection
Album of The Day

Album of The Day: Michael Bolton – Gems: The Duets Collection 

Released by: Sony Music Indonesia
Anyone could fall in love with Michael Bolton’s voice. Penyanyi cowok dengan vokal yang berkarakter ini menyanyikan lagu-lagu lawas klasik dalam ramuan duetnya di album “Gems: The Duets Collection” yang dirilis pada 21 Juni 2011 ini. Konsep menyanyikan lagu-lagu lawas secara duet dengan berbagai artis dan dirangkum dalam sebuah album bukanlah hal yang baru. Sehingga terkadang kita menganggap kalau album sedemikian tidak begitu spesial. Tapi Michael Bolton berupaya supaya albumnya ini punya sesuatu yang beda, sehingga kita enggak merasa menyesal untuk mengoleksinya. Pertama adalah dengan pemilihan lagu di dalamnya. Lagu-lagu yang mungkin enggak pernah ada di bayangan siapapun akan dinyanyikan oleh seorang Michael Bolton, tapi ternyata dirinya bersedia untuk mengambilnya. Seperti ‘The Prayer’, lagu original Celine Dion dan Andrea Bocelli ini menjadi salah satu lagu terpilih untuk ditampilkan dalam album terbaru Michael. Duetnya bersama Lara Fabian di lagu ini punya rasa berbeda dari apa yang ditampilkan Celine-Andrea, juga Josh Groban-Charlotte Church, meskipun aransemen yang disajikan tetap serupa.

Tapi enggak semua lagu di dalam album ini adalah lagu lama. Beberapa di antaranya adalah lagu yang sengaja ditulis untuk album ini. Seperti ‘Love Is Everything’ yang dibawakan bersama Rascal Flatts. Mereka enggak hanya menampilkan lagu ini bersama, karena penulisan lagunya pun dilaksanakan bareng. Salah satu track spesial. Track lain yang paling stand out adalah ‘I’m Not Ready’, sebuah duet Michael Bolton dengan Delta Goodrem. Melodi lagu ini indah, lirik di dalamnya menggugah, dan vokal Delta Goodrem sangat mewah. Lagu ini dahsyat!

Kedua adalah pemilihan nama-nama yang diajak serta, bukan hanya nama yang bisa diajak untuk nyanyi bareng, tapi juga nama produser dan interumentalis. Seperti produser musik AR Rahman, pemain biola Anne Akiko Meyers, pemain terompet Chris Botti, juga gitaris Orianthi. Kontribusi non vokal mereka bisa kita nikmati masing-masing di lagu ‘Sajna’, ‘Pride (In The Name Of Love)’, ‘You Are So Beautiful’, dan ‘Steel Bars’. Dari keempat ini, ‘Sajna’ merupakan track paling mengejutkan, namun ‘Steel Bars’ adalah track paling ngena dengan karakter vokal dan juga elemen musik Michael Bolton. Lainnya, adalah paduan suara MB’s Children’s Choir di lagu ‘Hallelujah’. Lagunya khidmat!

Ketiga adalah aransemen beda dalam lagu sejuta umat. Mungkin kita enggak akan dikasih kejutan saat mendengarkan indahnya simponi ‘Fields Of Gold’ yang dinyanyikan bersama Eva Cassidy, atau pilunya alunan akustik ‘To Make You Feel My Love’ bersama Helene Fischer. Tapi yang jelas kita dikasih versi beda di lagu ‘Over The Rainbow’ bersama Paula Fernandes. Bukan versi yang mendayu-dayu, atau versi folk yang sudah sangat terkenal dengan ukulelenya. Ada versi live dari lagu ‘When A Man Loves A Woman/It’s A Man’s Man’s World’ yang dinyanyikan bersama Seal.

Jadi ada alasan untuk mengoleksi album ini. Karena memang pada dasarnya “Gems: The Duet Collection” adalah item layak koleksi. Yang sedikit mengganggu hanyalah penggunaan kata “featuring” di setiap track. Kalau ini memang sebuah album duet, mengapa tidak dicantumkan “duet with…” saja daripada “featuring”. Not a big deal, it’s just a suggestion.

Yang terakhir, di Indonesia, album ini akhirnya sudah direlease, dengan tambahan 2 lagu dengan duet yang special dan sangat ditunggu-tunggu oleh para fansnya, yaitu dengan Agnes Monica di lagu ‘Said I Love You, But I Lied’ dan juga dengan Coco Lee di lagu ‘How Am I Supposed To Live Without You’.

Official Website Michael Bolton

Rate this album: [ratings]
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Tracklisting:
1. “Love is Everything” – featuring Rascal Flatts
2. How Am I Supposed to Live without you featuring Coco Lee
3. “Fields of Gold” – featuring Eva Cassidy
4. “Sajna” – featuring A.R. Rahman
5. “Pride (In the Name of Love)” – featuring Anne Akiko Meyers
6. “I’m Not Ready” – featuring Delta Goodrem
7. “Over the Rainbow” – featuring Paula Fernandes
8. “When a Man Loves a Woman/It’s a Man’s Man’s Man’s World” – featuring Seal
9. “The Prayer” – featuring Lara Fabian
10. “You Are so Beautiful” – featuring Chris Botti
11. “Make You Feel My Love” – featuring Helene Fischer
12. “Hallelujah” – featuring MB’s Childrens Choir
13. “Steel Bars” – featuring Orianthi
14. “Said I Loved You But I Lied” – featurin Agnes Monica
15. “How Can We Be Lovers (Live)”

Related posts

Leave a Reply